Estimasi – Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Dan Contohnya Lengkap

Estimasi – Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Dan Contohnya Lengkap

Estimasi – Ada banyak arti dan definisi dari estimasi, dan semakin banyak orang yang memahami ppengertian estimasi. Arti estimasi menurut KBBI adalah Perkiraan, Penialaian, Pendapat. Berikut penjelasan lengkapnya.

Estimasi

Pengertian Estimasi Menurut Para Ahli 

  1. Pengertian estimasi menurut Harinaldi : 2005 adalah keseluruhan proses yang memerlukan dan menggunakan estimator, dalam menghasilkan sebuah estimate dari sebuah parameter tertentu.
  2. Pengertian estimasi menurut Tockey : 2004 adalah pengukuran yang didasarkan pada hasil kuantitatif, atau tingkat akurasi yang dapat diukur dengan angka.
  3. Pengertian estimasi menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah perkiraan, penilaian, atau pendapat. Hal ini menunjukkan bahwa estimasi dapat digunakan secara umum dalam menyatakan sebuah perkiraan, penilaian, atau pendapat kita mengenai suatu hal. Misalnya ketika kita melihat anak yang tubuhnya gemuk ikut lomba lari, meskipun tubuhnya gemuk tapi kakinya kokoh dan kuat. Sehingga kita bisa mengestimasi, ia bisa bersaing di dalam lomba tersebut.

Istilah estimasi bagi sebagian orang terdengar serius, padahal pada umumnya kita sering membuat estimasi dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini juga sering kita dengar ketika seseorang menghitung biaya dari sebuah proyek, atau menghitung nilai statistik dalam sensus penduduk. Misalnya estimasi waktu dan juga biaya dalam menyelesaikan sebuah proyek pembuatan jembatan. Atau estimasi jumlah populasi penduduk, dari suatu wilayah yang menggunakan sampel.

Dalam membuat estimasi atau perkiraan ini sering juga dijumpai dalam keseharian, seperti saat melihat langit mendung kita memperkirakan akan turun hujan. Dan kita pun segera mengangkat jemuran. Atau pada saat bulan Ramadhan kita sudah memborong barang-barang yang tahan lama.

Baca Juga :  Tujuan Otonomi Daerah Di Indonesia Dan Penjelasannya Lengkap

Pada beberapa bidang yang membutuhkan ketelitian, estimasi yang baiklah yang diputuskan. Misalnya dalam sebuah proyek konstruksi bangunan. Dalam proyek ini harus dibuat estimasi yang baik, yang berhubungan dengan besarnya dana yang diperlukan dan waktu pengerjaan proyek. Proyek konstruksi bangunan membutuhkan biaya yang besar, sehingga tanpa adanya estimasi biaya dan waktu yang baik akan menghambat jalannya proyek.

Apabila estimasi biaya terlalu kecil dari biaya yang sebenarnya, tentu hal itu akan merugikan pihak yang terlibat di dalamnya. Pemiliki proyek juga tak siap dengan kekurangan dana yang cukup besar, dan pengerjaan proyek terhambat karena kurangnya dana. Sama halnya jika estimasi waktu pengerjaan proyek melenceng jauh dari kenyataan. Sehingga pemilik proyek kecewa dengan proyek yang belum selesai, sama dengan estimasi yang melenceng jauh. Padahal bisa jadi proyek belum selesai dan dengan estimasi yang telah diberikan. Padahal bisa jadi pemilik proyek sudah memiliki rencananya sendiri sesuai dengan waktu perkiraan selesainya proyek itu.

Pengertian Lainnya Tentang Estimasi

Pengertian estimasi dalam statistik yaitu sebuah metode untuk memperkirakan nilai populasi, dengan menggunakan nilai sampel tertentu. Definisi estimasi statistik ini juga artinya adalah aktivitas penarikan dalam suatu kesimpulan statistik yang awalnya dari beberapa hal yang sifatnya umum, pada beberapa hal yang sifatnya khusus.

Pengertian dari estimasi penjualan adalah ramalan/estimasi tentang seberapa banyak unit dan juga nilai uang yang asalnya dari kegiatan penjualan di suatu perusahaan, pada masa yang akan datang.

Pengertian estimasi pangsa pasar adalah perkiraan tentang seberapa besar bagian pasar, yang akan diambil alih oleh suatu perusahaan di masa depan. Atau perkiraan persentase nilai penjualan di suatu perusahaan bila dibandingkan dengan total penjualan para pesaingnya dalam kurun waktu tertentu. (William J.S : 1984)

Baca Juga :  Pengertian Struktur Modal – Komponen, Teori Dan Faktornya Lengkap

Pengertian estimasi biaya adalah perkiraan yang berkaitan dengan seberapa besar kebutuhan biaya yang diperlukan, untuk menyelesaikan pekerjaan/kegiatan tertentu. Definisi estimasi biaya bisa juga diartikan sebagai seni dalam memperkirakan jumlah biaya yang dibutuhkan, untuk aktivitas yang bersandar pada beberapa informasi yang relevan yang tersedia di saat itu. (National Estimating Society USA)

Pengertian estimasi produksi adalah anggaran penjualan yang sudah disesuaikan dengan perubahan persediaan barang.

