31 pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

31 pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli – Seni tari merupakan salah satu cabang seni yang melekat erat dengan budaya yang ada di nusantara Indonesia. Perkembangan seni tari ini juga cukup pesat, bisa anda lihat dari munculnya seni tari modern yang eksis di zaman sekarang. Ada banyak hal yang ada di dalam seni tari yang bisa menarik minat penikmatnya. Mulai dari gerakan tangan dan kaki, lirikan mata, ekpresi wajah, sampai busana yang semuanya terlihat indah. Bahkan sering kali sebuah tarian yang ditarikan dengan baik, akan membangkitkan niat penonton untuk ikut menari juga.

pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui betapa menariknya seni tari ini, mungkin anda penasaran dengan pengertian dari seni tari tersebut. menurut KBBI seni tari adalah seni tentang tari menari atau gerak gerik yang memiliki irama. Dengan pengertian yang hampir sama, seni tari menurut wikipedia adalah gerak tubuh yang secara berirama yang dilakukan pada tempat dan waktu tertentu untuk kebutuhan suatu pergaulan, dalam mengungkapkan perasaan, maksud dan juga pikiran.

Bagi anda yang penasaran dengan pengertian seni tari secara umum, mari kita pelajari lebih mendalam tentang pengertian seni tari menurut para ahli. Yang diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Aristoteles (384-322 SM)

Seorang filsuf yang berasal dari Yunani ternyata tidak hanya mempunyai ketertarikan pada ilmu fisika, biologi dan politik saja. Tetapi filsuf yang terkenal ini juga memiliki ketertarikan pada bidang seni seperti musik, teater, dan puisi. Menurut Aristoteles seni tari adalah suatu gerak yang ritmis yang bisa memunculkan sebuah karakter manusia, ketika mereka bertindak suatu hal.

2. John Weaver (1673-1760) 

Weaver adalah seseorang yang berkebangsaan Inggris yang dikenal sebagai master dalam dunia tari balet, koreografer, dan juga Bapak Pantomim yang ada di dalam sejarah Inggris. Menurut Weaver seni tari adalah gerak yang teratur dan elegan, yang dibentuk dengan cara yang harmonis dari sikap yang elok, dan dengan melawan postur tubuh yang lebih anggun.

3. Curt Sachs (1881-1959)

Sachs merupakan seorang pakar musik yang berkebangsaan Jerman yang sudah mempelajari musik sejak belia. Meskipun ia lebih dominan di bidang seni musik, tetapi ia memiliki satu buku yang membahas tentang seni tari. Yang judulnya yaitu Word History of the Dance (1937). Menurutnya seni tari adalah pelafalan jiwa pada manusia yang melalui gerak yang berirama yang mempunyai nilai estetika.

4. Judith Mackrell

Mackrell adalah seorang kritikus tari yang juga banyak menulis artikel yang berhubungan dengan seni gerak tubuh tersebut. di dalam artikel yang diunggah dalam media online Britannica.com dengan judul Dance (2017), seni tari adalah gerakan tubuh yang ritmis, seiring dengan musik yang dilakukan di dalam sebuah ruang yang tujuannya adalah untuk mengekspresikan ide atau emosi, untuk melepaskan energi, atau untuk kesenangan semata saja.

Baca Juga :  Contoh Surat Permohonan Dana Bantuan Masjid

5. Atik Soepandi (1944)
Ia adalah salah satu penulis dalam bidang seni, yang aktif menulis sejak tahun 1970 sampai tahun 2000. Soepandi juga dikenal mempunyai ketertarikan di dalam bidang seni daerah, terutama musik tradisional. Menurut Atik Soepandi seni tari adalah ekspresi jiwa dari manusia, melalui gerak yang ritmis dan melodi yang indah.

6. Corrie Hartong (1906-1991)

Pakar tari yang satu ini adalah seseorang yang lahir di Belanda yang juga dikenal sebagai guru tari dan koreografer. Hartong mempunyai sekolah tari sendiri yang bernama Rotterdam School of Dance, yang didirikan di tahun 1931. Hartong juga mengartikan seni tari sebagai gerak badan yang diberi nuansa yang ritmis dan dilakukan di dalam suatu ruangan.

7. Yulianti Parani (1939)

Parani adalah seorang koreografer dan sejarawan yang lahir di Jakarta tahun 1939. Ia sudah mengenal tari balet sejak usia 11 tahun, kemudian mengembangkan tari balet di Indonesia. Ia juga mendirikan sekolah balet yang dinamakan Nritya Sundara pada tahun 1957. Menurut Yulianti Paranti seni tari adalah gerak ritmis dari sebagian atau seluruh tubuh, yang terdiri dari pola individual atau kelompok yang disertai dengan ekspresi dan ide tertentu.

8. Bagong Kussudiarja (1928-2004)

Ia adalah seorang koreografer dan juga pelukis yang berasal dari Indonesia. Bagong berkarir di bidang seni pada tahun 1954, ia juga memiliki pusat latihan tari (PLT) yang berdiri pada tahun 1958. Definisi seni tari menurut Bagong adalah seni yang berupa gerak ritmis, yang menjadi alat ekspresi manusia.

9. Enoch Atmadibrata (1927-2011)

Pakar seni yang satu ini lahir di Garut, ia juga merupakan salah satu seniman yang dikenal karena beberapa karya koreografinya. Ia pun menerima penghargaan Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden RI tahun 2003. Menurutnya seni tari adalah susunan sikap tubuh yang ada dalam suatu ruang, yang berlandaskan irama dan juga gerak.

10. Drs. I Gede Ardika (1945)

Ia adalah Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada kabinet Gotong Royong. Beliau juga memegang jabatan tersebut dari tahun 2000 sampai tahun 2011. Beliau mengartikan seni tari sebagai sesuatu yang bisa menyatukan banyak hal, sampai semua orang dapat menyesuaikan diri dan menyelaraskan gerak menurut caranya masing-masing.

11. Walter Sorells

Ia adalah seorang penulis yang aktif dalam membuat karya tulis di bidang tari dan budaya. Sorrels juga aktif menulis pada tahun 1950 sampai tahun 1966. Menurut Sorrels seni tari adalah seni dalam mengoleng-olengkan anggota tubuh, yang dilakukan dengan irama tertentu. Yang diiringi oleh musik ataupun tidak.

Baca Juga :  Contoh Surat Pernyataan Penghasilan Orang Tua

12. Hawkins

Menurut Hawkins seni tari adalah ekspresi jiwa pada manusia yang diubah menjadi suatu gerak oleh imajinasi dari si pencipta.

13. Irmgrad Bartenieff dan Forrestine Paulay

Bartenieff dan Paulay adalah dua orang pakar seni yang sangat cinta dengan seni tari. Mereka juga bergabung dalam Lomax’s Performance Style Project di tahun 1965, serta berkontribusi dalam pembuatan buku yang dipublikasikan di tahun 1968. Menurut kedua pakar tersebut seni tari adalah sebuah bentuk seni ekpresionostis, yang menggambarkan suatu reaksi jiwa seseorang pada konflik dan masalah di dunia yang modern ini.

14. Kealiinomohoku

Kealiinomohoku adalah seorang ahli dalam bidang antropologi tari, dan menurut Beliau seni tari adalah seni sesaat dari sebuah ekspresi yang dipertunjukkan, dengan bentuk dan gaya tertentu lewat tubuh manusia yang bergerak di dalam ruang.

15. Judith Lynne Hanna (1936) 

Hanna merupakan seseorang yang banyak berkontribusi di bidang seni dan pengetahuan sosial, serta ahli di bidang antropologi. Karya bukunya sudah banyak diterbitkan di beberapa negara seperti Belgia, Kanada, Prancis, Belanda, dan di beberapa negara lainnya. Menurutnya seni tari adalah sebuah seni plastis dari gerak visual yang terlihat secara sepintas.

16. A. Theodora Retno Maruh (1947)

Beliau adalah seorang maestro sebuah tari jawa klasik yang bergaya Surakarta. Ia juga merupakan seorang koreografer yang rajin dalam mengembangkan seni tari jawa klasik. Menurutnya seni tari adalah suatu karya seni yang tidak akan pernah bersifat kontemporer.

17. Waterman

Menurut Waterman seni tari adalah seni yang terdiri atas gerak tubuh yang secara artistik dan secara kultural dipola dan distilasi.

