Wikipendidikan

Portal Pendidikan Indonesia

Jumat, 07 Juli 2017

Yuk, Jadi Lebih Produktif dengan Belajar Bahasa Baru

loading...
Mempelajari bahasa baru merupakan salah satu cara untuk membuat diri kita jadi lebih keren dan produktif di era millenial seperti saat ini. Sebagai generasi millenial, kita dituntut untuk tidak hanya menguasai satu bahasa saja, melainkan harus menguasasi beberapa bahasa di dunia agar dapat ikut berkompetisi dalam persaingan global di berbagai bidang.

Dengan penguasaan berbagai bahasa, akan membuat diri kita lebih punya branding dan marketable, terlebih dalam dunia kerja modern yang melibatkan komunikasi dan interaksi dengan beragam bahasa.


Bagi sebagian orang, mempelajari bahasa baru bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena menemukan berbagai hambatan. Sebagaimana dikutip kompas.com dari Language learning portal, berikut ini beberapa kiat praktis yang bisa kamu terapkan agar bisa sukses belajar bahasa baru.

Ketika kamu telah memutuskan untuk belajar bahasa baru, mulailah dan buatlah komitmen yang kuat untuk belajar. Usahakan untuk membuat jadwal belajar dan berlatih setiap harinya dan lakukan secara konsisten.

Banyak sarana yang bisa kamu lakukan untuk memudahkan kamu belajar bahasa baru, seperti menulis teks dalam bahasa tersebut, berlatih speaking secara mandiri, menggunakan media film dan lain sebagainya. Prioritaskan setidaknya satu jam setiap hari untuk berlatih. Dengan begitu, kemampuan bahasa baru kamu bisa terus meningkat dari hari ke hari.

Salah satu faktor terbesar yang menghambat kamu dalam menguasai bahasa baru adalah ketakutanmu untuk membuat kesalahan. Maka dari itulah kamu tidak perlu takut untuk belajar bahasa baru. Lakukan dengan enjoy dan menyenangkan. Asumsikan diri kamu seperti gelas kosong yang belum bisa apa-apa dan layaknya seorang anak kecil yang masih sangat wajar bila melakukan banyak kesalahan.

Ketika kamu bisa cuek dengan rasa takut melakukan kesalahan, maka pikiran kamu akan bisa fokus pada perbaikan kualitas diri dalam menguasai apa yang kamu pelajari dari waktu ke waktu.

Fokuslah dalam mempelajari dan memahami kosakata-kosakata inti. Maksudnya, tidak semua kosakata dalam suati bahasa harus kamu kuasai dan hafalkan. Memang tidak ada salahnya menguasai seluruhnya, namun dalam belajar, prioritaskan untuk menguasai kosakata inti/penting lebih dahulu.

Prioritaskan untuk menguasai kosakata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal ini merupakan modal dasar yang kamu perluka  untuk menguasai bahasa baru yang sedang kamu pelajari.

Manfaatkan media teknologi untuk menunjang sarana belajarmu. Saat ini banyak sekali aplikasi android dalam kategori bahasa dan pendidikan yang bisa kamu instal secara gratis di ponsel kamu untuk memudahkanmu menpelajari bahasa asing.

Sebagaimana ilmu tidak bermanfaat bila tidak diamalkan, maka mempelajari bahasa baru rasanya akan sia-sia bila tidak dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu harus banyak berlatih mengaplikasin kosakata bahasa baru yang kamu pelajari dalam kehidupab sehari-hari. Tentunya itu tergantung orientasi dan minat kamu, untuk tujuan utama apa kamu belajar bahasa baru tersebut. Kamu bisa berlatih menulis dengan bahasa baru yang telah kamu pelajari bila prioritas utamamu dalam peningkatan skill writing atau kamu bisa ngobrol dengan bahasa baru kamu setiap hari dengan orang-orang terdekatmu sebagai cara praktik mengasah kemampuan bahasa barumu.
loading...
Back To Top