Contoh Surat Keluhan Pelanggan “Barang atau Jasa”

Posted on

Contoh Surat Keluhan Pelanggan atau Komplain

Surat Keluhan Pelanggan – Surat keluhan adalah jenis surat yang biasanya ditujukan pada penjual, perusahaan atau penyedia barang/jasa. Yang diakibatkan oleh pelayanan atau barang yang mereka berikan tidak sesuai dengan yang diharapkan atau kurang baik. Maka dibuatlah surat keluhan pelanggan karena pelayanan atau barang yang tak sesuai harapan tersebut. simak pada contoh surat keluhan pelanggan berikut ini, yang bisa menjadi referensi anda dalam membuat surat yang serupa.

Cara Membuat Surat Keluhan Pelanggan

 

Jakarta 1 Mei 2017

 

Kepada

Manager Toko Paraman

Jalan Angsa Belia No 12

Jakarta Barat

 

Dengan Hormat,

 

Melalui surat ini saya ingin menyampaikan keluhan saya atas pembelian perlengkapan alat tulis di Toko Paraman. Sebelumnya perkenalkan dahulu nama saya Jojo Mataka usia 35 Tahun. Saya adalah salah satu pegawai swasta di sebuah perusahaan swasta ternama di Jakarta Barat.

 

Saya adalah pelanggan setia Toko Paraman sejak toko ini buka sekitar tahun 2002 silam. Dan selama itu tidak ada masalah atau kendala apapun, ketika saya berbelanja atau memesan barang di sana. Namun mulai terasa ada kendala sekitar 3 bulan terakhir ini, ketika saya mencoba fasilitas pesan dan kirim barang dari toko ke perusahaan tempat saya bekerja.

 

Masalah yang pertama adalah ketika saya memesan HVS 100gr Merk Kertasku sebanyak 20 rim, tanggal 17 April 2017 lalu. Ternyata barang yang dikirim hanya 15 rim dan pengiriman pun terlambat serta tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Saat itu pihak toko menyebutkan akan mengirim barang dalam 1 jam, tetapi barang baru dikirim 5 jam kemudian. Yang dimana perusahaan saya sudah hampir tutup. Dan parahnya lagi, tidak ada penjelasan apapun mengenai hal ini dari pihak Toko Paraman.

Baca Juga :  Contoh Surat Keterangan Kematian Dari Kelurahan Desa Download Gratis

 

Masalah yang kedua ketika saya memesan pulpen hitam merk Pulpenku sebanyak 50 box di tanggal 25 April 2017. Jumlah barang yang dipesan sesuai, pengiriman barang juga tepat waktu dan sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Tetapi sayangnya hanya 20 box puplen saja yang berfungsi, dan 30 box sisanya tidak berfungsi dengan baik. Bahkan hampir semua rusak.

 

Masalah yang terakhir adalah saat saya memesan 20 Rim kertas HVS putih, sayangnya pengepakannya kurang baik. Sehingga 20 rim kertas tersebut dalam kondisi cacat.

 

Berkenaan dengan hal ini saya ingin menghimbau, sebaiknya sebelum barang dikirim ada baiknya seluruh barang dicek terlebih dahulu. Sehingga tidak akan terjadi salah pengiriman atau mengirim barang yang rusak. Mengingat pesan dan antar barang ini sangat saya butuhkan, karena di kantor saya tidak ada orang yang bisa membeli perlengkapan alat tulis langsung ke toko maka hal ini sangat disayangkan.

 

Saya juga berharap hubungan kerja saya dengan Bapak/Ibu dapat terus terjalin dengan baik. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya

 

 

Jojo Mataka

 

Demikian contoh surat keluhan pelanggan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :