Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Kita Harus Belajar Fisika? Simak Ulasan Berikut!

Kenapa Kita Harus Belajar Fisika? Simak Ulasan Berikut!

Apa itu Fisika? - Fisika adalah segalanya! Ungkapan singkat yang mungkin tidak terlampau berlebihan maupun kelewatan. Terang saja fisika merupakan ilmu yang mempelajari mengenai segala sesuatu khususnya yang berkaitan dengan gaya dan energi yang meliputi dari partikel sub atomik hingga alam semesta yang maha luas. Fisika merupakan dasar yang sangat eksotis dalam rumpun ilmu sains.

Fisika dalam prakteknya memiliki sebuah tujuan mulai untuk memahami bagaimana alam semesta bekerja. Ilmu ini, fisika bertanggung jawab terhadap revolusi kehidupan umat manusia dan kemajuan teknologi seperti sekarang ini.

Pada mulanya manusia dalam menjalani kehidupannya bertalian terhadap pelbagai objek dan fenomena alam yang menyertainya. Manusia sebagai makhluk yang berakal dan atas dorongan keingintahuannya berupaya untuk memahami berbagai perlikau objek yang diamati guna menunjang kemahaslahatan hidupnya.

Secara mula-mula fisika berdiri tegap untuk menjawab untuk menjawab pertanyaan selayak mengapa suatu objek dapat memiliki ciri kelakuan tertentu dan mengapa suatu fenomena (peristiwa) dapat terjadi. Fisika itu sendiri tak khayal seperti sebuah seni berpikir yang indah dan menakjubkan. Fisika sendiri telah memberi warna dan petunjuk untuk banyak hal maupun aspek, lebih lanjut fisika memberikan banyak kemungkinan dan sudut pandang. 

Pemahaman yang mendalam akan fisika telah banyak membantu dan mendorong menciptakan banyak perubahan besar dalam kehidupan umat manusia. Fisika sebagai suatu ilmu terus berkembang hingga telah banyak melaharikan bidang ilmu lain seperti biofisika dan geofisika, hingga saat ini kerangka batasan dari ilmu fisika itu sendiri sulit untuk didefinisikan dengan jelas.

Terkadang disiplin baru dalam fisika digunakan dalam menjelaskan aspek mekanisme dasar sains lainnya, seperti geofisika yang memfokuskan pada aspek ilmu kebumian yang ditinjau secara fisika. Disisi lain, fisika dapat membuka jalan dalam area penelitian lain selayaknya matematika dan filsafat.

Lantas terbesit tanya mengapa kita harus belajar fisika? Apakah fisika itu sulit? Beberapa pertanyaan kecil yang mungkin banyak mengusik pelajar dan pengiat ilmu. Alasan sederhana mengapa kita harus mempelajari fisika dan menunjukkan arti penting fisika ialah; fisika merupakan salah satu ilmu yang paling dasar dari ilmu pengetahuan.
Ilmuwan Fisika
  (Albert Einstein, salah satu ilmuwan besar fisika)

Ilmuwan dari segala bidang ilmu memanfaatkan ide dan gagasan dari fisika, mulai dari ahli kimia hingga ahli teknologi bahkan sampai ahli paleontologi yang berusaha menyingkap bagaimana kehidupan dan cara berjalan dinosaurus.

Fisika tak lain merupakan dasar dari semua ilmu dasar dan teknologi. Tidak ada insinyur yang dapat mengabikan fisika, bahkan untuk dapat merancang alat-alat praktis terlebih dahulu dibutuhkan pengetahuan dasar yang baik. Tentu saja dengan begitu apabila kamu hendak merancang sebuah pesawat terbang, kamu harus mengerti hukum-hukum dasar fisika.

Alasan lain mengapa kita harus mempelajari fisika adalah karena belajar fisika itu merupakan suatu rangkaian petualangan yang seru dan menyenangkan. Disatu sisi mungkin kamu merasa ingin menyerah saat berusaha mempelajarinnya hingga mungkin dirasa stress melanda. Namun, mungkin kamu akan merasa sangat senang dan gembira serta bahagia saat mampu menguasi suatu topik atau bahasan dalam fisika. Ya memang fisika seindah dan sesedarhana itu. Fisika memang punya cerita.

Pemahaman dan cara pandang kita terhadap dunia saat ini dituntun oleh pikiran bertumbuh para ilmuwan-ilmuwan besar dunia seperti Galileo, Newton, Maxwell, Einstein, Plank, Schrodinger, dan banyak nama-nama mahsyur dan terhormat yang telah memberi terang pada dunia yang indah.

Fisika sebegai sebuah produk dari intelektualitas murni merupakan sebuah mahakarya dari rasa penasaran umat manusia. Sebuah pertanyaan sederhana seperti mengapa benda (apel) selalu jatuh kebawah pada akhirnya telah menjadi jawaban dan revolusi besar bagi peradaban ilmu pengetahuan dan umat manusia.

Francis Bacon, seorang filsuf abad ke-17 telah memprediksikan bahwa ilmu pengetahuan akan dapat mengubah pola tatanan kehidupan masyarakat. Namun jauh-jauh sebelum itu ilmu pengetahuan berkiblat pada pemikiran seorang pembesar besar yang merupakan filsuf asal Yunani Kuno, Aristotle. Pemikiran Aristotle memang sangat hebat dan luar biasa serta memberikan implikasi yang luar biasa selama ratusan tahun.


Ditulis oleh: Febri Yanto

Posting Komentar untuk "Kenapa Kita Harus Belajar Fisika? Simak Ulasan Berikut!"