30 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Lengkap

30 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli – Kewirausahaan adalah sikap atau kemampuan dalam membuat suatu hal yang unik dan baru, yang memiliki nilai dan bisa memberi manfaat untuk orang lain atau dirinya sendiri. Kewirausahaan adalah sikap mental serta jiwa yang kreatif aktif, bercipta, dan berdaya dalam mengembangkan usahanya supaya pendapatannya meningkat dari usaha atau kegiatan yang ditekuninya.

30 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Lengkap

Wirausaha berasal dari kata wira dan usaha yang dimana wira artinya pahlawan/pejuang dan usaha artinya perbuatan. Seorang wirausahawan merupakan seorang inovator yang melakukan berbagai macam perubahan di dalam pasar, lewat penggabungan dari beberapa hal atau suatu hal yang baru.

Sesuatu ini bisa berbentuk banyak hal seperti :

  • Ada produk baru yang dikenalkan
  • Ada metode produksi baru yang dikenalkan
  • Dibukanya pasar yang baru (new market)
  • Diperolehnya sumber pasokan baru dari komponen yang baru
  • Dijalankannya suatu organisasi baru pada sebuah perusahaan.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

  1. Kewirausahaan menurut Arif F. Hadipranata adalah sosok yang mengambil resiko yang diperlukan, dalam mengelola serta mengatur setiap urusan dan menerima sejumlah keuntungan finansial atau non finansial.
  2. Kewirausahaan menurut Thomas W Zimmerer adalah keinovasian dan kreativitas dalam memecahkan masalah dan memanfaatkan segala peluang yang dihadapi oleh orang lain setiap harinya.
  3. Kewirausaha menurut Andrew J Dubrin adalah seseorang yang menjalankan serta mendirikan sebuah usaha yang bersifat inovatif.
  4. Kewirausahaan menurut Robbin & Coulter adalah proses dimana seseorang atau kelompok individu memakai upaya yang terorganisir, serta sarana untuk mencari sebuah peluang yang menciptakan nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan serta keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan. Serta tak memedulikan apapun sumber daya yang dipakai saat ini.
  5. Kewirausahaan menurut Jean Baptista Say adalah agen yang menggabungkan beragam alat produksi dan menemukan nilai dari yang telah diproduksinya.
  6. Kewirausahaan menurut Penrose kegiatan yang mencakup beragam peluang yang teridentifikasi dalam suatu ekonomi. Kemampuan atau kapasitas kewirausahaan ini berbeda dengan kapasitas manajerialnya.
  7. Wirausaha menurut Raymond adalah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkan kreativitasnya supaya meningkatkan kesejahteraan diri pada lingkungan dan masyarakat.
  8. Wirausaha menurut Kasmir adalah seseorang yang memiliki jiwa pemberani yang berani mengambil resiko dalam membuka usaha di beragam kesempatan yang ada.
  9. Kewirausahaan menurut Harvey Leibenstein mencakup beragam kegiatan yang dibutuhkan dalam melaksanakan dan menciptakan perusahaan yang dimana saat pasar belum terbentuk, atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau beberapa komponen yang fungsi produksinya belum teridentifikasi dengan penuh.
  10. Kewirausahaan menurut Peter F Drucker adalah kemampuan dalam membuat atau menciptakan suatu hal yang baru dan berbeda.
  11. Wirausaha menurut Kathleen adalah seseorang yang menjalankan mengatur, dan berani mengambil resiko, untuk pekerjaan yang dijalaninya di dalam dunia usaha.
  12. Kewirausahaan menurut Acmad Sanusi adalah nilai yang diwujudkan dalam sebuah perilaku yang menjadi dasar dalam tujuan, kiat, siasat, tenaga penggerak, proses dan hasil bisnis.
  13. Kewirausahaan menurut Soeharto Prawiro adalah nilai yang diperlukan dalam memulai sebuah usaha serta perkembangan usaha.
  14. Menurut  Frank Knight seorang wirausahawan mencoba menyikapi dan memprediksi perubahan di pasar. Penjelasan ini menekankan bahwa peran seorang wirausahawan dalam menghadapi ketidakstabilan di dalam dinamika pasar. Seorang wirausahawan juga disyaratkan untuk melakukan seluruh fungsi manajerial yang mendasar, seperti misalnya pengawasan dan pengarahan.
  15. Menurut Mas’ud Machfoedz & Mahmud Machfoedz wirausaha adalah seseorang yang memiliki inovasi dalam mengubah kesempatan menjadi ide yang dapat dijual, mampu memberi nilai plus lewat usaha, biaya, waktu serta kecakapan yang tujuannya yaitu untuk memperoleh keuntungan.
  16. Wirausaha menurut Joseph Schumpeter adalah seseorang yang memperoleh peluang dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang itu sendiri.
  17. Wirausaha menurut Dan Stein dan Jhon F.Burgess adalah seseorang yang mengorganisasikan, mengelola dan berani mengambil resiko dalam menciptakan peluang usaha serta usaha yang baru.
  18. Wirausaha menurut J.B Say adalah pengusaha yang bisa mengelola beragam sumber daya yang dimiliki dengan cara ekonomi dan meningkatkan produktivitas yang rendah menjadi tinggi.
  19. Kewirausahaan menurut Richard Cantillon (1775) adalah pekerjaan itu sendiri. Seorang pengusaha membeli barang saat ini di harga tertentu serta menjualnya di masa yang akan datang, dengan harga yang tak menentu. Pengertiannya lebih menekankan pada bagaimana seseorang mengambil resiko atau ketidakpastian.
  20. Wirausaha menurut Raymond W.Y. Kao adalah orang yang mampu menciptakan serta merancang gagasan menjadi sebuah realita.
  21. Wirausaha menurut Schumpeter adalah inovator yang tak selalu menjadi inventor atau penemu.
  22. Wirausaha menurut Samsudin Suryana adalah seseorang yang mempunyai karakteristik percaya diri, mengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi dan berorientasi di masa depan.
  23. Wirausaha menurut Prawirokusumo adalah mereka yang melakukan upaya yang kreatif dan juga inovatif dengan cara mengembangkan ide serta meramu sumber daya untuk menemukan peluang serta perbaikan hidup.
  24. Menurut Penrose (1963) kewirausahaan termasuk dalam peluang sistem ekonomi.
  25. Wirausaha menurut F. Hadiputra adalah sosok yang mengambil resiko yang dibutuhkan dalam mengatur serta mengelola bisnis dan juga mengambil keuntungan finansial atau non uang.
  26. Menurut Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor. 961/KEP/M/XI/1995 wirausaha adalah orang yang memiliki semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan. Sedangkan kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan sesorang dalam menangani usaha atau kegiatan, yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan dan menerapkan cara kerja, teknologi serta produk yang baru dengan cara meningkatkan efisiensi dalam rangka memberi pelayanan yang baik serta mendapat keuntungan yang besar.
  27. Wirausaha menurut Richard Cantillon adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengkonversi sumber daya ekonomi, dari tingkat produktivitas yang rendah pada tingkat produktivitas yang lebih tinggi.
  28. Kewirausahaan menurut wikipedia adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.
  29. Kewirausahaan menurut Israel Kirzner (1979) adalah mengenali serta berbuat pada peluang pasar.
  30. Kewirausahaan menurut Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.
Baca Juga :  Tujuan Otonomi Daerah Di Indonesia Dan Penjelasannya Lengkap

Itulah pengertian kewirausahaan menurut para ahli yang lengkap. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua, dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan anda di bidang usaha/bisnis.

Baca Juga :

 

30 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Lengkap | yurissa icha | 4.5