Kamis, 04 Mei 2017

3 Cara Membuat Diskusi Kelas Jadi Lebih Menarik Perhatian Siswa

Wikipendidikan.com - Diskusi kelas telah menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pengajaran sejak zaman Socrates hingga zaman sekarang. Tentunya, telah banyak belajar dan terlibat dalam diskusi saat jadi siswa atau mahasiswa. Ada suasana diskusi yang membosankan, sisanya sangat menyenangkan hingga kita merasa sedih ketika diskusi harus berakhir. Agar diskusi kelas jadi lebih menarik perhatian siswa dan menyenangkan, guru perlu memainkan kreatifitasnya dengan menerapkan beberapa teknik yang akan diuraikan di bawah ini.

diskusi kelas, diskusi kelompok, pengelolaan kelas

Substansi utama dari penerapan metode diskusi dalam proses pembelajaran di kelas adalah terjadinya peningkatan keaktifan dan partisipasi siswa. Siswa bukanlah gelas kosong yang diharuskan hanya diam dan memperhatikan apa yang disampaikan guru. Mereka perlu menjadi peserta aktif dalam proses pembelajaran melalui sebuah diskusi yang hebat dan menyenangkan.


Diskusi yang baik akan membuat semua siswa tetap aktif, baik dengan cara berbagi atau bertukar pikiran. Bahkan siswa yang biasanya pasif untuk berkontribusi dalam kelas, masih bisa berpartisipasi dengan cara lain. Hal ini merupakan bagian dari keterampilan guru dalam melakukan pengelolaan kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif.

Berikut adalah 3 cara favorit untuk merancang diskusi kelas yang menarik.

#1. Teknik wawancara tokoh

Di antara cara membuat diskusi yang menyenangkan adalah dengan membahas seorang tokoh terkenal atau karakter fiktif terkait dengan materi yang sedang dipelajari. Misalnya memilih Sigmun Freud untuk tokoh psikologi, Plato dan Aristoteles untuk tokoh dalam materi filsafat klasik, dan seterusnya.

Bagilah kelas menjadi dua atau tiga kelompok, dan mintalah masing-masing kelompok mengajukan tiga sampai lima pertanyaan yang ingin mereka ajukan kepada tokoh itu dalam gaya wawancara. Semua anggota kelompok harus menyetujui semua pertanyaan.

Setiap kelompok kemudian menyampaikan pertanyaan mereka ke kelompok lain sehingga semua kelompok memiliki pertanyaan dari kelompok lain. Setiap kelompok kemudian memiliki tugas untuk menjawab satu pertanyaan secara tertulis, dengan kesepakatan penuh, dan dengan cara yang mereka bayangkan, orang tersebut mungkin akan menjawabnya.

Pastikan semua pertanyaan dijawab. Kemudian mintalah setiap kelompok untuk membagikan pertanyaan dan jawaban yang mereka terima.

#2. Melibatkan banyak siswa untuk menjawab setiap pertanyaan

Pertahankan pembahasan pada setiap pertanyaan dalam waktu yang lebih lama dengan melibatkan lebih banyak siswa dalam diskusi. Ketika siswa pertama menjawab sebuah pertanyaan, tanyakan kepada siswa lain apakah dia setuju atau tidak setuju dengan jawaban itu. Kemudian mintalah siswa lain, dan teruskan sampai setidaknya lima siswa telah mengikuti setiap pertanyaan.

#3. Group answer

Kita dapat memadukan dua teknik diskusi yang umum digunakan untuk menciptakan suasana diskusi yang melibatkan semua siswa pada saat bersamaan. Salah satu caranya adalah dengan membentuk kelompok kecil yang terdiri dari sekitar tiga siswa.

Ketika guru mengajukan pertanyaan diskusi, setiap kelompok diminta membuat diskusi kecil dalam kelompoknya tentang untuk menghasilkan sebuah jawaban.

Metode ini cocok digunakan untuk menjawab pertanyaan yang kompleks atau sulit. Gunakan kartu-kartu kecil untuk mengidentifikasi masing-masing kelompok. Setelah memberi cukup waktu bagi setiap kelompok untuk menemukan dan mengembangkan jawabannya, pilih kartu secara acak dan biarkan kelompok tersebut memberikan jawaban mereka. Anda dapat memilih lebih dari satu kelompok untuk memberikan jawaban dari setiap pertanyaan.

Selain tiga cara di atas, satu hal yang tak kalah penting tentang cara membuat diskusi kelas yang baik dan menyenangkan adalah dengan memastikan guru untuk mengulang jawaban siswa jika ada siswa lain yang tidak mendengarnya dengan jelas.

Demikianlah 3 Cara Membuat Diskusi Kelas Jadi Lebih Menarik Perhatian Siswa yang bisa dicoba oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas.

Diolah dari edutopia.org

0 Komentar 3 Cara Membuat Diskusi Kelas Jadi Lebih Menarik Perhatian Siswa

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top