Contoh Surat Jual Beli Tanah

Posted on

Contoh Surat Jual Beli Tanah

Surat Jual Beli Tanah – Surat jual beli adalah jenis surat yang di dalamnya menerangkan mengenai suatu perjanjian jual beli. Di dalamnya terdapat kesepakatan antara penjual dan pembeli, baik mengenai harga maupun barang yang dibeli. Jika sudah menandatangani surat jual beli, maka masing-masing pihak harus menyelesaikan kewajibannya. Misalnya dalam hal jual beli tanah, tentu harus ada contoh surat jual beli tanah yang baik dan benar.

Berikut contoh surat jual beli pada tanah, yang dapat dijadikan bahan referensi bagi anda yang telah melakukan jual beli tanah. Surat ini bersifat resmi, surat ini dibuat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam penjualan tanah.

Cara Membuat Surat Jual Beli Tanah

SURAT PERJANJIAN

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                    : Sinyo Barata

Agama                  : Islam

Alamat                  : Jl Mekar Sari No 87 Solo

Tlp                          : 08122334455

Pekerjaan           : Pengusaha kain

Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama.

 

Nama                    : Dewi Nur Hakim

Agama                  : Islam

Alamat                  : Jl Asih Tejo III No 23 Solo

Tlp                          : 08230192832

Pekerjaan           : Pegawai Bank

Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua.

 

Dengan surat ini saya menyatakan bahwa saya sebagai pihak pertama di tanggal 2 April 2018 telah menjual tanah dengan luas 1000 m2, kepada pihak kedua. Yang beralamat di Jl Mekong Tubagus No 34 Solo.

Tanah tersebut telah dijual pihak pertama kepada pihak kedua secara mutlak. Yang juga telah disetujui oleh seluruh ahli waris dari pihak pertama dan para saksi dari pihak kedua. Dengan harga Rp.150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah).

Baca Juga :  Contoh Surat Valentine Buat Pacar Dari Wanita Ke Pria Download Gratis

Pihak pertama juga telah melakukan ijab kabul atas jual beli tanah tersebut kepada pihak kedua. Sehingga tanah itu sudah menjadi milik pihak kedua secara mutlak. Segala resiko mengenai pajak tanah dan biaya pembuatan akta jual beli di PPAT, akan menjadi tanggungan pihak kedua.

Jika di kemudian hari ternyata ahli waris dari pihak pertama ada yang melakukan gugatan atas tanah tersebut, maka pihak yang berwenang akan menolaknya karena tanah itu telah dijual pada pihak kedua secara mutlak.

Demikian surat jual beli ini, dibuat dengan sejujur-jujurnya dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

 

Solo 2 Mei 2018

 

Pihak Kedua                                                                                                                                                       Pihak Pertama

 

 

Dewi Nur Hakim                                                                                                                                               Sinyo Barata

 

Saksi-saksi :

  1. Monika Suryani (…….)
  2. Didin Sumenep (……)

 

Demikian contoh surat jual beli tanah yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :