Sabtu, 04 Maret 2017

Foto siswi baca buku saat dibonceng ayahnya viral di medsos

Mulyani, 15 tahun, siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Palangka Raya mendadak jadi artis medsos gara-gara foto dirinya membaca buku sambil dibonceng sang ayah dengan sepeda. Gadis yang alamat rumahnya di Jalan Kecipir ini memang boleh dibilang lain dari yang lain. Dia mempunyai hobi membaca buku, di saat kebanyakan anak seusianya hobi main ponsel, pacaran, dan bersenang-senang dengan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Usut punya usut, ayahnya ternyata seorang pemulung. Ia setiap hari menjemput putri kesayangannya di sekolah. Mulyani terkejut, saat pihak perpustakaan tempat ia biasa meminjam buku, menunjukkan fotonya yang membuat ternyuh netizen.


Munculnya sosok Mulyani di jagat maya membuat hati banyak orang jadi terenyuh. Di saat buku semakin ditinggalkan oleh generasi seusianya, ia menunjukkan bahwa buku tidak boleh ditinggalkan dan kalah oleh smartphone untuk mencari informasi dan ilmu pengetahuan.

Bagi Mulyani, sebaik-baik teman duduk adalah buku. Saat menunggu jemputan dari sang ayah, ia gunakan waktu tersebut untuk membaca. Apa yang dilakukan Mulyani sama seperti budaya baca di negara-negara dengan tingkat budaya literasi tinggi seperti Jepang.

Tidak banyak orang yang sadar akan besarnya manfaat membaca. Maka dengan hadirnya sosok seperti Mulyani, masyarakat akan semakin sadar bahwa membaca itu sangat penting dan bermanfaat. Bahkan dalam islam, wahyu yang pertama kali diturunkan adalah perintah membaca. Semoga lahir generasi-generasi bangsa seperti Mulyani, yang begitu mencintai buku dan ilmu pengetahuan.

Sumber: jpnn.com
Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top