Jumat, 19 Mei 2017

3 Langkah Analisis Data Kualitatif Model Miles dan Huberman

Analisis data kualitatif adalah rangkaian proses mencari dan menyusun data kualitatif yang didapatkan dari hasil wawancara, catatan observasi, dan bahan-bahan lain secara sistematis. Proses ini bertujuan agar data mudah dipahami dan hasil temuan dapat diinformasikan kepada orang lain.

Baca juga : Pengartian, Contoh, dan Karakteristik Metode Penelitian Kualitatif

Cara analisis data kualitatif dilakukan dengan langkah mengorganisasikan data, menjabarkannya ke dalam unit-unit kecil, melakukan sintesis, menyusunnya ke dalam pola, memilih dan memilah mana data yang penting dan tidak penting, dan yang terakhir menyimpulkan sehingga hasil kesimpulannya berupa informasi yang dapat disampaikan kepada orang lain.


Salah satu teknik analisis data kualitatif yang paling banyak digunakan dalam penelitian ilmiah seperti srkipsi dan kawan-kawannya mengikuti konsep Miles dan Huberman. Dalam pandangan Miles dan Huberman, kegiatan analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung kontinyu (terus-menerus) pada tiap-tiap tahapan penelitian hingga tuntas dan jenuh.

Ada 3 tahapan analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display, dan conclussion/verification.

1. Reduksi data

Maksud dari reduksi data adalah kita sebagai peneliti merangkum, memilah dan memilih, dan melakukan kategorisasi dari data-data yang kita dapatkan dari sumber data melalui beragam teknik pengumpulan data yang kita lakukan.

Dalam penelitian kualitatif, data utamanya berupa kata-kata dan tindakan. Berbeda dengan penelitian kauntitatif yang data utamanya berupa angka-angka. Karena tindakan merupakan bagian dari data utama dalam penelitian kualitatif, maka penelitian tindakan kelas atau PTK termasuk ke dalam rumpun penelitian kualitatif.

2. Display data

Display data adalah menyajikan data kualitatif menurut bentuk/pola tertentu yang dapat dilakukan dalam bentuk bagan, grafik, uraian singkat, matrik, chart, dan network. Ketika pola-pola yang ditemukan oleh peneliti telah dilengkapi dan didukung oleh data, maka pola itu menjadi pola baku yang selanjutnya dapat disajikan dalam laporan akhir penelitian misalnya skripsi.

Data utama dalam penelitian kualitatif berupa kata-kata dan tindakan melalui proses wawancara dan pengamatan perilaku manusia, direkam melalui pencatatan secara tertulis dan pengambilan gambar berupa foto. Dalam hal ini, data yang diperoleh melalui dokumen tertulis seperti RKS dan daftar nilai siswa selama periode tertentu posisinya sebagai pendukung data utama.

3. Kesimpulan dan verifikasi

Langkah terakhir dalam analisis data kualitatif adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dalam pandangan Miles & Huberman, penarikan kesimpulan dalam analisis data kualitatif hanyalah bagian dari serangkaian proses penelitian secara keseluruhan. Verifikasi maksudnya peneliti meninjau kembali atau mengoreksi ulang catatan-catatan data yang ia peroleh dan pemaknaan yang ia lakukan terhadap data tersebut.

Tiga langkah analisis data kualitatif model Miles & Huberman di atas cukup untuk dijadikan sebagai pedoman yang kita pilih dalam melakukan analisis data kualitatif.

Baca juga Cara Membuat Rumusan Masalah Penelitian Kualitatif beserta Contohnya

Kesimpulan dalam penelitian kualitatif merupakan jawaban atau solusi yang ditawarkan peneliti atas rumusan masalah yang telah ditetapkan sebelumnya. Kesimpulan dapat berupa temuan baru, memperjelas objek yang sebelumnya kabur, dan solusi atas permasalahan tertentu.

0 Komentar 3 Langkah Analisis Data Kualitatif Model Miles dan Huberman

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top