Penguatan Gerakan Literasi Sekolah Harus Jadi Perhatian Nasional

Menteri pendidikan Muhadjir Effendy mengimbau kepada semua pihak sekolah aga terus menguatkan Gerakan Literasi Sekolah. Penguatan ini harus menjadi perhatian secara nasional. Sekolah harus berperan aktif menumbuhkan minat baca di kalangan siswa dengan menyediakan fasilitas berupa buku-buku non-pelajaran. Mendikbud yakin bahwa dengan penyediaan buku-buku karya ilmiah populer dan karya sastra, dapat menumbuhkan serta menguatkan minat baca siswa.

Sekolah harus memiliki komitmen yang kuat dalam mensukseskan Program Gerakan Literasi Sekolah dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Tidak hanya dari sisi bahan bacaan, namun juga fasilitas berupa tempat atau ruang baca yang nyaman dan representatif.

Muhadjir menilai, rendahnya tingkat literasi dalam arti kemampuan membaca di kalangan siswa baik pada tingkat SD, SMP, SMA, bahkan orang dewasa masih menjadi problem bangsa Indonesia yang harus terus diupayakan penyelesaiannya. Kemampuan literasi siswa Indonesia belum memenuhi kriteria kecakapan literasi abad 21.

Gerakan Literasi Sekolah via pikiran-rakyat.com
Meskipun Gerakan Literasi Sekolah sudah berjalan dengan kewajiban siswa membaca buku 15 menit sebelum pelajaran dimulai, namun menurut Muhadjir kegiatan tersebut belum terlaksana secara maksimal. Di samping minimnya bahan bacaan, pemahaman guru mengenai metode yang efektif untuk menumbuh-kembangkan minat dan kemampuan membaca siswa masih rendah sehingga hasilnya kurang optimal.

Seperti yang dijelaskan dalam “Buku Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah”, bahwa dalam melaksanakan pembelajaran literasi, seharusnya guru tidak hanya menggunakan satu sumber bacaan/teks saja, namun mengajak siswa untuk menggunakan beragam sumber. Namun yang banyak terjadi selama ini, guru masih cenderung menggunakan satu jenis teks bacaan dalam pembelajaran literasi. Implikasinya, pengetahuan yang didapatkan siswa sangat minim. Oleh karena itu, diharapkan guru mengajak siswa mencari dan membaca berbagai sumber bacaan agar pengetahuan mereka semakin komprehensif.

0 Komentar Penguatan Gerakan Literasi Sekolah Harus Jadi Perhatian Nasional

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top