Kota Tua Jakarta Bakal Jadi Saksi ASEAN Literary Festival 2017

Bertepatan dengan perayaan 50 tahun ASEAN, akan digelar ASEAN Literary Festival 2017, sebuah pergelaran sastra tingkat ASEAN di kawasan Kota Tua, Jakarta, pada 3-6 Agustus 2017 mendatang. Selama tanggal itu, Kota Tua Jakarta akan kedatangan tamu-tamu agung yang berprofesi sebagai penulis, akademisi, serta artis dari 10 negara ASEAN dalam rangka mengikuti ASEAN Literary Festival 2017.

Selain yang hadir dari negara-negara ASEAN, rencananya akan hadir pula partisipan dari 20 negara. Tahun ini, Festival Sastra Asean bertemakan "Beyond Imagination", kata Okky Madasari, salah satu founder dan direktur program ASEAN Festival Literary. Okky juga menambahkan bahwa ALF telah membuat budaya dan sastra menjadi bagian dari elemen penting dari organisasi ASEAN selama kurun waktu tiga tahun tetakhir.


"Hanya budaya dan sastra yang benar-benar dapat menyatukan kita; ekonomi dan politik hanyalah slogan-slogan dari komunitas ASEAN, hanya sebatas ilusi dan retorika belaka", kata Okky.

Kebebasan berekspresi dipilih sebagai masalah utama yang akan dibahas di ALF 2017, yang meliputi topik radikalisme, terorisme dan peran media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa program Pra-acara yang akan diadakan sebelum ALF 2017, termasuk di antaranya sastra masuk kampung dan jambore nasional sastra.

Diskusi akan difokuskan pada masalah penganiayaan Rohingya di Burma (Myanmar), munculnya ekstremisme Islam di Asia Tenggara, dan kerusakan kebebasan berekspresi.

Misi utama dari ALF adalah memperkuat hubungan antara negara-negara ASEAN, yang telah ribuan tahun berbagi budaya dan sejarah yang mendahului modernitas.

Sebagai contoh, pada 2016, ALF menampilkan pidato utama dari pemenang Nobel dan mantan presiden Timor-Leste Jose Ramos-Horta.

"Menjadi bagian dari komunitas berarti bahwa kita harus saling tahu satu sama lain", kata Okky. Ia juga menambahkan bahwa dia berharap di masa yang akan datang Festival sastra ini dapat diadakan di negara ASEAN lainnya.

0 Komentar Kota Tua Jakarta Bakal Jadi Saksi ASEAN Literary Festival 2017

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top