Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah

Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah

Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah – Surat perjanjian perihal sewa menyewa rumah harus dibuat agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari, diantara kedua belah pihak. Tujuannya adalah sebagai bukti dan tanda sah, bahwa terjadi kesepakatan diantara kedua belah pihak mengenai sewa menyewa rumah. Seperti pada contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah berikut ini.

Ada banyak rumah yang disewakan oleh pemiliknya, kepada pihak luar. Sehingga diperlukan sebuah surat perjanjian yang resmi, agar kedua pihak sama-sama diuntungkan.

Cara Membuat Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah

 

Surat Perjanjian Sewa Menyewa

 

Hari ini tepatnya hari Sabtu 17 September 2017, telah diadakan perjanjian sewa menyewa rumah untuk usaha diantara kedua belah pihak sebagai berikut :

 

Nama                    : Bambang Sutarja

Alamat                  : Jl Kebon Hilir No 22 Bandung

Pekerjaan           : PNS

No KTP                 : 82910232930209

 

Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai pihak pertama.

 

Nama                    : Ridwan Sahara

Alamat                  : Jl Melawai III No 90 Bandung

Pekerjaan           : Karyawan Swasta

No KTP                 : 829302102120

 

Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai pihak kedua.

 

Atas sebuah rumah yang letaknya di Komp Girilaya III Blok K No 2 Bandung. Yang selanjutnya disebut sebagai objek sewa. Dengan kondisi sebagai berikut :

 

  1. Pihak pertama meminjamnkan rumah untuk dijadikan tempat usaha pada pihak kedua selama 2 tahun penuh, terhitung sejak tanggal 8 September 2018 s/d 8 September 2020.
  2. Pihak pertama akan menerima sejumlah uang sewa sebesar Rp.15.000.000,- per tahun yang sudah dibayar dimuka untuk 1 tahun oleh pihak kedua.
  3. Pihak kedua akan menempati rumah tersebut selama 1 tahun pertama.
  4. Pihak kedua akan membayar iuran lingkungan, serta mematuhi segala peraturan lingkungan sesuai dengan ketetapan yang berlaku.
  5. Pihak kedua tidak diperbolehkan merubah apapun bentuk bangunan tanpa izin dari pihak pertama.
  6. Pihak kedua tidak diperbolehkan untuk menjadikan rumah sebagai kumpulan sebuah organisasi, atau sebagai sarana peribadatan.
  7. Pihak kedua akan membayar tagihan listrik dari PLN, dan membayar seluruh tagihannya setiap bulan sampai akhir masa sewa.
  8. Bukti pembayaran tagihan listrik dari PLN harus diserahkan oleh pihak kedua pada pihak pertama, paling lambat 30 hari sejak tanggal jatuh tempo.
  9. Pihak kedua tidak memiliki hak dalam menyerahkan rumah kepada penyewa lain kecuali atas persetujuan dari pihak pertama.
  10. Bila pihak kedua lalai dalam pembayaran tagihan selama 3 bulan berturut-turut atau menyerahkan haknya dalam menempati rumah pada pihak lain, maka pihak pertama akan menarik hak penggunaan sewa dari pihak kedua tanpa ada kompensasi apapun.
  11. Bila dalam kondisi terpaksa pihak pertama harus membatalkan perjanjian sewa secara sepihak, maka pihak kedua berhak mendapat penggantian uang sewa sebesar Rp.2.000.000,- (dua juta rupiah) untuk setiap bulannya yang belum digunakan.
  12. Sama halnya dengan pihak kedua yang masih menempati rumah setelah berakhirnya masa perjanjian sewa, maka pihak pertama berhak mendapat penggantian uang sewa sebesar Rp.2.000.000,- (dua juta rupiah) setiap bulannya. Dan ditambah dengan deposit biaya listrik yang dihitung rata-rata, selama 12 bulan terakhir.
  13. Pihak kedua masih harus membuat pernyataan secara tertulis ketika akan mengosongkan objek sewa setidaknya 30 hari, sebelum rencana pengosongan rumah dilakukan.
  14. Surat perjanjian ini dibuat dua rangkap. Pihak pertama dan kedua memiliki masing-masing satu rangkap, yang sudah ditandatangani di atas materai.
Baca Juga :  Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Berbagai Hal "Lengkap Dengan Pasal"

 

Demikian surat perjanjian ini dibuat agar bisa dipatuhi kedua belah pihak dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Penyewa                                                                                                                                             Yang Menyewakan

 

 

Ridwan Sahara                                                                                                                                  Bambang Sutarja

 

Demikian contoh surat perjanjian sewa menyewa rumah ini dibuat dengan baik dan benar. Semoga membantu.

Baca Juga :