3 Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia Lengkap

Posted on

3 Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia Lengkap

Kelainan Pada Tulang – Ada beberapa gangguan yang biasa terjadi pada tulang yang disebabkan oleh kesalahan atau pada posisi duduk. Sikap tubuh yang salah juga dapat berdampak buruk pada bentuk rangka kita. Bagian rangka yang paling sering terkena gangguan itu adalah tulang punggung atau tulang belakang.

3 Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia Lengkap

Kelainan Pada Tulang Belakang

Lordosis

Adalah tulang punggung yang terlalu berbelok ke depan. Biasanya disebabkan oleh sikap duduk yang terlalu sering membusungkan dada ke depan.

Kifosis

Adalah tulang punggung yang terlalu belok ke belakang. Yang biasanya disebabkan oleh sikap duduk dan juga berdiri, yang sering dan terlalu sering membungkuk.

Skoliosis

Adalah tulang punggung yang terlalu bengkok ke kiri ataupun ke kanan. Hal ini biasanya disebabkan oleh sikap duduk yang sering dengan posisi miring. Atau karena sering mengangkat beban yang terlalu berat di salah satu lengan/bahu.

Untuk menghindari kelainan pada tulang belakang dibutuhkan sikap untuk menjaga serta memelihara sikap yang tepat. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang tulang, antara lain yaitu :

  • Osteoporosis

Atau biasa disebut dengan tulang keropos, biasanya menyerang pada seseorang yang telah berusia lanjut. Penyakit ini disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium. Untuk mencegah penyakit osteoporosis sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium.

  • Rematik

Biasanya penyakit ini ditandai dengan nyeri di bagian persendian. Rasa nyeri ini disertai dengan pembengkakan di bagian sendi.

  • TBC Tulang

Penyakit TBC juga dapat menyerang tulang, dan tulang bisa menjadi lemah serta bernanah. Untuk menghindari penyakit ini, anda harus tinggal di tempat yang bersih serta mendapat cinar matahari yang cukup dan tidak lembab.

READ  Hukum Archimedes – Pengertian, Bunyi, Rumus, Penerapan Dan Contoh Soalnya Lengkap

Itulah beberapa kelainan pada tulang yang bisa terjadi pada siapa saja. Semoga artikel ini dapat membuat kita menjaga kesehatan hingga terhindar dari kelainan atau penyakit pada tulang. Dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :