Sabtu, 25 Februari 2017

14 Manfaat Membaca yang jarang diketahui

“Buku adalah jendela dunia”, pepatah populer yang sudah kita kenal sejak SD ini mengisyaratkan pentingnya membaca sebagai cara untuk menggali ilmu pengetahuan. Buku dianggap sebagai jendela dunia karena buku merupakan simbol ilmu pengetahuan. Di dalamnya termuat rekaman sejarah dan pengabadian ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang dari generasi-generasi terdahulu. Dengan membaca buku, seakan-akan kita membuka jendela yang akan mengantarkan kita pada khazanah ilmu pengetahuan dari berbagai belahan dunia. Dengan demikian, maka upaya untuk menumbuhkan budaya membaca harus terus dilakukan.

Namun tak dapat dipungkiri, bahwa kondisi minat baca masyarakat kita hingga saat ini masih sangat rendah. Padahal kita semua tau bahwa membaca memiliki banyak sekali manfaat. Dengan banyak membaca bahan-bahan bacaan yang bermanfaat tentunya, akan membuat kita memiliki wawasan serta pengetahuan yang luas. Dan efeknya sangat luar biasa bagi kehidupan kita sendiri maupun orang lain, entah di masa sekarang atau di masa depan. Apalagi, membaca Al-Quran sebagai kitab suci umat islam yang di dalamnya terkandung semua ilmu pengetahuan.

Banyak sekali manfaat dan keuntungan yang bisa kita peroleh dari aktifitas membaca. Selain dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan, rendahnya minat baca mungkin juga disebabkan karena banyak orang belum mengetahui besarnya manfaat membaca dan cara membaca berbagai literatur dengan efektif dan menyenangkan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 14 manfaat membaca yang jarang diketahui dan disadari banyak orang.

1. Menambah wawasan dan informasi baru

Membaca dapat memperluas wawasan dan memperbanyak pengetahuan serta informasi baru di segala bidang. Karena membaca bersifat reseptif, artinya kita menyerap sesuatu dari luar. Seperti pohon yang menyerap sari-sari makanan dalam tanah melalui akarnya, kita menyerap pengetahuan dan informasi baru dari berbagai literatur melalui proses membaca.

2. Cara menggali ide dan inspirasi

Membaca adalah salah satu cara kita menggali inspirasi yang dapat memberi kita ide-ide segar tentang berbagai hal.

3. Menambah perbendaharaan kata

Membaca buku dapat menambah perbendaharaan kita baik dalam bahasa lokal, nasional, maupun internasional, tergantung bahasa literatur kita. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri kita dalam berkomunikasi dengan orang lain serta bermanfaat menambah kemampuan kita dalam mengomunikasikan ide ke dalam tulisan.

4. Mengasah kemampuan literasi informasi

Banyak membaca akan menjadikan kita semakin cerdas dan kritis dalam memilih dan memilah informasi, apakah valid atau bohong (hoax). Di era digital ini, kemampuan literasi informasi sangat diperlukan, dan memperkaya pengetahuan mengasah dan mengembangkan information literacy skill melalui budaya baca sangatlah penting.

5. Mengotimalkan fungsi kerja otak

Membaca dapat melatih daya ingat, imajinasi, konsentrasi dan kemampuan dalam berpikir secara mendalam apabila dibandingkan dengan aktifitas laing seperti nonton TV atau mendengarkan radio. Membaca juga merangsang mental kita untuk bekerja leih maksimal, sehingga fungsi otak dapat berjalan dengan optimal. Simak juga Inilah yang Terjadi Pada Otak Kita Saat Membaca Tulisan Fiksi

6. Meningkatkan kemampuan analisis

Daya analisis juga akan meningkat dengan membaca. Karena, otak akan dipacu lebih kritis melakukan analisis kala sedang membaca. Hal ini akan membantumu memecahkan permasalahan.

