Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah Untuk Kontrakan

Posted on

Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah Untuk Kontrakan

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah Untuk Kontrakan – Sewa menyewa rumah adalah hal yang biasa di tengah masyarakat. Tetapi dalam hal sewa menyewa rumah ini, tetap diperlukan bukti sah dari perjanjian kedua belah pihak, baik bagi yang menyewa maupun untuk yang menyewakan. Seperti pada contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah Untuk Kontrakan berikut ini.

Isinya adalah tentang pernyataan kedua belah pihak, yang ditulis berupa beberapa pasal terkait. Hal ini dilakukan agar penyewa dan yang menyewakan tidak mengalami kerugian di masa yang akan datang. Sehingga perjanjian bisa berjalan dengan baik.

Cara Membuat Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah Untuk Kontrakan

 

SURAT PERJANJIAN SEWA RUMAH / KONTRAK RUMAH

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

 

  1. Rai Ranata. Selaku pemilik rumah yang berada di Jl Kembang Asri No 53 Bandung. Yang selanjutnya di dalam perjanjian ini disebut sebagai pihak pertama.
  2. Mudrin Hasan. Selaku penyewa rumah yang berada di Jl Kembang Asri Ni 53 Bandung. Yang selanjutnya di dalam perjanjian ini disebut sebagai pihak kedua.

 

Kedua belah pihak sepakat mengadakan perjanjian sewa rumah di Bandung. Dengan ketentuan dan syarat yang sesuai dengan beberapa pasal berikut ini :

 

Pasal 1

 

Sewa Kontrak Rumah

 

Pihak pertama sudah menyewakan rumahnya kepada pihak kedua, yang ada di dalam kekuasaan atau hak miliknya. Yang berlokasi di Jl Kembang Asri No 53 Bandung.

Baca Juga :  Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja

 

Pasal 2

 

  • Jika pihak kedua bermaksud untuk membuat perubahan dan juga penambahan atas rumah tersebut seperti pada pasal 1, maka harus seizin dari pihak pertama. Kecuali perubahan itu tidak merubah bentuk asli rumah tersebut.
  • Pihak kedua tidak diperbolehkan menyewakan atau menjaminkan rumah tersebut, kepada pihak lain kecuali atas izin dari pihak pertama.
  • Pihak kedua harus merawat dan memelihara rumah yang disewanya dengan baik.
  • Pembayaran listrik dan air selama disewa menjadi tanggung jawab penyewa atau pihak kedua.
  • Pembayaran PBB selama rumah disewa atau dikontrak, menjadi tanggung jawab pihak pertama.

 

Pasal 3

 

Jaminan

 

Pihak pertama harus menjamin pada pihak kedua pada gangguan atau gugatan yang mungkin muncul dari pihak lain, terhadap pemakaian rumah.

 

Pasal 4

 

Waktu Sewa Kontrak

 

Lama sewa kontrak tersebut adalah 1 tahun, yang terhitung sejak tanggal 5 Februari 2017 sampai tanggal 5 Februari 2018.

 

Pasal 5

 

Harga Sewa Kontrak

 

Pembayaran sewa atau kontrak rumah tersebut adalah sebesar Rp.18.000.000,- (delapan belas juta rupiah).

 

Pasal 6

 

Arbitrasi

 

  • Bila timbul persengketaan di dalam pelaksanaan perjanjian tersebut, maka kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikannya dengan jalan musyawarah.
  • Bila persengketaan tetap tidak dapat diselesaikan maka kedua belah pihak sepakat untuk menyerahkannya pada pihak yang berwenang.

 

Pasal 7

 

Tanggal Surat Perjanjian

 

Demikian surat perjanjian ini dibuat dengan rangkap dua, yang asli dan bematerai agar memiliki kekuatan hukum yang sama. Satu lembar untuk pihak pertama dan satu lembar untuk pihak kedua. Dan ditandatangani di Jl Kembar No 33 Bandung, tanggal 10 Februari 2017.

 

PIHAK PERTAMA                                                                                                              PIHAK KEDUA

Baca Juga :  Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Untuk Karyawan Kontrak

 

 

Rai Ranata                                                                                                                           Mudrin Hasan

 

Itulah contoh surat perjanjian sewa menyewa rumah untuk kontrakan yang bisa anda pelajari. Semoga membantu.

Baca Juga :