5 Ide Bisnis Online Modal Kecil Terbaik untuk Guru Honorer

Wikipendidikan - Melihat kegelisahan dan mirisnya nasib para guru honorer di negeri ini dengan gaji bulanannya tidak cukup untuk sekedar beli peralatan mandi, maka mencari ide usaha sampingan adalah alternatif terbaik sebagai solusi mengatasi masalah tersebut. Sebenarnya ada banyak sekali ide bisnis sampingan yang bisa dikelola oleh guru honorer di sela-sela kesibukannya memenuhi jam mengajar di sekolah, salah satunya adalah bisnis online.

Baca juga: Gagal Jadi Guru, Wanita ini Malah Sukses Jadi Pengusaha Garmen Kelas Internasional

Dengan semakin mudah dan murahnya akses internet, terjun di dunia bisnis online merupakan cara terbaik bagi guru honorer untuk mendapatkan penghasilan tambahan (bahkan penghasilan tetap). Bagaimana dengan modalnya? Tak perlu merisaukan masalah modal. Banyak bisnis online yang bisa dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal. Kuncinya adalah semangat untuk terus belajar, tidak mudah putus asa sebelum mencapai tujuan, dan fokus serta konsisten diiringi doa kepada Tuhan.


Berikut ini daftar 5 jenis bisnis online terbaik yang menurut saya paling cocok untuk ditekuni para guru honorer.

1. Google Adsense

Mungkin selama ini orang hanya tau bahwa google adalah mesin pencari informasi di internet. Tak banyak orang yang tau bahwa, sebagai perusahaan raksasa internet dunia, google memiliki banyak sekali fitur gratis yang bisa kita manfaatkan, mulai dari layanan email, penyimpanan file online di google drive, termasuk google adsense.

Apa itu google adsense? Google adsense adalah salah satu layanan google dalam bidang periklanan online. Cara mendapatkan uang dari bisnis online google adsense adalah dengan mendaftarkan diri sebagai publisher/penayang iklan adsense.

Kita akan mendapatkan bayaran dari setiap klik iklan (bayar per klik) yang tampil di blog, video youtube, atau aplikasi android yang kita miliki. Jadi, agar bisa menjadi publisher iklan adsense, kita harus punya blog, channel youtube+video, atau aplikasi android yang kita unggah di playstore. Tinggal sesuaikan saja dengan passion kita, mana yang sekiranya lebih cocok untuk kita.

Cara mendapatkan uang dari internet dengan google adsense secara lebih lengkap bisa anda pelajari di situs juragancipir.com, strukturkode.blogspot.com, sugeng.id, forum ads.id, klikmania.net, dan masih banyak lagi referensi lain di internet. Silahkan baca dan pelajari secara seksama. Pemilik situs-situs yang saya sebutkan di atas adalah orang-orang yang sudah banyak pengalaman dalam dunia bisnis online, terutama google adsense.

2. Jadi penulis artikel website

Menulis merupakan keterampilan dasar berbahasa yang seharusnya dikuasai oleh setiap pendidik. Sayangnya, di Indonesia belum banyak guru yang produktif menulis. Padahal, dengan kemampuan menulis yang baik, banyak peluang dan manfaat positif yang bisa kita ambil.

Jadi penulis di website adalah salah satu cara mendapatkan uang lewat internet. Dalam hal ini, anda bisa membuka jasa content writer atau jadi penulis di website yang membayar setiap artikel dari membernya seperti babe, ucnews, seword.com, dan lainnya.

3. Jualan produk di marketplace

Maeketplace pada dasarnya sama seperti mall. Bedanya, marketplace adalah mall di dunia maya. Contoh marketplace terbesar di Indonesia adalah bukalapak dan tokopedia.

Agar bisa jualan di marketplace, pastikan anda punya produk untuk dijual. Bila belum punya produk, anda bisa kerjasama dengan supplier (sistem dropship) barang/produk tertentu dan menjualnya kembali di marketplace dengan harga yang lebih tinggi.

Pada prinsipnya, jualan di marketplace sama seperti kita jualan barang dengan menyewa sebuah ruko. Untuk belajar lebih lanjut tentang bisnis online jenis ini, anda bisa mengunjungi website panduanim.com dan juga rocketmanajemen.com sebagai referensi sumber belajar.

4. Bisnis online lewat sosial media

Trend bisnis online lewat media sosial semakin trend saat ini. Facebook, instagram, twitter, BBM, dan juga whatsApp bisa menjadi media yang bagus untuk menjual produk secara online. Keuntungan jualan di media sosial salah satunya kita tidak perlu keahlian khusus seperti harus mahir pemrograman atau sejenisnya.

Kunci utamanya adalah kemampuan copywriting. Apa itu? Yaitu kemampuan untuk mengolah kata-kata maupun visual yang persuasif sehingga orang jadi tertarik untuk melakukan transaksi pembelian atas produk yang kita tawarkan. Intinya, kita musti belajar jadi sales. Kalau sales di dunia nyata mengandalkan bahasa lisan, kita lebih mengandalkan bahasa tulisan dan desain visual. Banyak referensi mengenai teknik copywriting di internet, silahkan googling.

5. Bisniss Afiliasi

Bisnis afiliasi itu seperti kita jadi perantara yang membantu menjualkan produk milik orang lain. Bila kita berhasil menjualkannya, maka kita akan dapat komisi sesuai kesepakatan yang telah ditentukan.

Orang yang telah sukses dalam bisnis afiliasi, bisa mendapatkan ratusan juta tiap bulan. Cara memulai bisnis online afiliasi ini adalah dengan cara mendaftarkan diri di website yang menyediakan afiliasi untuk produk mereka seperti amazon.com. Setelah berhasil daftar, kita akan mendapatkan link khusus yang harus kita sebarluaskan entah ke media sosial atau blog pribadi yang kita miliki.

Bila ada orang yang membeli produk melalui link afiliasi milik kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

Kesimpulan

5 ide bisnis online di atas menurut saya paling cocok untuk ditekuni oleh guru honorer guna mendapatkan penghasilan lewat internet. Di samping tidak terlalu banyak membutuhkan keahlian khusus yang rumit seperti Trading Forex, juga tidak membutuhkan modal yang besar.

Sudah saatnya kita jadi guru honorer yang cerdas dalam menangkap peluang yang ada di sekitar kita. Kita harus cerdas dalam memanfaatkan internet sebagai ladang penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari.

Dengan kemandirian ekonomi, kita bisa menjadi guru honorer yang punya nilai tawar tinggi tanpa harus banyak berharap pada janji-janji pemerintah yang tak pasti. Alhasil, kita bisa lebih ikhlas dan berbuat semaksimal mungkin dalam mengajar dan mendidik para generasi bangsa.

2 Komentar 5 Ide Bisnis Online Modal Kecil Terbaik untuk Guru Honorer

  1. Saya setuju sekali, dan memang seorang guru honorer harus mengeksplorasi dirinya dengan hal - hal penting seperti itu, kalo tidak bisa - bisa dia hanya berharap dari sesuatu yang tidak pasti,...Good artikel

    BalasHapus

Wikipendidikan
Back To Top