Pengertian Posdaya Berbasis Masjid

PENGERTIAN POSDAYA BERBASIS MASJID

Posdaya (Pos pemberdayaan keluarga) dapat diartikan sebagai forum, wadah atau sarana bagi keluarga untuk mengembangkan diri di bidang keagamaan, kesehatan, pendidikan dan ketahanan social, dan ekonomi bagi seluruh anggotanya melalui gotong royong atau kerjasama dalam kelompok atau masyarakat.


Adapun Posdaya berbasis masjid adalah sebuah gerakan masyarakat di sekitar masjid yang dilakukan secara gotong royong dengan memanfaatkan modal sosial dan potensi jama’ah untuk mewujudkan keluarga sejahtera dan mandiri.

Langkah pertama yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di setiap Perguruan Tinggi adalah melakukan pengabdian masyarakat dengan membuka ruang konsultasi dan advokasi untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen para pejabat daerah di tingkat kecamatan, desa, kelompok masyarakat, pihak terkait yang mendukung, serta ta'mir masjid akan pentingnya kebersamaan dalam pengentasan kemiskinan dan pembangunan SDM, melalui pembentukan Pos Pemberdayaan Keluarga (posdaya) berbasis masjid, baik masjid tingkat kecamatan, Desa, Dusun/Perdukuhan.

Setelah Posdaya terbentuk dan pendataan selesai dilakukan dan dianalisis, para mahasiswa diharapkan mengajak seluruh keluarga di sekitar Posdaya untuk mengadakan pertemuan atau sarasehan dan membentuk pengurus posdaya. Selanjutnya mahasiswa mendampingi dan membantu Pengurus 'Posdaya menetapkan prioritas sasaran, menyusun program kerja dengan mengembangkan gagasan inovatif dan kreatif melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Para mahasiswa mendampingi dan dalam hal-hal tertentu, membantu melaksanakan program atau kegiatan untuk Sebesar-besar demi kesejahteraan masyarakat.

0 Komentar Pengertian Posdaya Berbasis Masjid

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top