Sabtu, 01 April 2017

Jadwal Pendaftaran dan Pengumuman Hasil Ujian SBMPTN 2017

Jadwal Pendaftaran dan Pengumuman Hasil Ujian SBMPTN 2017 - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 tak lama lagi akan dibuka. Pendaftaran SBMPTN 2017 akan dibuka pada tanggal 11 April 2017. Jalur ini merupakan peluang bagi siswa yang tak ikut atau gagal dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), termasuk siswa yang telah lulus dua tahun belakangan.

Berita terkait : Jadwal UN/Ujian Sekolah Susulan SD/MI Tahun 2017

SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN merupakan salah satu jalur yang bisa dilalui para siswa lulusan SMA sederajat untuk masuk ke perguruan tinggi, terutama perguruan tinggi negeri.

sbmptn 2017
Ilustrasi: twitter.com
Ujian SBMPTN dibagi ke dalam tiga kelompok. Pertama, sains dan teknologi (saintek). Materi yang akan diujikan pada kelompok ini yaitu tes kemampuan, tes potensi akademik (TKPA), dan tes kemampuan dasar saintek, yang meliputi biologi, matematika, fisika, dan kimia.

Kelompok kedua yaitu bidang sosial dan humaniora (soshum). Materi ujian untuk pendaftar yang memilih kelompok ini akan mengikuti TKPA dan tes kemampuan dasar sosial dan humaniora, yaitu sosiologi, geografi, sejarah, dan ekonomi.

Dan kelompok terakhir adalah campuran atau IPC, yaitu perpaduan antara saintek dan soshum. Materi tesnya berupa TKPA, tes kemampuan dasar saintek, dan tes kemampuan dasar soshum.

Sebenarnya, masing-masing peserta bisa memilih kelompok ujian saintek, soshum, atau campuran. Namun demikian, pada umumnya, peserta yang mengikuti ujian campuran adalah siswa jurusan IPA tapi memilih program studi IPS.

Peserta SBMPTN 2017 yang mendaftarkan diri di prodi selain saintek dan soshum, misalnya olahragaan dan seni, mereka harus mengikuti ujian keterampilan yang sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan tiap-tiap prodi. Ujian keterampilan akan dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan 18 Mei 2017.

Ada yang sedikit berbeda dengan SBMPTN 2017 ini bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. SBMPTN tahun ini, perguruan tinggi negeri menyediakan minimal 30% untuk calon mahasiswanya dari jalur SBMPTN. Artinya, PTN dapat menetapkan kuota lebih dari 30% untuk jalur SBMPTN.

Ujian SBMPTN 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2017. Seperti pada tahun 2016, ujian SBMPTN tahun ini menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) dengan target peserta sebanyak 30.000, jauh dari tahun sebelumnya yang hanya 2.500 peserta. Besarnya penambahan kuota oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) tahun ini dilandasi oleh besarnya peningkatan minat peserta yang memilih jalur SBMPTN untuk kuliah.

Sementara itu, hasil ujian SBMPTN 2017 akan dikeluarkan pada tanggal 13 Juni 2017. Dan perlu diketahui bahwa, SBMPTN merupakan seleksi masuk PTN tahap kedua setelah SNMPTN, setelah SBMPTN ditutup, maka baru akan dibuka seleksi melalui jalur mandiri dengan ikut Ujian Mandiri. Informasi lebih lengkap tentang SBMPTN 2017 bisa anda buka di laman resminya di https://sbmptn.ac.id/?mid=13

"Selalu ada seleksi dalam hidup ini. Pendaki yang mencapai puncak hanyalah yang tangguh, pejuang yang sampai ke kesuksesan adalah yang sabar. Dan kita diberi pilihan, menjadi manusia yang mudah rapuh oleh tantangan, atau justru menghebat seiring hebatnya tantangan. Percayalah badai selalu menyisakan pohon-pohon terkuat." (Fitri Mahani Arditia)
Wikipendidikan
Back To Top