Afiliasi : Pengertian dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Afiliasi Dan Contohnya Lengkap

Arti Afiliasi – Pengertian afiliasi adalah pertalian atau perhubungan sebagai anggota atau cabang. Bila diibaratkan dengan dua orang maka diantara orang yang satu dengan yang lainnya memiliki hubungan. Hubungan yang didasari saling membutuhkan dalam mencapai tujuan.
pengertian Afiliasi
Pengertian afiliasi dalam bidang psikologi merupakan kebutuhan manusia untuk membentuk hubungan, dan memiliki kaitan yang erat dengan kebutuhan yang diakui dan diterima oleh lingkungannya. Dan memang tak ada manusia yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, tanpa bantuan dari orang lain. Ada banyak contoh afiliasi dalam kehidupan sehari-hari, baik secara perorangan atau secara lembaga dan badan usaha.
Pengertian afiliasi di dalam pasar modal adalah suatu jenis hubungan diantara :

  1. Pemegang saham utama di dalam sebuah perusahaan.
  2. Perusahaan dengan beragam pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mengontrol perusahaan.
  3. Dua perusahaan yang dikontrol, baik secara langsung atau tidak langsung oleh satu pihak yang sama.
  4. Dua perusahaan yang memiliki satu atau lebih dewan komisaris atau anggota direksi yang sama.
  5. Hubungan komisaris, direktur dan pegawai dengan pihak yang mempunyai hubungan keluarga karena keturunan dan juga perkawinan baik secara vertikal maupun horizontal.

Pengertian afiliasi pemasaran adalah memasarkan suatu produk dari satu lembaga atau perusahaan pemilik produk, dengan cara bergabung atau mendaftar lebih dulu menjadi affiliate marketer. Setiap affiliate marketer hanya akan dibayar saat produk tersebut sudah laku terjual.
Dalam perkembangannya afiliasi ini banyak digunakan di dalam usaha pengembangan bisnis, khususnya bisnis online yang sudah semakin marak belakangan ini. Dengan kesepakatan bersama, kedua pihak memperoleh keuntungan dari afiliasi yang terbentuk. Contohnya bila anda seorang pemilik produk yang masih baru, yang ingin anda jual dengan cara online. Pada suatu produk yang baru, bila anda menjual secara langsung tentu anda akan memerlukan biaya promosi yang jumlahnya tidak sedikit. Termasuk biaya pembuatan website dan setiap pendukungnya. Dengan melakukan afiliasi dengan pihak yang lain, maka pekerjaan anda akan relative mudah dengan adanya cabang yang setiap saat akan mempromosikan produk anda.
Semakin banyak jumlah afiliasi yang anda miliki maka akan semakin besar juga kesempatan anda dalam meningkatkan penjualan. sebagai afiliasi anda, maka mereka berhak mendapat komisi dari penjualan yang berhasil dilakukan. Dengan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.
Di dalam akuntansi ini dikenal dengan perusahaan afiliasi, pengertian afiliasi di dalam perusahaan adalah satu atau lebih perusahaan di dalam suatu sistem perusahaan induk. Atau biasa disebut dengan anak perusahaan. Sebuah perusahaan dikatakan sebagai perusahaan afiliasi dengan perusahaan lainnya, apabila :

  1. Komisaris atau direktur pada suatu perusahaan, yang ternyata juga menjabat sebagai komisari atau direktur di perusahaan lainnya.
  2. Direktur atau komisaris di suatu perusahaan, memiliki hubungan keluarga dengan direktur atau komisaris pada perusahaan lainnya.
  3. Salah satu pihak dalam perusahaan bisa memberhentikan direktur atau komisaris di perusahaan lainnya.
  4. Salah satu pihak perusahaan bisa mengendalikan perusahaan lainnya.
READ  Contoh Surat Pernyataan Untuk Perusahaan Ke Karyawan Shift

Sekian pembahasan lengkap mengenai pengertian afiliasi dan juga contohnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan bisa anda pelajari kembali.
Baca Juga :