Akibat Perang Dunia II Bagi Dunia Lengkap

Posted on

Akibat Perang Dunia II Bagi Dunia Lengkap

Akibat Perang Dunia II Bagi Dunia – Kedamaian dan kesejahteraan hidup adalah impian semua orang. Untuk mewujudkannya dibutuhkan kepedulian serta kesadaran untuk bisa bergabung dan berjuang bersama-sama.

Namun sifat manusia secara umum adalah keserakahan, kebencian, dendam dan amarah membuat semua impian dan cita-cita untuk dapat hidup dengan damai sulit di wujudkan. Dan sampai sekarang masih banyak orang yang berusaha mengambil alih kekuasaan dengan berbagai cara.

Cara yang ditempuhnya juga berbagai macam, salah satunya perang. Peperangan tak hanya merugikan seluruh pihak, tapi juga untuk pasukan yang ikut berperang dan rakyat yang tidak bersalah. Peperangan paling dahsyat sedunia terjadi sampai dua kali, dan akibatnya bagi dunia pun banyak sekali. Berikut penjelasan mengenai dampak dari perang dunia II.

Dampak Perang Dunia II

Perang dunia ke II terjadi dan berlangsung pada tahun 1939 sampai 1945. Akibat dari perang tersebut yaitu politik ekonomi, kerohanian, dan sosial bagi negara-negara yang ada di dunia. Berikut penjelasannya masing-masing :

Bidang Kerohanian

Setiap orang di dunia tentu menginginkan perdamaian. Upaya yang dilakukan untuk mencapainya yaitu membentuk lembaga perdamaian. Untuk menyudahi penderitaan yang tidak selesai maka penduduk dunia pun menginginkan lembaga, yang bisa menjaga perdamaian dunia setelah Liga Bangsa-Bangsa telah dibubarkan. Perdamaian dunia di harapkan terwujud setelah di dirikannya UNO atau United Nations Organization atau yang sering di sebut dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Bidang politik

Dampak pada bidang politik ini antara lain yaitu :

  1. Amerika Serikat dan Rusia merupakan pemenang dari perang dunia II dan selanjutnya negara tersebut enjadi negara adikuasa atau raksasa.
  2. Munculnya politik kawanan atau aliansi yang mulai terbentuk berdasakan kepentingan keamanan bersama, contoh dari bentuk aliansi tersebut adalah SEATO, NATO, dan METO.
  3. Nasionalisme yang ada di Asia mulai berkobar dan menimbulkan negara-negara merdeka seperti negara Indonesia (17 Agustus 1945), India dan Pakistan Dominion (15 Agustus 1947), Birma (4 Januari 1948), Filipina (4 Juli 1946), India merdeka penuh (26 Januari 1950), dan Ceylon Dominion (4 Februari 1948).
  4. Terjadinya perebutan pengaruh yang terjadi antara Amerika Serikat dan Rusia (Uni Soviet) dan menyebabkan perang dingin.
  5. Munculnya politik yang dapat memecah belah negara yaitu :
    a. Jerman menjadi dua bagian, Jerman Barat dan Jerman Timur.
    b. India menjadi dua bagian, India dan Pakistan.
    c. Indo-Cina menjadi tiga bagian, Laos, Indo-Cina, dan Kamboja.
    d. Korea menjadi dua bagian, Korea Utara dan Korea Selatan.
READ  Imperialisme – Pengertian, Tujuan, Macam, Penyebab Dan Akibatnya Lengkap

Bidang Sosial

PBB membentuk United Nations Relif Rehabilitation Administration (UNRRA) yang diharap dapat membantu penduduk yang menjadi korban dari perang dunia II. UNRRA memiliki tugas sebagai berikut:

  • Mendirikan rumah sakit.
  • Memberi makan orang yang terdampar.
  • Mengerjakan kembali tanah yang telah rusak.
  • Mengurus pengungsi serta keluarganya.

Bidang Ekonomi

Perang dunia II juga sudah menghancurkan dunia terkecuali Amerika. Saat Amerika Serikat sudah menjadi pusat kekayaan dan menjadi kreditur untuk dunia. Bentuknya dari pengaruh negara lain yaitu dengan melaksanakan program.

Program yang di laksanakan Amerika Serikat adalah Marshall Plan (1947), Truman Doctrine (1947), Point Four Truman dan Colombo Plan.

Sekian pembahasan mengenai akibat perang dunia II yang memang berakibat buruk bagi dunia. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi anda, dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :