Apa Itu Pashmina?

Apa Itu Pashmina - Sebagaimana yang terbiasa kita sebut sehari-hari, bahwa saat ini banyak orang menyebut pashima chiffon, pashima rayon kaos, pashima tie dye, dll adalah sebenarnya bukan arti sebenarnya dari pashima. Karena sebenarnya pengertian pashima lebih mengacu pada kerudung atau syal jika dibandingkan dengan pashima. Yuk kita coba mengenal apa itu pashmina:

Sebenarnya pashmina itu berasal dari bahasa Persia yang memiliki arti kain wool. Sebenarnya kain pashmina ini berasal dari bahan yang memiliki nama Kashmir. Alhasil harga dari pashmina ini cenderung lebih mahal, apabila terbuat dari kashmir asli. Ada pula yang telah dicampur dengan sutra dengan memiliki bentuk seperti selendang. Motif dari pashmina ini juga artistik serta hangat ketika digunakan.

Ada pula pashmina wool, yang merupakan salah satu dari pashmina terbaik yang berasal dari Himalaya. Pashmina ini memiliki ketebalan 15-19 mikron sehingga membuat pashmina ini sangat halus. Dahulunya memang pashmina sebagai lambang kemewahan, namun seiring perkembangan jaman pashmina sudah dapat dijadikan fashion yang dapat difungsikan sebagai scarf ataupun sweater.


Melingkar indah di leher
Berhias ribuan payet-payet mini
Pembungkus rasa dingin
Dari puncak himalaya
Sebagai lambang kemewahan

Pashmina membuat hati terkenang
Selendang maya yang kau titipkan
Masih kujaga harum melati
Bersama mimpi yang menghiba
Bagai hujan di malam hari

Pashmina senyum suram masa lalu
Menghilang dalam air mata
Berjalan dalam gelap kala seorang diri

Pashmina lihatlah kabut telah turun
Bermain di jantung perbukitan
Melihatkan keindahan warnanya

Pashmina selalu bergantung
Dalam senandung abadi
Aku ucap rasa terima kasih padamu
Telah hangatkan cintaku kembali

Indarung, 27052017
Ilustrasi Sutterstock.com
Wikipendidikan
Back To Top