18. Kamala Devi Chattopadhyaya (1903-1988)

Ia adalah seorang tokoh reformasi yang sangat terkenal di India bahkan di dunia. Ia tidak hanya aktif di bidang sosial, tetapi juga aktif di bidang seni. Menurutnya seni tari adalah suatu insting atau desakan emosi, yang ada di dalam diri manusia yang mendorong seseorang dalam menemukan ekspresi pada gerak ritmisnya.

19. La Meri (1898-1988)

Pakar seni yang satu ini mempunyai keahlian dalam bidang tari etnis Amerika, koreografi, dan guru. Di masa mudanya ia mulai mempelajari seni tari dengan mempelajari tari balet. Menurut La Meri seni tari adalah ekspresi simbiolis dalam wujud yang tinggi, yang harus diinternalisasikan untuk menjadi bentuk yang nyata.

20. Jazuli

Menurut Jazuli seni tari adalah gerak tubuh yang selaras dan juga seirama dengan bunyi ritmis, yang bisa digunakan untuk mengungkapkan maksud dan tujuan tertentu.

Baca Juga :  Contoh Surat Jaminan Pembayaran Hotel Oleh Perusahaan

21. Humardani

Ia mengartikan seni tari sebagai ungkapan yang ekspresif dalam bentuk gerak yang ritmis dan juga indah.

22. Soedarsono (1933)

Ia adalah seorang seniman yang berkebangsaan Indonesia. Beliau juga merupakan guru besar dalam bidang seni dan sejarah budaya, di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada. Beliau mendefinisikan seni tari sebagai ungkapan dan ekspresif jiwa manusia, dalam gerak gerik yang indah dan ritmis.

23. Andre Levinson (1887-1933)

Levinson adalah seorang jurnalis seni tari yang berkebangsaan Perancis. Dan menurut Beliau seni tari adalah suatu gerak tubuh yang berkesinambungan, yang melewati ruang yang sudah ditentukan sesuai dengan ritme tertentu dan mekanisme yang radar.

24. Soeryodiningrat

Menurut Beliau seni tari adalah gerak pada anggota tubuh yang selaras dengan bunyi musik atau gamelan yang diatur oleh irama, sesuai dengan maksud dan tujuan dari tari.

25. Margaret H’Doubler (1889-1982)

Beliau mulai mengajar seni tari pada musim panas di tahun 1917. Menurutnya seni tari adalah ekspresi dalam gerak ritmis dari beberapa keadaan perasaan yang secara estetis dinilai, yang lambang geraknya dirancang dengan sadar untuk kenikmatan dan kepuasan dari pengalaman ulang, ungkapan, berkomunikasi, melaksanakan, serta dari penciptaan bentuk-bentuk.

26. Suadarsa Pringgo Broto

Menurut Suadarsa tari adalah ketentuan dalam bentuk gerakan tubuh dan juga ruang.

27. Suryo

Menurut Suryo tari adalah suatu ekspresi yang subjektif yang diwujudkan dalam bentuk yang objektif.

28. Franz Boas (1858-1942)

Boas adalah blasteran Jerman dan Amerika yang ahli di bidang antropologi. Tak hanya di bidang tersebut, tapi ia juga berkontribusi di dalam seni tari. Menurutnya seni tari adalah gerak ritmis dari setiap bagian tubuh, ambaian lengan, gerak dari torso atau kepala, atau gerak-gerak dari tungkai serta kaki.

29. Susanne Langer (1895-1985)

Langer adalah seorang filsuf dan juga penulis yang berkebangsaan Amerika. Menurutnya seni tari berarti gerak tubuh yang secara ekspresif yang diciptakan oleh manusia untuk bisa dinikmati.

30. Dr. J Verkuyl (1908-2001)

Verkuyl mendefinisikan seni tari sebagai gerak tubuh dan anggotanya yang disusun sedemikian rupa, sehingga menjadi berirama.

31. John Martin (1893-1985)

Martin adalah seorang kritikus tari yang memulai karirnya pada tahun 1927. Menurutnya seni tari adalah gerak yang menjadi pengalaman yang paling awal di dalam kehidupan manusia.
Itulah kumpulan dan pengertian seni tari menurut para ahli dalam bidang seni. Semoga dapat menambah wawasan anda tentang seni, dan dapat memberi manfaat.

Baca Juga :