Lulus Kuliah Tak Kunjung Dapat Kerja? Lakukan 7 Hal Berikut Ini

Hidup ini penuh dengan masalah. Di masa-masa kuliah, kita dibebani dengan tugas-tugas yang menumpuk, rasanya ingin kuliah cepat selesai tepat waktu. Apakah setelah lulus kuliah lantas kita terbebas masalah? Ternyata tidak, malah semakin banyak dan kompleks masalah yang harus kita hadapi.

Mahasiswa yang semasa kuliahnya terbiasa hidup di zona nyaman dengan kondisi keuangan yang serba berkecukupan dari orang tua, biasanya akan kaget setelah lulus kuliah. Bagaimana tidak, ketika jatah uang kuliah dicabut oleh orang tua, mau tidak mau mereka musti memutar otak untuk mencukupi kebutuhan hidupnya secara mandiri.

Dengan semakin terlepasnya beban orang tua, tak heran kalau para freshgraduate berlomba-lomba cari kerja dengan berbagai macam cara. Mulai dari menghadiri job fair, cari lowongan pekerjaan di berbagai situs pencarian lowongan kerja, memanfaatkan sosial network LinkedIn, sampai sibum mencari informasi lowongan pekerjaan dari teman-teman dan saudara.

Satu hal yang pasti, rezeki setiap orang memang beda-beda. Tidak semua dari kita bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion kita. Apalagi saat ini tingkat persaingan kerja di job market sangatlah ketat karena ketersediaan lowongan kerja yang tidak sebanding dengan banyaknya pencari kerja. Kamu akan bersaing dengan ribuan pelamar kerja yang punya kualifikasi berbeda-beda.

Sudah kesana kemari cari kerja dan mengirimkan banyak lamaran kerja tapi belum juga ada panggilan kerja? Kalau kamu mengalami hal seperti itu, tak perlu khawatir dan putus asa. Inilah 5 hal yang harus kamu lakuakn.

Jadikan cari kerja sebagai prioritas utamamu saat ini


Tak ada yang instan dalam hidup ini, semuanya butuh proses dan perjuangan, termasuk mencari kerja. Sebelum mendapatkan pekerjaan, setiap orang pasti melalui masa-masa sulit mencari kerja. Melelahkan memang, tapi kamu tidak boleh putus asa. Jalani proses ini dengan sabar dan tekun. Teruslah kirimkan lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan atau tempat kerja secara rutin. Sebab semakin banyak kamu mengirimkan lamaran, tentu semakin besar pula peluangmu untuk diterima kerja.

Open terhadap banyak jenis pekerjaan


Maksudnya, kamu musti lebih membuka dirimu untuk menerima banyak jenis pekerjaan yang bahkan tidak sesuai dengan latar belakang kuliahmu. Jangan cuma mengincar satu jenis pekerjaan dan ogah melakoni pekerjaan yang lain. Kamu tak akan pernah tau pekerjaan yang mana yang bakal membawamu pada kesuksesanmu nanti.

Memperluas Jaringan pertemanan


Rezeki bisa datang dari arah mana saja, dari jalan yang mungkin sama sekali yang tak pernah kita duga sebelumnya. Kalau selama ini kamu kurang bergaul atau sedikit antisosial, mulai sekarang perluas jaringanmu. Hubungi teman, kerabat atau siapapun yang mungkin selama ini terabaikan. Siapa tau mereka bisa membantumu mendapatkan pekerjaan yang selama ini kamu cari.

Banyak mencari dan belajar hal-hal baru


Sambil menunggu dapat pekerjaan, gunakan waktumu untuk belajar hal-hal baru yang dapat meningkatkan kualitas dirimu. Tidak menutup kemungkinan bahwa bidang kerja yang bakal kamu dapatkan membutuhkan banyak keterampilan baru yang selama ini belum pernah kamu dapatkan di bangku perkuliahan. So, bijaklah dalam mengisi waktu.

Nah, itulah lima hal yang perlu kamu lakukan setelah kamu lulus kuliah namun belum juga mendapatkan pekerjaan untuk mencukupi kebutuhan hidupmu. Lulus kuliah merupakan pertanda bagi kamu untuk segera mempersiapkan diri berjuang dalam lika-liku kehidupan yang sesungguhnya. Tetap semangat dan optimis menatap masa depan dengan sejuta mimpi dan harapan beriring doa dan perjuangan.

0 Komentar Lulus Kuliah Tak Kunjung Dapat Kerja? Lakukan 7 Hal Berikut Ini

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top