Hutan Sebagai Sumber Daya Alam – Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya Lengkap

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Hutan Sebagai Sumber Daya Alam

Hutan Sebagai SDA

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi secara lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam irn terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, penyeimbang daur air, dan pelestarian tanah. Bagi orang yang memiliki sudut pandang ekonomis, hutan merupakan tempat untuk menanam modal jangka panjang yang sangat menguntungkan dalam bentuk Hak Pengusahaan Hutan (HPH).

Hutan Sebagai Sumber Daya Alam

Secara umum hutan dibedakan berdasarkan letak geografisnya menjadi tiga jenis, yaitu hutan tropika, hutan temperate, dan hutan boreal. Hutan tropika terdapat di daerah khatulistiwa, hutan temperate terdapat di daerah yang memiliki empat musim, yaitu di antara garis lintang 23,5° dan 66° LU dan LS, sedangkan hutan boreal terdapat di daerah lingkaran kutub.

Hutan juga dapat dikelompokkan berdasarkan sifat musimannya, ketinggian tempatnya, keadaan tanahnya, jenis pohon yang dominan, pembuatannya, dan tujuan pengelolaannya.

Fungsi Hutan

Fungsi hutan ditinjau dari kepentingan sosial ekonomi, sifat alam sekitar, dan sifat-sifat yang berkenaan dengan kehidupan manusia adalah sebagai berikut.

Fungsi Pelindung

Suatu kawasan hutan dilindungi oleh negara karena dapat berfungsi menjaga mutu lingkungan hidup, khususnya untuk kepentingan manusia. Hutan yang berfungsi sebagai pelindung (hutan lindung) merupakan kawasan yang keadaan alamnya diperuntukkan sebagai pengaturan tata air, pencegahan banjir, pencegahan erosi, dan pemeliharaan kesuburan tanah

Baca Juga :  Interaksi Desa Kota - Pengertian, Unsur, Teori, Zona dan Dampaknya Lengkap

Guna menjamin keberadaan, kemurnian, dan kekhasan setiap tipe ekosistem, dan gejala alam lainnya, maka ditetapkan beberapa kawasan konservasi. Kawasan tersebut antara lain Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Bukit Barisan, Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Bali, dan Taman Nasional Komodo.

Fungsi Produksi

Hutan dapat memberikan fungsi produksi karena hasil hutan memiliki nilai ekonomi yang  sangat tinggi sehingga meningkatkan perekonomian dan dapat memberikan kemakmuran bagi rakyat. Hutan yang berfungsi produksi (hutan hutan) adalah kawasan hutan yang ditumbuhi berbagai vegetasi yang dapat diambil hasilnya, baik dalam bentuk kayu maupun bentuk lainnya (misalnya getah).

Fungsi Lain-Lain

Kedua jenis hutan dengan fungsi diatas dapat dikelola dan dimanfaatkan sebagai kawasan wisata. Semakin padatnya kehidupan di kota membuat penduduk kota menjadi merasa sumpek dan jenuh. Mereka akan mencari tempat-tempat yang masih memberikan suasana kesegaran. Oleh karena itu, hutan dengan segala keanekaragamannya dapat difungsikan sebagai kawasan wisata. Namun, di dalam pengelolaannya harus tetap memperhatikan terjaganya keseimbangan lingkungan.

Baca Juga :