Dialog Interaktif – Pengertian dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian dan Contoh Dialog Interaktif

Makna Dialog

Dialog ialah percakapan antara dua orang atau lebih mengenai suatu persoalan. Semua orang yang terlibat dalam dialog aktif mengeluarkan pendapat. Mereka berusaha menyampaikan kebenaran yang yakini dengan bahasa yang sopan dan sikap yang santun.

Pengertian dan Contoh Dialog Interaktif 

Dialog bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Pada pagi han para siswa mengadakan dialog untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Di ruang rapat, karyawan merancang strategi meningkatkan kinerjanya. Di gardu ronda beberapa warga berbicara tentang kemajuan kampung yang didiaminya.

Dialog memiliki tujuan. Tujuan dialog ada beberapa macam. Pertama, dialog mempunyai tujuan meningkatkan pemahaman terhadap topik yang ditampilkan. Kedua, dialog bertujuan menyelesaikan persoalan yang muncul. Ketiga, dialog bertujuan membangun kebersamaan antarsesama.

Dialog Interaktif Media

Dengan kemajuan alat komunikasi, dialog dilakukan tanpa harus bertemu. Melalui acara di radio atau televisi, orang melakukan dialog dengan perantaraan telepori. Pemirsa radio atau televisi mengajukan suatu pertanyaan kepada narasumber. Narasumber kemudian akan memberikan jawabannya.

Dialog di radio atau televisi akan berlangsung menarik bila orang-orang berperan aktif. Mereka mendengarkan, menyimak, dan bertanya. Jika pemirsa tidak aktif, maka acara dialog menjadi kurang menarik. Dialog di media massa, seperti radio dan televisi inilah yang dikenal orang pada masa kini sebagai dialog interaktif.

Menyimak Dialog Interaktif

Hasil dialog interaktif hanya mungkin diperoleh bila kita mampu mendengarkan dan memahami isi dialog secara saksama. Beberapa hal yang harus dipersiapkan supaya kita mampu menyimpulkan dialog adalah sebagai berikut.

Mempersiapkan Segala Perlengkapan

Saat menghadiri sebuah dialog hendaklah kita sudah menyiapkan segalanya. Apalagi bila topik yang akan sangat bermanfaat bagi kita. Beberapa alat tulis, seperti pensil, pulpen, buku, atau kertas, mesti kita bawa. Alat-alat tulis tersebut bermanfaat untuk mencatat hal-hal yang penting dalam dialog.

READ  Peran Tanah Sebagai Sumber Daya Alam - Pengertian dan Fungsinya Lengkap

Mencatat Hal-Hal penting

Alat-alat tulis yang kita bawa dalam acara dialog tidak untuk dibiarkan. Alat-alat itu digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang terungkap dalam dialog. Dengan hasil catatan itu, bahan untuk kesimpulan berarti sudah kita dapatkan. Kita tinggal merangkai bahan itu menjadi kesimpulan yang mudah dipahami orang.

Tekun, Cermat, dan Konsentrasi

Bila kita ikut dalam sebuah dialog, maka kita wajib mengikuti aturan acara tersebut. Sikap terbaik adalah tekun, cermat, dan penuh konsentrasi. Sikap mi akan menjadikan kita mampu mendengarkan dan memahami isi dialog secara mudah sehingga kesimpulan dialog tersebut mudah diperoleh.