Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah "Format Lengkap Dengan Pasal"

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah “Format Lengkap Dengan Pasal”

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Surat Perjanjian Kontrak Rumah – Surat perjanjian adalah jenis surat tertulis yang dibutuhkan ketika anda akan mengontrak rumah, melakukan jual beli suatu barang, membuka toko, dan lain sebagainya. Misalnya pada surat perjanjian kontrak rumah, yang tujuannya adalah untuk membuat kontrak tertulis yang dibutuhkan oleh kedua belah pihak untuk menghindari kecurangan atau hal yang tidak diinginkan. Seperti yang terlihat pada contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah di bawah ini.

Cara Membuat Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Yang bertanda tangan di bawah ini sebagai pihak pertama atau pemilik yaitu :

 

Nama                    : Keanu Rajasata

Nomor KTP         : 920329129821

Alamat                  : Jl Mangga Dua No 23 Bandung

Pekerjaan           : PNS

Telepon               : 08123290239

 

Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua atau penyewa rumah.

 

Nama                    : Taufik Satria

Nomor KTP         : 192012810080

Alamat                  : Jl Kembang Dahlia No 30 Bandung

Pekerjaan           : Karyawan Bank

Telepon               : 0819201292100

 

Dengan syarat dan ketentuan yang telah tertuang ke dalam 11 pasal berikut ini :

 

Pasal 1

 

Pihak pertama menyewakan rumahnya kepada pihak kedua di alamat berikut ini yaitu di Jl Sumbang Asih II No 11 Bandung. Sejak tanggal 15 Mei 2017 sampai dengan 15 Mei 2019. Pihak kedua sudah membayar lunas kepada pihak pertama sebesar Rp.30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah) terhitung selama 2 tahun.

 

Pasal 2

 

Pihak kedua wajib untuk memelihara bangunan dengan sebaik-baiknya, dan segala kerusakan yang timbul selama perjanjian ini berlangsung, akan menjadi kewajiban dari pihak kedua untuk memperbaikinya, dan menggantinya dengan biaya sepenuhnya oleh pihak kedua.

Baca Juga :  Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Usaha Pertanian

 

Pasal 3

 

Selama masa kontrak ini berlaku, semua kewajiban yang harus dipenuhi oleh pihak kedua pada rumah tersebut menjadi kewajiban pihak kedua. Misalnya kewajiban dalam membayar listrik, keamanan, kebersihan, dan lain-lain.

 

Pasal 4

 

Bila kewajiban tersebut di atas dilalaikan oleh pihak kedua, maka akibatnya adalah sangsi atas fasilitas yang sudah ada. Maka pihak kedua harus menyelesaikannya sampai pulih seperti keadaan sebelum rumah itu dikontrakan.

 

Pasal 5

 

Khusus untuk pembayaran listrik pihak kedua tetap membayar rekening listrik satu bulan terakhir, dan rekening tersebut akan diserahkan pada pihak pertama setelah lunas dan akan disimpan sebagai arsip.

 

Pasal 6

 

Pihak kedua tidak diperbolehkan mengadakan perubahan atau tambahan pada bangunan rumah, atau memindahsewakan pada pihak lain kecuali bila ada izin yang tertulis dari pihak pertama.

 

Pasal 7

 

Pihak kedua bersedia untuk menggunakan rumah itu sebagaimana mestinya sebagai tempat tinggal, dan tidak akan melakukan kegiatan atau aktivitas yang bertentangan dengan undang-undang atau ketentuan hukum negara dan hukum agama selama tinggal di rumah tersebut.

 

Pasal 8

 

Bila masa kontrak berakhir maka pihak kedua wajib untuk menyerahkan rumah dan pekarangannya, tanpa ada syarat apapun pada pihak pertama dalam keadaan baik, terpelihara, dan kosong dari seluruh penghuninya.

 

Pasal 9

 

Untuk perpanjangan kontrak pihak kedua harus memberitahukan dahulu pada pihak pertama, satu bulan sebelum masa berlaku habis dan akan dibuat perjanjian yang baru sebagai pengganti perjanjian yang sebelumnya.

 

Pasal 10

 

Untuk pemutusan kontrak sebelum masa kontrak habis, maka wajib diberitahukan satu bulan sebelum kontrak berakhir.

 

Pasal 11

 

Dalam pemutusan kontrak sepihak maka pihak pertama tidak akan mengembalikan sisa uang kontrakan, dan pihak kedua tidak akan menuntut pada pihak pertama.

Baca Juga :  Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Antar Perusahaan

 

Penutup

 

Demikian surat perjanjian kontrak rumah berikut, yang kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak yang lainnya.

 

Dibuat di Bandung

Tanggal 15 Mei 2017

 

Pihak pertama                                                                                                                                   Pihak Kedua

 

 

Keanu Rajasa                                                                                                                                     Taufik Satria

 

Saksi

 

 

Dina Geraldine

 

Demikian contoh surat perjanjian kontrak rumah yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :