5 Universitas Terbaik di Indonesia 2017 Versi Webometrics

Pada pemeringkatan universitas di Indonesia versi Webometrics tahun 2017 ini, tercatat ada 5 kampus yang menduduki posisi sebagai deretan kampus terbaik di Indonesia. Kelima kampus tersebut adalah universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada terbaik kedua, disusul oleh Institut Teknologi Bandung, selanjutnya Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Brawijaya di posisi kelima. Pemeringkatan ini berdasarkan pada penilaian Webometrics yang terdiri atas 4 indikator yakni Presence atau jumlah halaman situs web universitas tersebut yang terekam oleh search engine (Google), Visibility atau jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web kampus tersebut (inlinks) yang terekam search engine (Google) dan lain sebagainya.


Perlu diketahui bahwa Webometrics adalah sistem pemeringkatann Perguruan Tinggi se-dunia berbasis laman situs internet. Webometrics mendasarkan perangkingannya dari asumsi bahwa eksistensi dan visibilitas web perguruan tinggi dapat dijadikan sebagai indikator kinerja global sebuah universitas. Indikator tersebut mempertimbangkan hasil penelitian, komitmen pengajaran, prestise di kancah internasional, serta hubungan dengan masyarakat pada sektor industri dan ekonomi.

Tujuan dari pemeringkatan universitas oleh Webometrics ini di antaranya adalah untuk mendukung ketersediaan akses terbuka terhadap materi-materi akademik dan publikasi ilmiah seperti jurnal, makalah, dan karya ilmiah lain melalui web lembaga, dan sekaligus untuk mempromosikan laman web universitas itu sendiri.

Baca juga: Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2017


Sebagai universitas terbaik di Indonesia yang menduduki peringkat pertama, UI telah memenuhi semua persyaratan di atas. Saat ini UI tengah gencar melakukan inovasi pembelajaran dan penelitian yang berbasis ICT. Dengan memperhatikan kondisi pendidikan yang saat ini berbasis ICT, UI mengembangkan website khusus untuk mempublikasikan jurnal serta karya ilmiah lain baik nasional maupun internasional yang dapat didownload tidak hanya oleh civitas akademik UI saja, melainkan oleh semua orang.

Melalui website tersebut, UI berkomitmen untuk mempermudah dan memperluas proses transfer ilmu pengetahuan. Kampus-kampus lain bisa memanfaatkan fasilitas tersebut sebagai sarana meningkatkan kualitas lembaga demi kemajuan bangsa Indonesia.

2 Komentar 5 Universitas Terbaik di Indonesia 2017 Versi Webometrics

  1. ada ekstensi TLD .wiki lho bos klo mau pake yang ada wiki nya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, makasih infonya, baru tau saya...

      Hapus

Wikipendidikan
Back To Top