Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Berbagai Hal “Lengkap Dengan Pasal”

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli

Surat Perjanjian Jual Beli – Ada banyak jenis surat perjanjian jual beli, misalnya jual beli tanah, jual beli rumah, jual beli mobil dan lain sebagainya. Surat perjanjian ini sifatnya sangat penting, karena hal itu membuktikan bahwa telah terjadi jual beli dengan sah secara hukum. Misalnya pada contoh surat perjanjian jual beli seperti di bawah ini.

Isi dari surat perjanjian jual beli ini, sama dengan jenis surat perjanjian lainnya seperti misalnya surat perjanjian hutang pihutang, surat perjanjian kontrak kerja, surat perjanjian kerjasama dan lain sebagainya.

Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli

 

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

 

Nama                    : Pongki Barata

Usia                       : 45 Tahun

Pekerjaan           : PNS

Alamat                  : Jl Murdiana Timur No 77 Jakarta Utara

Nomor KTP         : 02392312100

 

Dalam hal ini bertindak sebagai pihak pertama.

 

Nama                    : Baim Wong

Usia                       : 50 Tahun

Pekerjaan           : Pengusaha

Alamat                  : Jl Bawian V No 90 Jakarta Barat

 

Dalam hal ini bertindak sebagai pihak kedua.

 

Dengan surat ini pihak pertama berjanji untuk menyatakan dan mengikatkan diri untuk menjual pada pihak kedua, dan pihak kedua juga berjanji untuk menyatakan dan mengikatkan diri untuk membeli dari pihak pertama.

 

Yaitu sebidang tanah hak milik yang terletak di Desa Sukamujeng RT 02/03 Kecamatan Sasakana Jakarta Timur, dengan luas 500 M persegi. Yang dimana memiliki batas tanah sebagai berikut :

 

  • Sebelah barat : Berbatasan dengan tanah H. Amien
  • Sebelah timur : Berbatasan dengan tanah Soesilo
  • Sebelah utara : Berbatasan dengan tanah Fathir Azwan
  • Sebelah selatan : Berbatasan dengan tanah Jaka Tingkir
Baca Juga :  Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama Dagang Download Gratis

 

Dengan syarat dan ketentuan yang tertuang ke dalam 9 pasal berikut ini :

 

Pasal 1

 

HARGA

 

Jual beli tanah dilakukan dan disetujui oleh masing-masing pihak, yang dimana harga tanahnya yaitu sebesar Rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).

 

Pasal 2

 

CARA PEMBAYARAN

 

  1. Pihak kedua memberi tanda jadi sebesar Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah) pada pihak pertama yaitu di tanggal 12 Mei 2018.
  2. Sisa pembayaran yang sebesar Rp.400.000.000,- (empat ratus ribu rupiah) dibayarkan oleh pihak kedua di tanggal 30 Mei 2018.

 

Pasal 3

 

JAMINAN DAN SAKSI

 

  1. Pihak pertama menjamin sepenuhnya bahwa tanah yang dijual memang benar miliknya, yang tidak ada satu orang pun yang memiliki hak atas tanah tersebut, bebas dari sitaan, tidak tersangkut dengan suatu perkara apapun, tidak dalam keadaan hak kepemilikan yang berpindah, tidak sedang dijaminkan pada orang lain, dan tidak sedang dijual pada pihak manapun.
  2. Jaminan dari pihak pertama dikuatkan oleh dua orang yang ikut menandatangani surat ini, yang menjadi saksi.
  3. Bila pihak kedua tidak memenuhi surat perjanjian ini maka perjanjian ini dianggap batal.
  4. Bila pihak kedua tidak melunasi sisa pembayaran, maka secara hukum perjanjian ini batal dan pihak pertama akan mengembalikan uang tanda jadi sepenuhnya.
  5. Kedua orang saksi yang terkait perjanjian ini yaitu :

 

Nama    : Nadia Putri

Umur    : 40 tahun

Pekerjaan : Karyawan Bank

Alamat : Jl Murdiana Timur No 77 Jakarta Utara

Yang dalam hal ini disebut saksi I

 

Nama    : Gilang Ramdan

Umur    : 49 Tahun

Pekerjaan : PNS

Alamat : Jl Keliling Barat V No 129 Jakarta Barat

Yang dalam hal ini disebut saksi II

Baca Juga :  Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Hotel Dengan Sekolah Pariwisata

 

Pasal 4

 

PENYERAHAN

 

Pihak pertama berjanji akan mengikatkan diri dengan menyerahkan sertifikat tanah pada pihak kedua, paling lambat satu minggu setelah pihak kedua berhasil melunasi seluruh pembayarannya.

 

Pasal 5

 

STATUS KEPEMILIKAN

 

Sejak surat perjanjian ini ditandatangani maka tanah tersebut baik dalam hal keuntungan maupun kerugiannya, sepenuhnya sudah menjadi hak pihak kedua.

 

Pasal 6

 

BALIK NAMA KEPEMILIKAN

 

  1. Pihak pertama wajib membantu pihak kedua apabila di dalam proses balik nama tanah, dalam hal kepengurusan yang menyangkut beberapa instansi terkait, dengan memberi keterangan dan menandatangani surat yang bersangkutan dan melakukan segala hak yang berhubungan dengan balik nama dan perpindahan hak dari pihak pertama kepada pihak kedua.
  2. Segala hal yang berkaitan dengan biaya yang berkaitan dengan balik nama atas tanah dan bangunan, dari pihak pertama pada pihak kedua akan dibebankan sepenuhnya pada pihak kedua.

 

Pasal 7

 

MASA BERLAKUNYA PERJANJIAN

 

Perjanjian ini tidak akan berakhir karena pihak pertama meninggal dunia, atau karena sebab apapun juga. Di dalam keadaan tersebut ahli waris atau pengganti pihak pertama wajib menaati ketentuan yang terdapat di dalam surat perjanjian ini dan akan mengikat diri untuk melakukan segala hal untuk melaksanakan ketentuan tersebut.

 

Pasal 8

 

HAL-HAL LAIN

 

Hal-hal yang belum tercantum di dalam surat perjanjian ini akan dibicarakan dan diselesaikan dengan cara kekeluargaan dengan jalan musyawarah yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

 

Pasal 9

 

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

 

Mengenai perjanjian dan segala macam akibatnya, kedua belah pihak akan memilih menyelesaikan perkara bila terjadi perselisihan di Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta.

 

Baca Juga :  Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Demikian surat perjanjian ini dibuat dengan dua rangkap, yang bermaterai cukup dan memiliki kekuatan hukum yang sama. Serta ditandatangani oleh kedua belah pihak dengan sadar, dan tidak ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

 

Dibuat Di Jakarta.

 

Tanggal 12 Mei 2018.

 

Pihak Pertama                                                                                                                                   Pihak Kedua

 

 

Pongky Barata                                                                                                                                   Baim Wong

 

Saksi :

 

  1. Nadia Putri
  2. Gilang Ramdan

 

Itulah salah satu contoh surat perjanjian jual beli yang benar dan tepat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Berbagai Hal “Lengkap Dengan Pasal” | yurissa icha | 4.5