6 Konsep Pemasaran – Pengertian Dan Tujuannya

Posted on

6 Konsep Pemasaran Dan Tujuannya Lengkap

Konsep Pemasaran – Adalah falsafah dari suatu perusahaan/bisnis yang menyatakan bahwa kepuasan konsumen, dalam memenuhi kebutuhannya merupakan syarat yang paling penting dalam kelangsungan hidup suatu perusahaan yang dijalani. Tujuan dari konsep ini yaitu untuk memberi kepuasan tersendiri pada kebutuhan serta keinginan dari konsumen.

6 Konsep Pemasaran Dan Tujuannya Lengkap

Konsep Pemasaran

Konsep yang inti/utama dari pemasaran adalah keinginan, kebutuhan, produksi, permintaan, nilai, utilitas, kepuasan, transaksi dan interaksi, pemasaran dan pasar. Dan konsep dasar pemasaran ada enam macam, diantaranya yaitu :

Konsep Produksi

Adalah konsep yang dimana konsumen lebih menyukai produk yang bisa ditemukan di mana-mana dengan harga murah. Sehingga orientasi dari konsep ini lebih mengarah ke upaya pencapaian efisien produk yang tinggi, dan distribusi yang sangat luas. Tugas manajemen adalah memperbanyak produksi barang karena konsumen dianggap akan menerima hasil produksinya, yang terjangkau di mana-mana.

Konsep Produk

Konsep ini menyatakan bahwa produk yang lebih disukai yaitu produk yang menawarkan mutu, kualitas, performasi serta karakter yang terbaik. Yang dimana tugas manajemen ini adalah membuat produk yang kualitasnya tinggi, serta penampilan yang terbaik dan menarik.

Konsep Penjualan

Menyatakan bahwa konsumen jika dibiarkan begitu saja atau apa adanya, organisasi harus berusaha melaksanakan promosi yang menarik untuk konsumen.

Konsep Pemasaran

Menyatakan bahwa kunci dalam mencapai tujuan organisasi bisnis meliputi penentuan kebutuhan dan keinginan pasar, yang menjadi sasaran dan memberi kepuasan yang sesuai dengan efektif dan efisien dibanding dengan para pesaingnya.

Konsep Pemasaran Sosial

Di dalam konsep ini ada tugas organisasi yaitu menentukan kebituhan , kepentingan, keinginan pasar dan tetap memberi kepuasan serta tetap melestarikan & meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau konsumen.

READ  15 Pengertian Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli Lengkap

Konsep Pemasaran Global

Di dalam konsep pemasaran global, manajer eksekutifnya harus berusaha dalam memahami segala faktor lingkungan yang bisa memengaruhi pemasaran lewat manajemen yang strategi. Yang dimana tujuan akhirnya adalah berusaha memenuhi segala kebutuhan masyarakat serta memberi yang terbaik, dan bermanfaat pada seluruh pihak yang terlibat dalam suatu perusahaan.

Tujuan Pemasaran

Tujuan dari pemasaran adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui kegiatan pemasaran tersebut. bila kepuasan dan kebutuhan konsumen terpenuhi maka dampaknya yaitu pada hasil penjualan produknya yang meningkat, serta pada akhir tujuan pemasaran yang akan tercapai yaitu mendapatkan keuntungan/laba. Tapi bila sebuah perusahaan melalaikan kebutuhan konsumen dan hanya memikirkan produsen saja, maka ada kemungkinan hasil penjualannya menurun. Sehingga keuntungannya pun minim, dan bisa mengalami kerugian. Kepuasan pembeli/konsumen adalah yang terpenting dalam perusahaan di bagian marketing.

Dalam hal pemasaran, ada banyak hal yang harus diingat karena ada banyak penipuan atau hal yang tak diinginkan.

Itulah 6 konsep pemasaran serta tujuan dan penjelasannya secara lengkap. Semoga artikel ini mudah dipahami dan dapat menambah pengetahuan anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :