7 Cara Agar Bisa Menabung Secara Rutin yang Terbukti Berhasil

Wikipendidikan - Menabung secara rutin sangat penting bagi kita sebagai bentuk ikhtiar dalam mengantisipasi berbagai kebutuhan yang semakin kompleks dan tak terduga di masa depan. Maka dari itulah, bapak dan ibu guru kita di sekolah sering memotivasi kita agar belajar menabung mulai sejak dini. Menabung adalah salah satu cara untuk mendisiplinkan diri agar tidak mudah menghabiskan uang seenaknya. Meskipun awalnya berat dilakukan, tapi kalau kita kuat, buah manisnya akan kita petik di masa depan.

Bisa menabung secara rutin merupakan keinginan setiap orang. Akan tetapi banyak yang selalu merasa kesulitan dalam melakukannya. Meskipun pendapatan cukup besar, masih banyak dari mereka yang kesulitan menabung secara rutin. Sudah berusaha menyisihkan sebagian uang untuk ditabung dari keseluruhan gaji, tapi selalu saja gagal karena akhirnya uang itu terpakai, dan lagi-lagi kita gagal menabung.


Menabung secara rutin adalah tantangan yang cukup berat bagi setiap orang. Ada orang yang penghasilannya tiap bulan cukup besar, akan tetapi kesulitan untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Sebaliknya, ada orang yang penghasilannya tiap bulan relatif kecil tapi mampu menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung.

Maka dari itulah, harap baca sampai selesai artikel tentang 7 Cara Agar Bisa Menabung Secara Rutin yang Terbukti Berhasil bila ada niatan dan tekad dari diri kita untuk mempraktikkannya berikut ini.

1. Bersegeralah menabung setelah menerima gaji

Salah satu faktor yang menyebabkan kita gagal menabung secara rutin adalah karena kita tidak kunjung menyisihkan sebagian gaji setelah kita menerimanya. Kita suka menunda-nunda. Sampai kita tidak sadar ternyata uang kita keburu habis sebelum kita sempat menyisihkannya sebagian untuk ditabung. Segera menabung setelah menerima uang adalah cara menghindarkan diri dari budaya menunda-nunda menabung dan menempatkannya sebagai sebuah prioritas dalam hidup.

2. Buatlah rekening khusus untuk tabungan dan tidak usah membuat ATM

Menabung akan efektif bila kita menyediakan rekening khusus sebagai tabungan. Jangan mencampuradukkannya dengan rekening yang digunakan untuk keperluan hidup sehari-hari. Kalau dicampur, kita tidak akan tau berapa jumlah tabungan kita karena bercampur dengan uang lain. Tidak membuat ATM untuk rekening tabungan kita berguna agar kita tidak mudah mengambil tabungan kita, sehingga menghindarkan diri untuk menggunakan uang yang sudah susah payah kita tabung.

Selain membuat rekening, kita bisa membeli 'celengan' dari tanah liat yang bentuknya menyerupai aneka macam hewan dengan ukuran yang besar, misalnya gajah atau singa, biar kita tidak mudah memecahnya.

3. Tentukan berapa jumlah uang yang ingin ditabung

Berdasarkan penghasilan yang kita peroleh saat ini, tentukan berapa jumlah tabungan yang sewajarnya bisa kita lakukan. Angka 10% adalah jumlah minimal untuk ditabung. Artinya, kita harus menyisihkan sejumlah itu untuk ditabung. Buat yang masih belum berkeluarga, pengeluarannya tidak cukup besar. Angka persentase minimum untuk ditabung bisa ditingkatkan sampai 30% atau 40% dari seluruh gaji. Dengan sisa 60% dari gaji, masih bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari dan sedikit hiburan.

Dalam hal perencanaan keuangan pribadi, tentukan dan catatlah budget untuk tabungan dan lakukan secara konsisten. Hal ini merupakan salah satu cara membuat masa muda tidak terbuang sia-sia dengan pola dan gaya hidup yang serba tidak teratur.

Tak ada salahnya pula kita mencoba rumus 1234 dalam menabung, yaitu 10% untuk sedekah, 20% ditabung, 30% untuk investasi dan pengembangan diri, dan 40% untuk konsumsi dan kebutuhan sehari-hari.

4. Anggaplah tabungan kita sebagai bagian dari pengeluaran dan jangan mengingatnya

Setelah kita menentukan sejumlah uang untuk ditabung setiap minggu atau bulan, anggaplah jumlah itu sebagai pengeluaran wajib mingguan/bulanan. Setelah itu, lupakan. Mengganggap tabungan sebagai pengeluaran bisa membuat kita melakukan hal itu secara tertib dan rutin sebagai suatu kewajiban. Dengan melupakan bahwa kita telah menabung, akan menghindarkan diri kita dari berpikir bahwa ada kelebihan uang yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain.

5. Aturlah budget bulanan dan tabung setiap ada kelebihan/sisa uang di akhir bulan

Bila kita sudah membuat draft budget bulanan, maka di akhir bulan, periksalah budget itu. Kalau ada kelebihan uang, simpan kelebihan itu sebagai tabungan tambahan bulanan. Catat ya, hanya sebagai tabungan tambahan, bukan berarti bahwa yang harus kita tabung selalu uang sisa dari budget di akhir bulan.

6. Jangan menabung dengan mengandalkan uang sisa belanja berbagai keperluan

Kesalahan yang dilakukan sebagian besar orang dalam menabung adalah mengandalkan uang yang tersisa dari pemakaian untuk ditabung, itu pun jika masih sisa. Percayalah, bila seperti itu caranya, tidak akan pernah ada sisa uang yang bisa kita tabung, dan kita pun tak akan pernah mulai menabung. Kalaupun ada sisa, jumlahnya sangat kecil dan tidak sebanding dengan persentase penghasilan yang kita terima.

7. Tingkatkan terus persentase uang yang akan ditabung secara bertahap

Setelah kita sukses membiasakan pola menabung secara rutin, maka langkah selanjutnya tingkatkan terus nilai persentase penghasilan yang harus kita tabung. Misalnya mulai dari 10% ke 20%, 30% dan seterusnya. Cara ini efektif untuk memperbesar jumlah uang yang bisa kita tabung dan sekalgus membuat kita lebih hemat.

***

Demikianlah cara agar bisa menabung secara rutin yang terbukti efektif bila kita mau mempraktikkannya dengan sungguh-sungguh. Seberapa banyak pun tips menabung yang kita baca dan pelajari, tapi kalau tidak dipraktikkan ya sia-sia. Bukankah ilmu yang tidak diamalkan laksana pohon yang tak berbuah? Selamat menabung dan semoga istiqomah.

Diolah dari sumber: muhammadnoer.com

0 Komentar 7 Cara Agar Bisa Menabung Secara Rutin yang Terbukti Berhasil

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top