6 Cara Mencegah Serangan Ransomware pada Komputer Anda

Serangan cyber besar-besaran, yang diidentifikasi sebagai WannaCry, terjadi di seluruh dunia pada hari Jumat. Serangan ini muncul sebagai ransomware, sebuah aktivitas saat hacker mengenkripsi data atau mengunci sistem di komputer dan meminta sejumlah uang untuk membuka data, serangan tersebut dianggap cyber terrorism.

Menurut informasi yang dikeluarkan Kementerian Komunikasi dan Informatika pada hari Sabtu, WannaCry juga menyerang dua rumah sakit di Indonesia, Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.


Dirjen aplikasi informatika Kementerian Perindustrian Semuel A Pangerapan mengatakan bahwa masyarakat perlu tetap tenang. Namun, pengguna komputer dapat melakukan langkah-langkah pencegahan seperti yang disarankan oleh situs No More Ransom (https://www.nomoreransom.org/prevention-advice.html):

1. Putuskan koneksi dari internet

Jika ada proses mencurigakan yang sedang berlangsung di komputer, disarankan untuk melepaskan mesin dari internet dengan mematikan koneksi Wi-Fi atau mencabut kabel LAN. Langkah ini dikatakan mencegah malware menyebar.

2. Perbarui keamanan Windows

Instal versi terbaru dari sistem operasi (OS) atau aplikasi Anda.

3. Back-up data anda

Penting untuk memiliki sistem pemulihan file. Situs web No More Ransom menyarankan untuk membuat dua salinan cadangan: data awan dan penyimpanan offline, seperti hard drive atau USB.

4. Instal perangkat lunak anti-virus dan anti-ransomware

Untuk melindungi perangkat Anda dari ransomware, disarankan untuk menginstal perangkat lunak anti-virus dan anti-ransomware. Pastikan untuk sering mengupdate software.

5. Jangan klik link mencurigakan atau lampiran

Jangan klik tautan atau buka lampiran dari pengirim yang tidak dikenal karena mungkin berisi perangkat lunak jahat. Selanjutnya, hati-hati dengan notifikasi email dari toko online, bank, atau lainnya, karena hacker sering mengirim email palsu untuk menarik penerima agar mengklik link atau membuka attachment.

6. Aktifkan opsi "show file extensions"

Opsi "show file extensions" membantu Anda untuk mengidentifikasi file palsu, seperti 'exe,' 'vbs' dan 'scr'.

Sumber informasi dan ilustrasi dari thejakartapost.com
Bagikan artikel via

facebook twitter gplus email

0 Response to 6 Cara Mencegah Serangan Ransomware pada Komputer Anda

Posting Komentar