Pengertian estimasi akuntansi adalah perkiraan tentang satu atau beberapa elemen pos, laporan keuangan atau rekening yang terjadi jika tidak dapat diukur dengan cara pasti. Estimasi akuntansi ini pada dasarnya memiliki pengaruh yang cukup signifikan, pada laporan keuangan perusahaan. Contoh estimasi akuntansi adalah penyisihan hutang tak tertagih, penyusuta periodik dan lain sebagainya.

Pengertian estimasi dalam data mining yaitu proses menaksir nilai yang belum diketahui dengan pasti. Metode yang digunakan dapat berupa Multiple Regression, Simple Linear Regression dan Correlation serta Point Estimation dan Confidence Interval Estimations.

Contoh Estimasi Biaya

Misalkan kamu pesan sepatu kepada saya 80 pcs sepatu yang terdiri atas :

 

VANS                             @ 30 pcs x Rp.115.000    = Rp. 3.450.000

Macbeth                       @ 20 pcs x Rp. 95.000     = Rp. 1.900.000

New Era                        @ 15 pcs x Rp. 95.000     = Rp. 1.425.000

Adidas                           @15 pcs x  Rp. 75.000     = Rp. 1.125.000   +

Sub Total                  Rp.7.900.000

 

Ongkos  Kirim  (asumsi)                                             Rp.   500.000   +

Total Modal       Rp.8.400.000

 

Perkiraan / asumsi keuntungan yang di peroleh berdasar harga jual ke konsumen yang sudah umum di masyarakat :

 

VANS                             @ 30 pcs x Rp.180.000    = Rp. 5.400.000

Macbeth                       @ 20 pcs x Rp.150.000    = Rp. 3.000.000

New Era                        @ 15 pcs x Rp.150.000    = Rp. 2.250.000

Adidas                           @15 pcs x  Rp.130.000    = Rp. 1.950.000  +

Baca Juga :  Pengertian Saham – Manfaat, Jenis-Jenis, Dan Risiko Saham Lengkap

Total Hasil Penjualan         Rp.12.600.000

 

Jadi keuntungan yang dapat anda peroleh dari asumsi perhitungan di atas yaitu  :

 

Total Hasil Penjualan  –   Total Modal  = Laba / keuntungan

 

(  Rp. 12.600.000  –    Rp.8.400.000    =  Rp. 4.200.000  )

Estimasi Keuntungan yang didapat sebesar Rp 4.200.000

 

Manfaat Estimasi

  • Untuk mendukung keputusan yang baik.
  • Untuk menjadwalkan pekerjaan.
  • Untuk menentukan berapa lama suatu proyek perlu dilakukan dan berapa besaran biayanya.
  • Untuk menentukan apakah proyek layak dikerjakan.
  • Untuk menentukan kebutuhan arus kas.
  • Untuk menentukan seberapa baik kemajuan proyek.
  • Untuk menentukan anggaran time phased dan menetapkan basis proyek.

Walaupun sangat penting, tapi ada beberapa hal yang dapat memengaruhi kualitas estimasi tersebut. faktor inilah yang menentukan apakah estimasi yang dikeluarkan layak dijadikan patokan atau tidak. Beberapa faktor yang memengaruhi estimasi diantaranya yaitu horizon perencanaan, durasi proyek, orang, struktur dan organisasi proyek, menaikkan estimasi, budaya organisasi, dan faktor-faktor lainnya.

Tips Memperoleh Kualitas Estimasi Yang Baik

  • Tanggung jawab.
  • Menggunakan beberapa orang untuk melakukan estimasi.
  • Kondisi normal.
  • Unit waktu.
  • Independensi (ketidakberpihakan).
  • Ketidakpastian (contingency).
  • Menambahkan penilaian risiko pada estimasi untuk membantu menghindari kejutan pada stakeholder.

Secara garis besar estimasi dibagi menjadi dua, yaitu estimasi mikro dan makro. Estimasi makro biasanya diperoleh dari seseorang yang menggunakan pengalaman/informasi dalam menentukan durasi dan juga total biaya proyek. Metode estimasi ini diantaranya yaitu metode konsensus, metode rasio, metode distribusi merata, metode function point, dan metode kurva pembelajaran.

Dan estimasi mikro lebih menggunakan metode efisien yang biayanya rendah. Tetapi proses ini hanya dapat berlangsung sesudah proyek digambarkan dengan detail. Pendekatan estimasi mikro ini biasanya menggunakan metode template, prosedur parameter untuk tugas spesifik, estimasi detail untuk WBS paket kerja, dan metode hibrida.

Sekian penjelasan tentang estimasi yang dilengkapi dengan pengertian, manfaat serta contohnya. Semoga dapat dipahami dan dipelajari kembali, serta menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :

Estimasi – Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Dan Contohnya Lengkap | yurissa icha | 4.5