Wikipendidikan

Portal Pendidikan Indonesia

Rabu, 28 Juni 2017

Tantangan Mencerdaskan Anak Bangsa Makin Berat, Api Semangat Guru Tak Boleh Padam

loading...
Pembelajaran Tahun 2016/2017 sudah berakhir. Banyak hal yang terjadi dalam dunia pendidikan dalam beberapa tahun ke belakang mulai dari permasalahan guru yang dipenjara yang katanya kasus HAM, tindak kriminalitas yang dilakukan murid, Guru honorer yang menuntut Haknya, penyalahgunaan anggaran Bantuan Operasional Siswa (BOS), keterlambatan pembayaran tunjangan profesi pendidik, sampai dengan yang sedang hangat adalah pemberlakuan tugas mengajar 8 jam sehari atau yang sering kita sebut Full Day School (FDS). Silih berganti permasalahan itu muncul ke permukaan melalui media masa hingga aplikasi media sosial dan banyak terjadi perdebatan tentang masalah yang ada. Namun permasalahan diatas hingga detik ini belum juga terselesaikan.

Para sahabat guru yang saya cintai. Profesi kita adalah profesi yang mulia. Sungguh berat tantangan yang kita hadapi sekarang demi mencerdasakan anak bangsa dalam rangka memanusiakan manusia. Namun yang harus kita jaga adalah Interest atau minat kita terhadap profesi ini. Jangan kita larut terhadap permasalahan yang ada sehingga kita kehilangan gairah demi mencapai tujuan yang mulia ini. Sering kita berkeluh kesah tanpa banyak kita ketahui rekan kita di daerah terpencil mengalami cobaan yang begitu berat. Mereka melalui medan yang tidak memungkinkan hanya untuk sampai ke sekolah. Sarana dan prasarana yang tidak memadai dalam menunjang kegiatan belajar mengajar

Bercermin dari itu marilah kita yang berada pada tempat yang memungkinkan tumbuhkan gairah itu kembali. Dekati murid-murid, tempatkan mereka sebagai subjek pendidikan. Gali potensi mereka dengan maksimal, cetak mereka sebagai manusia yang memiliki Intelektualitas tinggi yang berlandaskan IMTAQ. Manfaatkan tunjangan Profesi dengan tepat guna untuk mendukung profesi kita. Dan bagi penyelenggara pendidikan gunakan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan sebaik-baiknya mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pelaporan sehingga dapat terarah dan tepat sasaran.

Bagi orang tua murid percayakan pada pihak sekolah dan bimbing anak kita di rumah karena mereka adalah titipan yang diberikan Allah SWT kepada kita. Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, Kecuali orang yang beriman dan orang-orang yang yang mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat dan menasehati supaya menetapi kesabaran. (Q.S. AL-‘ASR AYAT 1-3)


Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Semoga kita selalu berada di Jalan Allah SWT sehingga Profesi yang kita emban ini dapat bermanfaat bagi umat dan akan berbuah amal walaupun kita telah tiada.Aamiin.. wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Penulis : Moch. Hari Riyadi B, S.Pd
Guru SD Islam Al Azhar 3 Cirebon
loading...
Back To Top