7. Mencegah Penurunan kognitif

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rush University Medical Center, orang yang rajin membaca, penurunan fungsi kognitifnya akan berkurang sebanyak 32%. Sempatkan pula membaca Kelebihan Membaca Ebook

8. Meningkatkan kemampuan interpersonal

Membaca akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal dan kemampuan untuk berempati dengan orang lain. Dengan membaca, kita akan tau bahwa setiap orang itu memiliki sikap dan kepribadian yang berbeda-beda, sehingga hal tersebut dapat kita jadikan pelajaran tentang bagaimana harus menempatkan diri dan menyikapi perbedaan sesama.

9. Meningkatkan motivasi diri

Membaca berbagai literatur yang berisi pesan-pesan motivasi dan inspirasi dari pengalaman orang-orang hebat, dapat meningkatkan motivasi dalam diri untuk bisa seperti orang-orang tersebut, entah motivasi belajar, bisnis, beribadah, olahraga dan lain sebagainya. Misalnya, dengan membaca buku tentang kisah hidup seseorang, kita dapat belajar dari kesalahan serta pengalaman orang lain.

10. Mengurangi Stress

Stress biasanya diakibatkan oleh banyaknya rutinitas yang kemudian menyebabkan kita kelelahan secara fisik dan mental. Membaca bisa menjadi sarana rekreasi yang murah dan rekreatif sebagai penghilang stress. Membaca novel, manga, cerita lucu, dan sejenisnya, terbukti mampu menekan berkembangan hormon stres dalam diri kita. Membaca dapat mengurangi rasa cemas dan gundah karena fokus pikiran tertuju pada bacaan.

11. Menghindarkan diri dari kebodohan

Kebodohan adalah penyakit yang harus diberantas. Salah satu indikatornya adalah buta huruf dan rendahnya minat baca. Sedangkan tingkat budaya baca yang tinggi, merupakan indikator manusia cerdas pembangun peradaban dengan ilmu pengetahuan. Sebagaimana kebodohan berdampak buruk pada banyak bidang kehidupan, kecerdasan yang dilandasi dengan tingginya budaya membaca mampu membawa perubahan yang konstruktif dalm banyak aspek kehidupan.

12. Mempertajam kemampuan menangkap makna

Kebiasaan membaca bermanfaat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menangkap atau memahami makna tersirat dan tersurat dari sebuah tulisan. Hal ini tentu akan sulit untuk dilakukan, ketika seseorang tidak terbiasa membaca.

13. Menyelamatkan waktu agar tidak terbuang sia-sia

Tentu kita sering mendengar ungkapan “sebaik-baik teman duduk adalah buku”, ungkapan ini mengisyaratkan bahwa membaca sesuatu yang bermanfaat entah itu buku atau yang lainnya, menjadikan waktu luang seseorang lebih bermanfaat. Apalagi orang sekarang kemana-mana membawa gadget, di mana waktunya banyak terbuang dengan menatap layar gadget dengan melakukan hal-hal yang sebenarnya kurang bermanfaat.

14. Mengembangkan kemampuan verbal

Membaca dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyampaikan ide dan gagasannya dengan bahasa verbal atau lisan, sebab ia memiliki stok pengetahuan yang banyak dalam pikirannya sehingga tidak kebingungan dengan apa yang harus diucapkan. Di samping itu, membaca juga bermanfaat dalam melatih kemampuan seseorang untuk berbicara secara runtut dan sistematis.

Dengan memperhatikan besarnya manfaat membaca di atas, maka keterampilan dan budaya baca harus dimulai sejak dini, sejak masih anak-anak. Sejak dini, anak-anak harus dikenalkan tentang pentingnya membaca dan terus dimotivasi untuk membaca, tentunya membaca bacaan-bacaan yang bermanfaat sesuai dengan tahap atau fase perkembangannya. Dunia pendidikan pun tidak lepas dari proses membaca dan menulis. Tak ayal lagi, membaca, di samping menulis, memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan umat manusia.

0 Komentar 14 Manfaat Membaca yang jarang diketahui

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top