Contoh Surat Keluhan (Komplain Layanan) Pelanggan Hotel

Contoh Surat Keluhan (Komplain Layanan) Pelanggan Hotel

Contoh Surat Keluhan Pelanggan Hotel

Surat Keluhan Pelanggan Hotel – Di dalam urusan bisnis terjadi kesalahan adalah hal yang biasa. Dalam bidang pekerjaan apapun, kesalahan memang biasa terjadi. Khususnya untuk pekerjaan di bidang jasa, yang sering dikeluhkan adalah masalah pelayanannya. Seperti pada contoh surat keluhan pelanggan hotel di bawah ini, yang bisa menjadi referensi atau acuan untuk anda dalam membuat surat yang sama dan serupa.

Cara Membuat Surat Keluhan Pelanggan Hotel

 

Kepada

Manager Pelayanan

Hotel Rahayu

Jl Putarawarna Merah No 233

Jakarta Barat

 

Dengan Hormat,

Sebelumnya saya perkenalkan diri dulu, nama saya Agustinus Wobowo yang merupakan pelanggan dari Hotel Rahayu sejak tahun 2016 hingga sekarang. Setiap dua bulan sekali saya menginap di hotel tersebut untuk keperluan bisnis.

 

Surat ini saya tulis sebagai keluhan atau ungkapan kekecewaan saya kepada pihak Hotel Rahayu. Ketika saya menginap di sana dari tanggal 7 September sampai tanggal 10 September 2018. Dari jauh hari saya sudah melakukan konfirmasi pada pihak hotel, untuk menginap di sana pada tanggal tersebut. dan sudah dijawab oleh pihak hotel bahwa di tanggal tersebut ada kamar kosong, dan sudah disiapkan tempat untuk saya menginap. Apalagi sekarang kamar lebih rapi dan bersih karena ada new management.

Tanggal 7 September malam saya sampai di Hotel dan alangkah kagetnya ketika yang diucapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Kamar saya belum siap, dan kamar yang dijanjikan dipindahkan ke kamar yang lain dengan alasan kamar yang saya pesan sudah ditempati oleh tamu yang lain. Padahal saya sudah reserve sebelumnya. Selain itu kondisi kamar yang baru ini kotor, bagian gordennya sobek dan kotor, seprei dan selimutnya pun jauh dari kata bersih. Bahkan di bagian dalam lemari dan laci masih banyak kotoran seperti abu rokok, sampah, bahkan kecoa mati. Bagian kamar mandinya pun kotor dan berbau, shower tidak menyala, dan remote televisi tidak berfungsi. Ketika saya komplain pihak pelayan malah menjawab dengan cara yang berbelit-belit. Padahal saya adalah pelanggan lama, bahkan ada beberapa karyawan dan pelayan hotel yang sudah kenal dengan saya. Tetapi new management yang mereka sebutkan malah lebih buruk dari sebelumnya.

Baca Juga :  Pengertian Kredibilitas Secara Lengkap

Saya sangat berharap Bapak/Ibu meningkatkan kembali pelayanan di hotel. Saya sangat kecewa dengan kejadian kemarin. Saya tak ingin menghabiskan waktu dengan masalah ini tapi semoga pelayanan hotel untuk para tamu dapat lebih ditingkatkan lagi.

 

Jakarta 12 September 2018

Hormat Saya,

 

 

Agustinus Wibowo

 

Demikian salah satu contoh surat keluhan pelanggan hotel yang ditulis secara pribadi. Semoga membantu.

Baca Juga :