Wikipendidikan

Portal Pendidikan Indonesia

Senin, 14 Agustus 2017

Peran Materi Pelajaran dalam Interaksi Belajar Mengajar

loading...
Interaksi belajar mengajar terjadi karena adanya tiga unsur yang saling berinteraksi, tiga unsur tersebut yaitu guru, materi pelajaran dan peserta didik. Materi pelajaran merupakan isi dari proses belajar mengajar yang disampaikan oleh guru dan diterima oleh peserta didik.

Materi pelajaran merupakan perantara yang menjembatani terjadinya interaksi belajar mengajar antara guru dengan peserta didik. Hal itu bermakna bahwa materi pelajaran merupakan salah satu unsur utama agar terjadi interaksi dalam proses belajar mengajar.

Dalam kegiatan pengajaran, guru harus menguasai materi pelajaran pokok yang sesuai dengan bidang keahliannya yang ditunkang dengan materi pelajaran serta keterampilan di luar bidang keahlian.


Kegiatan belajar mengajar akan terasa kaku dan kurang menarik bila guru hanya menguasai materi pelajaran pokok saja. Hal itu menyebabkan pengalaman belajar peserta didik kurang komprehensif.

Cara pengajaran yang dilakukan guru seperti itu kurang mendapatkan respon atau umpan balik dari peserta didik. Peserta didik asyik akan cenderung enjoy dengan kegiatannya sendiri di kelas.

Pengetahuan dan pengalaman peserta didik yang beragam, menuntut guru agar berwawasan luas, punya sudut pandang yang luas, dan daya analisis yang mendalam terhadap materi pokok yang diajarkan. Oleh karena itulah guru harus menjadi seorang insan pembelajar yang tidak hanya paham materi-materi pokok, tapi juga materi penunjang dari berbagai sumber.

Tujuan puncak yang harus dicapai oleh guru dalam pengajarannya adalah bagaimana agar peserta didik dapat menguasai materi pelajaran secara tuntas. Masalah ini tetap aktual untuk diperbincangkan, sebab bagaimanapun juga keberhasilan pengajaran salah satunya ditentukan oleh sampai sejauh mana peserta didik menguasai pelajaran yang disampaikan oleh guru. Sementara itu tidak gampang untuk mencapai hal itu.

Maka dari situlah kemudian pentingnya guru menguasai materi pelajaran pokok yang dilengkapi dengan materi penunjang agar suasana belajar mengajar tidak kaku dan peserta didik bisa aktif dan antusias memberikan respon positif.
loading...
Back To Top