7 Tipe Mahasiswa yang Cuma Ada di Kampus Indonesia

Kampus selalu identik dengan mahasiswa dan kegiatan perkuliahan. Mahasiswa adalah sebutan bagi anak-anak yang kuliah di suatu kampus. Berbeda dengan konsep belajar mengajar di sekolah atau ketika masih berstatus siswa, kuliah menggunakan konsep pendidikan orang dewasa (andragogi), di mana para mahasiswa diasumsikan sebagai orang dewasa yang memiliki kemampuan belajar secara mandiri.

Kemandirian belajar mencakup pemilihan jurusan kuliah, keaktifan dalam kelas dan organisasi kampus, serta dalam pengerjaan tugas-tugas dari dosen. Dalam hal ini, mahasiswa lebih bebas dalam menentukan pilihan, namun dari sinilah mereka belajar tanggung jawab, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Dunia kampus merupakan dunia yang penuh warna. Salah satu yang mewarnainya adalah perbedaan tipe atau karakter para mahasiswanya. Berikut ini 7 macam karakter mahasiswa yang umum ditemui di kampus-kampus di Indonesia.

1. Mahasiswa kupu-kupu

Mahasiswa kupu-kupu adalah tipe mahasiswa yang langsung pulang setelah jam perkuliahan selesai. Kupu-kupu merupakan akronim dari "kuliah pulang kuliah pulang". Tipe mahasiswa seperti ini bisa jadi disebabkan oleh kepribadian kurang suka bergaul alias introvert, nyambi kerja part time, punya usaha sampingan di rumah, atau membantu kesibukan orang tua.

2. Kuliah nyambi kerja

Mahasiswa tipe ini bekerja sampingan di sela-sela kegiatan perkuliahan demi mencukupi kebutuhan kuliah dan kebutuhan sehari-hari. Selain karena memang punya semangat kerja yang tinggi, mahasiswa yang kuliah sambil kerja terkadang dijalani oleh mereka yang kondisi ekonomi orang tuanya pas-pasan. Selama tidak mengganggu fokus belajar, kuliah sambil kerja tidak masalah, dan justru membuat kamu belajar mandiri. Ada banyak kisah tentang mahasiswa akhirnya sukses meskipun saat kuliah mereka harus memeras keringat demi cari uang buat biaya kuliah.

3. Mahasiswa abadi


Mahasiswa abadi itu adalah dia yang teman-teman seangkatannya sudah wisuda dan nikah sama sang kekasih, tapi masih sibuk nyari judul skripsi, nyari nilai mata kuliah yang tertinggal, atau sibuk di dunia organisasi sampai lupa kuliah. Ya, mahasiswa abadi selalu ada di setiap kampus. Bukan karena kesibukan organisasi, seorang mahasiswa jadi mahasiswa abadi bisa disebabkan oleh banyak faktor.

4. Mahasiswa tukang rental

Mahasiswa tipe ini biasanya punya keahlian menyusun laporan ilmiah yang mumpuni, entah itu makalah, skripsi, artikel, dan tugas-tugas kuliah lainnya. Biasanya mereka bisa dapat banyak orderan pengerjaan tugas dari mahasiswa lain, di mana mereka akan menerima fee dari setiap tugas yang diselesaikan.

5. Mahasiswa pemalas

Mahasiswa pemalas akan selalu ada di setiap kampus di Indonesia. Mulai dari malas mengerjakan tugas, tidur saat jam kuliah, suka bolos kuliah, dan tentu saja tak jarang mereka pada akhirnya jadi mahasiswa abadi.

6. Mahasiswa aktivis

Mahasiswa aktivis adalah kebalikan dari mahasiswa kupu-kupu. Mereka hidup bak gelandangan kampus yang tidak pernah pulang ke rumah, tidur di sembarang tempat, dan kemana-mana bawa peralatan mandi. Mahasiswa aktivis adalah mereka yang aktif mengurusi organisasi intra maupun ekstra kampus. Kadang tidak cukup satu atau dua organisasi yang mereka ikuti, bisa tiga, empat dan lebih.

7. Mahasiswa apatis

Mereka kelompok mahasiswa yang cuek dengan isu-isu seputar kampus. Tidak peduli dengan organisasi maupun kebijakan kampus. Sedikit anti sosial dan terkadang religius.

Nah, itulah 7 tipe mahasiswa yang bisa kita temui di kampus-kampus di Indonesia ini. Lebih detailnya, silahkan kamu amati mahasiswa-mahasiswa yang ada di kampusmu sendiri kemudian berikan penilaianmu, termasuk tipe mahasiswa seperti apa mereka.

0 Komentar 7 Tipe Mahasiswa yang Cuma Ada di Kampus Indonesia

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top