Minggu, 28 Mei 2017

Tips Manajemen Waktu Efektif untuk Mahasiswa yang Super Sibuk

Sebagai mahasiswa, sangat penting untuk mengelola waktu secara terorganisir sehingga kamu bisa mengatur tugas, kuliah, dan bahkan bekerja paruh waktu dengan mudah. Peralihan dari sekolah menengah ke perguruan tinggi bisa menjadi sesuatu yang menakutkan bagi beberapa siswa karena mereka mendapatkan lebih banyak waktu di luar jam perkuliahan, tapi waktu pengerjaan tugas bisa memakan waktu lebih banyak. Untuk menghindari stres karena dikejar-kejar deadline, solusi terbaik adalah mengelola waktu dengan baik sehingga kamu dapat menikmati kuliah.

shutterstock.com
Berikut adalah beberapa tips manajemen waktu yang dapat membantu kamu mengikuti segala hal dalam dunia kampus dan masih menyisakan waktu yang cukup untuk liburan atau menikmati hobi seperti futsal.

Membuat jadwal rutinitas

Membuat daftar kegiatan yang harus kamu lakukan bisa sangat membantumu dalam mengelola waktu, baik di sekolah, kuliah, maupun dalam karir profesional kamu. Kamu bisa membuatnya secara online atau menggunakan pena dan kertas tradisional. Pilihan yang bagus adalah menggunakan kertas warna-warni yang lengket dan membawanya ke dalam kelas. Kamu bisa melepaskan satu per saru daftar tugas kamu dan memasukkannya ke meja belajar kamu sesampainya di rumah. Dengan cara ini, kamu akan tahu apa yang perlu dilakukan dan bisa memprioritaskan tugas yang seharusnya diprioritaskan.

Ingatlah untuk tidak membuat jadwal kegiatan terlalu banyak untuk satu hari. Selalu buat daftar yang memungkinkan kamu menyelesaikan tugas kamu, bahkan jika terjadi keadaan darurat seperti sakit.

Atur Beberapa Waktu Perencanaan

Pada awal semester, baca silabus atau setiap kontrak kuliahkamu dan buat daftar kapan semua tugas kamu jatuh tempo, catatlah tenggat waktu, tanggal ujian, dll. kamu bisa menggunakan satu lembar kalender besar untuk hal ini.Untuk tugas mingguan, sisihkan 20-30 menit di awal setiap minggu dan tuliskan di kalender kamu.

Memanfaatkan waktu luang secara efektif

Kamu dapat menggunakan waktu luang di sela-sela jam perkuliahan untuk meninjau catatan kuliah untuk membantu mengingat informasi, meninjau tugas yang akan datang, atau memulai mengerjakan tugas. Dan jika kamu memiliki sekitar satu jam di antara jam perkuliahan selanjutnya, gunakanlah untuk mengunjungi perpustakaan dan mengumpulkan materi yang diperlukan untuk tugas kamu.

Minimalkan gangguan untuk memaksimalkan waktu kamu

Kehidupan kampus akan penuh dengan gangguan dalam bentuk teman yang ngajak ngopi atau hanya ingin ngobrol dengan kamu, di mana pasti sulit bagimu untuk menolaknya. Godaan untuk tidak mengikuti mata kuliah selalu datang. Jika kamu telah merencanakan untuk menyelesaikan tugas penting, katakan tidak pada teman kamuyang mengajak kamu untuk sekedar cari hiburan atau membolos.

Penundaan dan Manajemen Waktu

Menunda-nunda bisa menjadi penghalang besar dalam menyelesaikan pekerjaan.Mungkin kamumerasa terlalu lelah, kamu ingin menonton TV, atau kamu tidak bisa berkonsentrasi. Terlalu lelah? Tidur sebentar atau mandi air panas akan membantu kamu merasa diremajakan dalam waktu singkat. Berjalan-jalanlah dan udara segar akan membuat kamu kembali dalam kondisi siap beraktifitas kembali.

Bagilah tugas panjang dan sulit ke dalam sub-sub tugas dan tetapkan tonggang waktu yang membantu kamu menyelesaikan tugas tanpa merasa stres. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi penundaan adalah memikirkan hasil akhir dari tugasmu.

Pelajari Teknik Belajar yang Efektif

Jam berapa kamu paling produktif untuk belajar? Entah itu pagi atau malam hari, mulailah menggunakan waktu ini untuk belajar atau cukup memanfaatkan waktu saat lingkungan kamu paling tenang.

Dengan meninjau dan merevisi catatan kuliah, kamu akan menghemat waktu belajar selama ujian. Bersiaplah untuk mengajukan pertanyaan selama kuliah dan berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas.
Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top