Viral Fidget Spinner, Ternyata Mainan ini Sudah Ada Sejak 20 Tahun Lalu

Fidget spinner merupakan sebuah permainan yang saat ini sedang trend di kalangan anak-anak. Mainan ini banyak beredar di pasaran dengan harga di kisaran enam puluh ribu rupiah. Fidget spinner hadir dalam berbagai ragam warna dan hiasan yang unik dan cantik. Cara memainkannya cukup diputar dan biarkan ia terus berputar di ujung jari.

Sebetulnya, mainan ini sudah ditemukan 20 tahun yang lalu, akan tetapi baru booming akhir-akhir ini. Penemu permainan ini adalah Catherine Hettinger, seorang wanita dari Florida, Amerika Serikat.

Sejarah terciptanya permainan ini berawal ketika Catherine Hettinger terinspirasi dari peristiwa yang disaksikannya di Palestina, di mana di sana begitu banyak anak laki-laki yang melempari polisi Israel dengan batu.

Karena peristiwa itu, akhirnya ia punya ide untuk menciptakan sesuatu yang bisa digunakan untuk mengalihkan fokus perhatian anak-anak. Dan terciptalah spinner toy, sebuah permainan yang diklaim bisa menyalurkan emosi dan energi mereka. Kemudian Catherine Hettinger mematenkan permainan ciptaannya tersebut pada tahun 1997.

Ketika masa berlaku hak patennya expired pada tahun 2005 dan Catherine Hettinger tak lagi memperpanjangnya, para prusahaan mainan mengembangkan spinner toy yang saat ini dikenal dengan fidget
spinner. Hasilnya, saat ini model dan jenis fidget spinner menjadi semakin unik dan beragam.

Selain hadir dalam bentuknya yang unik dan pola-polanya yang menarik, fidget spinner banyak disukai anak-anak karena dapat mengurangi stress dan rasa jenuh saat dimainkan.


Mainan ini membuat perhatian anak terfokus pada putaran ketika mainan ini dimainka . Dengan cara kerja seperti ini, fidget spinner meredakan stress dan kebosanan pada anak dengan mengalihkan fokus pikiran pada putaran yang tercipta.

Kegiatan memutar permainan fidget spinner ini disebut dengan fidgeting, melakukan gerakan-
gerakan kecil secara berulang-ulang. Berapa penelitian menyebutkan bahea selain mampu memberikan efek menenangkan, aktifitas fidgeting juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, mempertajam daya ingat, bahkan diyakini bisa meningkatkan kreativitas.

Image credit: Tempo.co

0 Komentar Viral Fidget Spinner, Ternyata Mainan ini Sudah Ada Sejak 20 Tahun Lalu

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top