6 Bentang Lahan Berdasarkan Ketinggian Terlengkap

Posted on

Bentang Lahan Berdasarkan Ketinggian

BENTANG LAHAN BERDASARKAN KETINGGIAN

Kita mengetahui bahwa permukaan bumi selalu mengalami perubahan, baik yang disebabkan oleh tenaga endogen maupun tenaga eksogen. Perubahan bentuk permukaan bumi tersebut menyebabkan adanya daerah yang tinggi dan daerah yang rendah. Berdasarkan tinggi rendahnya suatu wilayah, bentang lahan di permukaan bumi dapat dibedakan atas dataran rendah, dataran tinggi, bukit, lembah, gunung, dan pegunungan.

Dataran Rendah

Dataran rendah merupakan bagian permukaan bumi dengan ketinggian 0 — 500 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah pada umumnya mempunyai relief yang relatif datar dengan suhu udara 22 °C — 30 °C. Selain itu, tanah di dataran rendah subur karena merupakan wilayah pengendapan. Karena didukung ketersediaan air yang cukup, dataran rendah mudah dimanfaatkan oleh penduduk untuk berbagai macam kegiatan ekonomi.

Dataran Tinggi

Dataran tinggi merupakan bagian permukaan bumi dengan ketinggian antara 500— 1.500 meter di atas permukaan laut yang mempunyai relief relatif datar. Suhu udara di daerah dataran tinggi 10 °C — 20 °C. Oleh karena itu, di daerah dataran tinggi cocok untuk daerah perkebunan dan tanaman sayuran. dataran tinggi yang terdapat di Indonesia antara lain Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah dan dataran Tinggi Gayo di Aceh.

Bukit

Bukit merupakan bagian permukaan bumi berbentuk seperti kubah dengan ketinggian antara 200 — 300 meter dan daerah sekitarnya.

Baca Juga :  Proses Pembentukan Tanah : Pengertian, Komponen, fase dan Faktornya Lengkap

Lembah

Lembah adalah bagian permukaan bumi berbentuk seperti cekungan yang pada umumnya terletak di antara dua pegunungan atau gunung. Contohnya adalah lembah Baliem di Papua.

Gunung

Gunung merupakan bagian permukaan bumi yang berbentuk kerucut atau kubah terdiri atas satu puncak dengan ketinggian Iebih dan 600 meter dan permukaan laut. Di Indonesia banyak terdapat gunung, baik yang masih aktif maupun yang sudah mati. Gunung-gunung di Indonesia antara lain GunungMerapi, Gunung Bromo, Gunung Krakatau, dan Gunung Semeru.

Pegunungan

Pegunungan adalah rangkaian gunung yang bersambung. Pegunungan yang terdapat di Indonesia antara lain Pegunungan Barisan di Sumatra dan Pegunungan Sudirman di Papua.

Baca Juga :