Minggu, 11 Juni 2017

Pendekatan Pembelajaran Interdisipliner

Pendekatan Pembelajaran interdisipliner adalah salah satu jenis pendekatan pembelajaran yang menekankan pentingnya keterhubungan antara disiplin ilmu tradisional yang serumpun seperti matematika, sains, sejarah, dan seni bahasa. Dalam istilah lain, pendekatan pembelajaran interdisipliner adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan beberapa disiplin ilmu sekaligus (yang serumpun) secara bersamaan agar menghasilkan perspektif yang lebih luas dan menyeluruh dalam memahami sesuatu atau memecahkan masalah.

Ketika pembelajaran diorganisir pada seputar tema, masalah, atau isu tertentu, siswa mencari pengetahuan dan keterampilan dari berbagai disiplin ilmu untuk memberikan pemahaman yang lebih luas dan lebih kompleks mengenai topik yang mereka pelajari.


Bila dilakukan dengan baik, pendekatan pembelajaran interdisipliner memiliki kelebihan seperti menghilangkan fragmentasi dan pola pembelajaran keterampilan yang terisolasi. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengakses tema tertentu dari titik masuk yang berbeda-beda karena mereka bekerja dengan berbagai sumber informasi dan perspektif.

Selain itu, pendekatan pembelajaran interdisipliner juga memungkinkan guru untuk memvariasikan pengajaran dengan lebih baik dan menciptakan metode penilaian yang lebih kaya dan menarik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengajaran interdisipliner dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta tingkat keterlibatan aktif mereka dalam proses pembelajaran.

Ketika siswa berpartisipasi dalam pembelajaran interdisipliner, mereka mengenali nilai dari apa yang mereka pelajari dan menjadi lebih terlibat aktif di dalamnya.

Lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa siswa belajar lebih banyak hal saat mereka menerapkan beragam keterampilan dan bidang keilmuan terhadap apa yang mereka pelajari, seperti saat mereka berinteraksi dengan teman sekelas, guru, dan anggota masyarakat.

Pendekatan pembelajaran interdisipliner sebagai pendekatan terbaik untuk memahami prinsip-prinsip yang dapat membantu siswa menentukan hidup yang berkelanjutan di masa depan.
Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top