Cara dan Alur Pendaftaran CPNS 2017

Tepat pada tanggal 1 agustus kemarin, pemerintah remi membuka lowongan pendaftaran CPNS tahun 2017 hingga 31 agustus mendatang. Dengan kursi lowongan sebanyak 19.210 kursi. Jadi, buat anda yang berminat melamar jadi CPNS tahun ini, segera saja mempersiapkan diri dan kelengkapan administrasi yang dibutuhkan.


Pendafaran CPNS 2017 dilakukan secara online melalui website. Guna menghindari kesalahan entry data saat melakukan pendaftaran, pastikan anda tau bagaimana cara atau mekanisme pendaftaran CPNS 2017 yang benar. Cara melakukan pendaftaran CPNS 2017 adalah sebagai berikut:

#Pertama

Buka situs resmi sistem seleksi CPNS nasional (SSCN) yang beralamatkan di https://sscn.bkn.go.id dan klemudian pilih menu registrasi/pendaftaran.


#Kedua

Isi formulir pendaftaran dengan benar dan hati-hati. Di situ anda akan diminta mengisi form yang terdiri dari: NIK, nomor KK atau NIK kepala keluarga, alamat e-mail aktif, password akun website SSCN, dan mengisi captcha atau pertanyaan keamanan, lalu kirim.


#Ketiga

Setelah selesai mengisi formulir dengan benar, silahkan login menggunakan NIK dan password yang telah anda daftarkan. Setelah itu lengkapi biodata anda dengan benar. Kemudian pilih instansi dan jenis formasi kursi PNS yang disediakan.

#Keempat

Upload dokumen-dokumen dan kelengkapan administrasi lainnya yang dibutuhkan oleh instansi yang anda pilih. Penting diperhatikan, anda hanya bisa memilih satu formasi yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan di satu instansi dalam satu periode.

#Kelima

Setelah empat tahapan di atas anda lalui, anda akan mendapatkan dan mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2017. Selanjutnya anda harus melakukan pemberkasan sesuai persyaratan pendaftaran masing-masing instansi. Anda juga diharuskan untuk melampirkan fotokopi Kartu Pendaftaran SSCN 2017 untuk proses verifikasi.


#Keenam

Tim verifikator kemudian akan melakukan verifikasi dokumen yang anda uplod/kirim dengan berdasarkan syarat pendaftaran. Bila dinyatakan lulus seleksi administrasi, anda dapat mencetak Kartu Peserta Ujian CPNS 2017 untuk melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi dasar menggunakan computer assisted test (CAT) BKN.

Demikian itulah mekanisme atau cara atau alur pendaftaran CPNS 2017. Perlu diketahui, pendaftaran CPNS tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di mana pada tahun ini pada proses pendaftaran sudah diperjelas jabatan dan kompetensi yang dibutuhkan. Hal ini mengindikasikan bahwa pemerintah sudah melakukan pemetaan kebutuhan jabatan secara sistematis. Tertarik? Silahkan mendaftar!

0 Komentar Cara dan Alur Pendaftaran CPNS 2017

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top