Sabtu, 08 April 2017

5 Tips Sederhana Membuat Video Pembelajaran Instruksional yang Menarik

Perlu diketahui bahwa pembelajaran yang disampaikan melalui media pembelajaran berbentuk video memiliki kekuatan yang jauh lebih efektif terhadap daya serap siswa terhadap materi pelajaran dibandingkan dengan teks biasa. Video merupakan salah satu format media pembelajaran yang efektif untuk digunakan guru dalam mengajar. Maka tidak heran kalau sekarang banyak orang yang lebih memilih Youtube untuk belajar suatu hal daripada teks artikel dalam website atau blog. Semakin populernya video juga menyebabkan para pemasang iklan dan penayang iklan lebih memilih Youtube daripada website atau blog.

Video pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa dengan membuat belajar lebih interaktif dan lebih membantu siswa untuk mengenal guru secara lebih personal. Media pembelajaran berbasis video juga memudahkan siswa dalam mempelajari ulang materi yang pernah disampaikan guru karena dapat dengan mudah disimpan dan diakses ulang dalam berbagai perangkat teknologi.

Guru harus mampu membuat video pembelajaran yang benar-benar menarik perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat video pembelajaran instruksional yang dapat menjangkau dan menarik perhatian siswa Anda.


1. Percaya diri

Guru hendaknya menampilkan fotonya di video pembelajaran tersebut. Bisa di awal, akhir, atau terintegrasi dengan materi dalam video. Saat video pembelajaran ditayangkan, iringi dengan penjelasan singkat mengenai video yang sedang tayang dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami siswa.

2. Tampilkan Poin-poin penting dari materi

Sebagian besar dari kita memiliki rentang perhatian yang pendek, jadi jika Anda ingin siswa Anda mengingat poin-poin penting dari video pembelajaran Anda, bagilah materi yang panjang menjadi poin-poin pendek. Ketika masing-masing poin kunci memiliki bagian dalam pelajaran yang lengkap dengan judul bab, sub bab, dll, akan lebih mudah untuk diingat.

3. Ajukan Pertanyaan

Belajar dari Dora The Eksplorer, apa yang menarik darinya? Dora meminta pertanyaan dari pemirsa dan berhenti sejenak untuk memberi mereka waktu untuk berpikir tentang jawaban mereka. Ini sebenarnya adalah cara yang ampuh untuk melibatkan siswa dari segala usia dan mendorong mereka untuk bekerja melalui konsep-konsep sulit. Tidak hanya duduk pasif. Hal itu bisa anda terapkan dalam video pembelajaran anda.

4. Berikan arahan

Berbicaralah secara langsung kepada siswa Anda seperti yang Anda lakukan di dalam kelas untuk menjaga mereka terfokus pada materi dalam video pembelajaran. Anda akan mendapati mereka lebih perhatian ketika Anda mengingatkan mereka untuk menulis sesuatu atau memberitahu mereka untuk duduk dan memperhatikan fakta penting. Jika Anda dapat melakukan ini dengan humor-humor ringan, itu lebih baik.

5. Minta siswa memberikan feedback

Motivasilah siswa untuk menanggapi Anda dengan meminta mereka mengomentari video Anda serta mengajukan pertanyaan atau memberikan pendapat. Feedback dari siswa dapat dijadikan guru sebagai bahan pertimbangan untuk menyajikan video pembelajaran yang lebih baik selanjutnya.

Sumber: Elizabeth Trach, Penulis dan Blogger di schoology.com
Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top