Selasa, 15 Agustus 2017

Hak-hak Anak dalam Islam yang harus dipenuhi Orang Tua

loading...
Anak merupakan tunas-tunas yang tumnuh sebagai tumpuan masa depan bangsa. Masa depan suatu bangsa akan hancur apabila banyak terjadi permasalahan yang menimpa anak-anak. Untuk itulah, anak-anak yang merupakan cikal bakal penopang kemajuan suatu bangsa, mendapat perhatian yang yang serius sedini mungkin. Maka dalam hal ini, Islam sebagai agama yang mengatur semua aspek kehidupan manusia, telah memberikan perhatian pada anak sejak masih di dalam kandungan.

Selain memikul kewajiban untuk berbakti kepada orang tua, anak juga mempunyai hak-hak yang pemenuhannya menjadi kewajiban orang tua. Hak anak dalam islam harus diketahui, dipahami, dan dipenuhi oleh orang tua. Seperti yang ditulis oleh Amirah dalam bukunya berjudul "Mendidik Anak di Era Digital Kunci Sukses Keluarga Muslim", inilah hak-hak anak dalam islam.

1. Hak hidup

Adanya hak hidup untuk anak dalam Islam diatur dalam firman Allah Q.S. Al-Isro’ ayat 31. Pengaturan Islam terhadap hak hidup anak terbukti dengan diharamkannya aborsi, pembunuhan anak, serta adanya penangguhan pelaksanaan hukuman pada wanita yang sedang hamil.

2. Hak Memperoleh Nama yang Baik

"Asmo kinaryo jopo", begitu adagium jawa mengatakan. Nama merupakan sebuah doa. Oleh karena itulah, dalam Islam orang tua diperintahkan untuk memberikan nama anak yang baik untuk anak.

3. Hak Mendapatkan Ibu yang Baik

Komitmen perlindungan terhadap perempuan dan anak-anak dalam Islam telah tertuang dalam Al-Qur’an. Islam memandang setiap anak Adam suci dan mulia. Banyak ayat yang menyatakan hal ini, di antaranya surat Al-Isra' ayat 70, setiap anak yang lahir dijamin kesuciannya, ia berhak mendapat pengasuhan dan pendidikan terbaik dari orang tua atau walinya.

4. Hak Penyusuan

Di antara hak dalam hal pengasuhan yang diatur dalam ajaran Islam (QS. Al-Baqarah ayat 233) adalah mendapatkan air susu Ibu (ASI) sejak lahir idealnya dua tahun penuh. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern, ternyata ASI memang terbukti sebagai makanan terbaik untuk anak di usia 2 tahun ke bawah. Tidak hanya baik bagi kesehatan dan pertumbuhan anak secara fisik, namun juga secara mental, emosional, dan spiritual.

5. Hak Pendidikan

Pendidikan yang baik merupakan hak yang harus didapatkan setiap anak. Dalam memberikan layanan Pendidikan untuk anak, maka harus disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan dan psikologisnya. Di lingkungan keluarga, pendidikan anak diarahkan dalam rangka penanaman keagamaan dan nilai-nilai karakter, misalnya pendidikan tentang shalat sebagaimana yang dianjurkan oeh Rasulullah.

6. Hak Mendapatkan Perlindungan

Islam juga meminta komitmen pemerintah dan masyarakat dalam memperhatikan hak anak yatim. Seorang anak yatim, anak yang terbuang, terlantar, korban perang dan semacamnya memiliki hak yang sama seperti anak-anak yang lain. Mengabaikan pendidikan anak merupakan dosa sosial yang berdampak sangat buruk bagi masa depan sebuah komunitas, termasuk agama dan negara itu sendiri.
loading...

0 Komentar Hak-hak Anak dalam Islam yang harus dipenuhi Orang Tua

Posting Komentar

loading...
Wikipendidikan
Back To Top