7 Tipe Guru Ideal yang Disukai Siswa di Sekolah

Guru adalah sosok yang mengajar dan mendidik kita tentang banyak hal, tentang ilmu pengetahuan, etika, akhlak, budaya, dan lain sebagainya. Berkat guru, kita menjadi lebih sadar dan berwawasan luas. Guru merupakan sosok yang memberikan kepada kita pengetahuan dan pengalaman belajar yang langsung dan nyata.

Meskipun dengan mudah kita bisa mengakses pengetahuan dari internet, belajar dan memperoleh pengetahuan dari guru tetaplah yang utama. Guru menggantikan peran orang tua dalam mendidik anak selama kurang lebih 8 jam ketika anak berada di sekolah. Agar dapat menjalankan tugas dan perannya dengan baik, tentunya ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh guru.


Waktu yang dihabiskan anak selama di sekolah dengan berbagai kegiatan belajar yang berada di bawah bimbingan guru merupakan momen-momen penting dalam kehidupannya. Pengalaman dan pengetahuan yang mereka dapatkan akan sangat berpengaruh bagi kehidupan mereka di masa mendatang

Demi mencapai tujuan tersebut, maka ada beberapa kualitas ideal yang dibutuhkan seorang guru agar ia menjadi guru yang profesional, yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Berikut ini 7 kualitas ideal yang diperlukan guru agar ia menjadi sosok yang selalu dirindukan siswa-siswinya.

1. Interaktif

Interaksi guru dan siswa yang harmonis dan aktif merupakan salah satu indikator kesuksesan guru dalam mengelola kelas. Komunikasi yang terjalin dengan baik antara guru dan siswa sangat penting agar materi pelajaran dapat tersampaikan secara maksimal tanpa ada bagian yang terlewatkan. Tipe guru yang interaktif, yang dapat merangsang semangat siswa untuk aktif dan komunikatif di kelas merupakan guru ideal yang disukai siswa.

2. Problem solver

Siswa pastinya mengalami berbagai permasalahan selama di sekolah. Baik itu yang menyangkut belajar, kehidupan sosial, dan lain-lain. Di sinilah guru berperan sebagai pembimbing yang membantu memecahkan permasalahan yang dialami siswa setiap kali mereka butuh bantuan.

3. Care atau ramah

Meskipun guru harua tetap menjaga kedisiplinan dan aturan sekolah, terlalu menjaga jarak dengan siswa juga kurang baik pula. Dengan kata lain, tidak seharusnya kewajiban guru untuk mendisiplinkan siswa menjadikan dirinya tidak bisa bersikap care dan ramah. Alangkah baiknya bila gurj tetap bersikap ramah terhadap siswa. Dengan begitu, ikatan emosional antara guru-siswa akan lebih baik sehingga siswa pun tidak akan merasa takut atau malu bertanya, berbagi, dan mengutarakan suatu hal.

4. Humoris

Kelas yang terlalu serius terasa membosankan. Karena itulah, perlu bagi guru untuk menyelipkan humor-humor ringan di kelas selama proses belajar mengajar berlangsung. Siswa akan senang ketika gurunya punya selera humor yang baik. Intinya, agar siswa tidak mudab loyo dan bosan dengan pelajaran, guru perlu menyelipkan unsur fun dalam gaya mengajarnya.

5. Open mind

Siswa mana yang suka kalau guru menghina dan menghakimi mereka di depan kelas tanpa memahami masalahnya? Hal ini menunjukkan bawha seorang guru harus berpikiran luas dan terbuka, harus bisa membedakan antara alasan dan masalah yang sebenarnya, dan kemudian bijaksana dalam bersikap dan bertindak. Seorang guru harus sabar dan berpikiran dingin, sehingga tidak mudah menghakimi/menghina siswa tanpa memahami alasan/masalah yang sebenarnya.

6. Toleran

Siswa pasti suka dengan guru yang toleran, bahkan bisa jadi sosok guru favorit. Guru tidak harus terkesan ekstra ketat atau galak terhadap siswa sebab sikap seperti itu akan membuat mereka menutup diri sehingga pelajaran dan nasihat dari guru tidak tersampaikan secara maksimal. Terlalu memberikan kebebasan pada siswa juga kurang baik karena dapat membuat siswa membangkang. Jadi, guru harus bijak dan proporsional dalam segala situasi dan kondisi.

7. Bijaksana

Guru yang ideal adalah guru yang bijaksana dalam segala hal, soal pemberian tugas, hukuman, memberi nasehat, dan sebagainya. Kebijaksanaan seorang guru secara otomatis akan menjadi contoh teladan yang positif untuk siswa-siswinya.

Nah, demikianlah 7 tipe guru ideal abad 21 yang disukai dan selalu dirindukan oleh siswa, apakah anda salah satunya? Bagikan pendapat anda di form komentar!

0 Komentar 7 Tipe Guru Ideal yang Disukai Siswa di Sekolah

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top