Rabu, 12 Juli 2017

Cara Mempererat Hubungan Antara Anak dan Orang Tua dengan Budaya Curhat

loading...
Komunikasi adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan sebuah hubungan emosional yang berkualitas di antara dua insan manusia. Tidak hanya berlaku dalam konteks hubungan antara suami dengan istri, bos dengan karyawan, namun juga menyangkut hubungan antara orang tua dan anak. Banyak kasus di lapangan tentang ketidakharmonisan hubungan orang tua dan anak karena pola komunikasi yang tidak berjalan dengan baik antar keduanya. Padahal komunikasi yang sehat dan lancar dalam keluarga akan menciptakan suasana nyaman, bahagia, saling menghargai dan menghormati antar anggota keluarga.

Salah satu cara untuk membangun hubungan yang erat melalui komunikasi yang baik antara anak dengan orang tua adalah berusaha membiasakan anak untuk terbuka pada orang tua melalui cara meminta mereka bercerita atau curhat tentang hal-hal yang mereka alami, pikirkan, dan rasakan.


Seperti yang diungkapksn oleh Psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi. bahwa cara membangun kebiasaan saling curhat antara anak dan orang tua dapat diawali dengan saling bercerita. Orang tua bisa lebih dulu mengawali untuk bercerita, tidak harus anak dulu yang diminta cerita.

Orang tua harus cerdas dan bijak dalam proses ini. Memilih tema dan topik cerita yang terlalu berat yang hanya bisa dikonsumai orang dewasa tentu merupakan sebuah kesalahan. Pilih cerita yang sesuai dengan usia dan kemampuan daya serap otak anak. Orang tua dituntut untuk meleburkan dirinya ke dalam dunia anak

Menumbuhkan kebiasaaan komunikasi sehat dan terbuka dengan saling curhat bisa dimulai sedini mungkin, sejak anak sudah nyambung diajak komunikasi.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan kehidupan sosial anak semakin luas. Memasuki usia remaja, ada banyak pengalaman dan perubahan baru yang dialaminya. Pada fase inilah anak mulai mengenal hal-hal seperti asmara, seksualitas, dan sebagainya yang kesemuanya itu memunculkan kekhawatiran dalam benak orang tua. Burukny komunikasi antar anak dan orang tua pada usia remaja merupakan faktor yang memicu lahirnya kenakalan remaja.
loading...

0 Komentar Cara Mempererat Hubungan Antara Anak dan Orang Tua dengan Budaya Curhat

Posting Komentar

loading...
Wikipendidikan
Back To Top