Rabu, 29 Maret 2017

Picabre, Media Pembelajaran Matematika Inovatif untuk Tunanetra

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai sarana dalam menyampaikan materi dari guru kepada peserta didik. salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih media pembelajaran adalah kondisi peserta didik. Dengan demikian, tidak semua media pembelajaran cocok dan efektif digunakan untuk semua peserta didik, semua mata pelajaran, dan semua kondisi.

Baca juga: 5 Kriteria dalam Pemilihan Media Pembelajaran

Tim Mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang terdiri dari Imam Budi Prasetya, Sayidatul Maslahah, dan Arif Dwi Hantoro berhasil melakukan proses kreatif dan inovatif dengan membuat dan mengembangkan Picabre (Playing Card of Braile), yaitu media pembelajaran matematika khusus untuk para penyandang tunanetra.

Sumber: uny.ac.id
Imam Budi Prasetya, selaku ketua tim mahasiswa UNY, saat diwawancarai antaranews mengungkapkan bahwa pembuatan dan pengembangan media pembelajaran matematika untuk para penyandang tunanetra dilatarbelakangi oleh masih minimnya ketersediaan media pembelajaran matematika untuk mereka, khususnya untuk materi peluang.

Picabre (Playing Card of Braile) adalah salah satu bentuk pengembangan media pembelajaran matematika bagi para penyandang tunanetra. Picabre (Playing Card of Braile) dibuat dengan pemanfaatan cangkang dari kartu perdana yang sudah tak terpakai. Kartu tersebut kemudian diberi kode dan tulisan untuk membantu anak-anak penyandang tunanetra membedakan kartu yang satu dan lainnya.

Anak-anak tunanetra kelas IX Mts Luar Biasa A Yaketunis Yogyakarta dipilih sebagai subjek pertama dalam implementasi media pembelajaran Picabre (Playing Card of Braile) untuk materi matematika tentang peluang.

Sebagai bentuk inovasi dari media pembelajaran matematika, Picabre (Playing Card of Braile) sengaja didesain dengan memberikan kejelasan huruf braile sehingga memudahkan anak-anak penyandang tunanetra dalam materi pelajaran matematika. Terbukti, anak-anak tunanetra dapat menggunakan Picabre (Playing Card of Braile) dalam proses pembelajaran berlangsung.

Apa yang dilakukan tiga mahasiswa UNY tersebut merupakan sebuah wujud kreatifitas dan inovasi yang luar biasa yang ejalan dengan tri dharma perguruan tinggi. Di samping dituntut memiliki jiwa dan semangat untuk melakukan penelitian, juga dituntut untuk bisa memberikan sumbangsih yang bermanfaat untuk masyarakat.
Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top