Macam-macam Model Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan

Pengertian Model Pembelajaran

Model pembelajaran adalah sebuah susunan perencanaan yang sistematis dan terpola sebagai acuan dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, termasuk di dalamnya memuat alat dan media pembelajaran apa yang akan digunakan, kurikulumnya, serta sumber belajarnya, dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembejaran secara optimal. Sedangkan menurut Sukamto, model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang di dalamnya menggambarkan pengorganisasian pengelaman belajar melalui serangkaian prosedur yang sistematis dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Dengan kata lain, model pembelajaran ibarat peta yang dijadikan pedoman di mana fungsinya sebagai petunjuk bagi para guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Macam-macam Model Pembelajaran

Setidaknya ada empat macam model pembelajaran, yaitu model pembelajaran behavioral, interaksi sosial, personal, dan pemrosesan informasi. Uraian lengkap dari masing-masing model pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut.


1. Model pembelajaran Behaviorial

Model ini secara filososfis berdasarkan pada asumsi teori belajar behavioristik yang menekankan adanya perubahan yang nampak pada perilaku peserta didik. Model ini menekankan pada upaya membentuk perilaku peserta didik melalui suatu sistem penugasan yang efisien, yakni dengan mengurutkan tugas-tugas yang mensyaratkan adanya perilaku tertentu dari peserta didik secara efisien. Cara yang digunakan untuk membentuk atau merubah perilaku peserta didik yaitu dengan reward dan reinforcement (penguatan).

2. Model Pembelajaran interaksi sosial

Model ini berdasarkan pada teori belajar Gestalt yang dicetuskan oleh Max Wertheimer, Kurt Koffka dan Kohler. Model pembelajaran interaksi sosial menekankan pada upaya meningkatkan kemampuan personal peserta didik untuk dapat berhubungan, berkomunikasi, bersosialisasi dengan orang lain, dan terlibat secara aktif dan produktif di masyarakat. Dalam pilar pendidikan UNESCO, terkandung dalam istilah learning to life together, kemampuan individu untuk menjalin hubungan yang harmonis bersama masyarakat. Strategi pembelajaran yang termasuk ke dalam cakupan model pembelajaran interaksi sosial adalah kerja kelompok, inkuiri sosial, laboratory, bermain peran, simulasi sosial, pemecahan masalah, dan pertemuan kelas.

3. Model Pembelajaran Personal

Model ini berdasarkan pada teori humanistiknya Abraham Maslow dan tokoh-tokoh sealirannya, yang orientasinya difokuskan pada pengembangan indiviu peserta didik terutama dalam sisi emosional sehingga dapat berkontribusi secara produktif bagi lingkungannya. Sama seperti namanya, model ini menitikberatkan pada pengembangan peserta didik secara individual/personal agar terbangun konsep diri yang kuat untuk mau terlibat secara aktif dan produktif dengan orang lain dan masyarakat sekitar.

Aplikasi Model Pembelajaran Personal mengacu pada asumsi teori humanistik, di mana guru dituntut untuk berusaha menciptakan suasana kelas yang kondusif agar proses pengembangan diri baik dari sisi intelektual maupun emosional peserta didik berjalan dengan baik. Guru berperan sebagai pengelola kelas sekaligus motivator.

4. Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi

Secara konseptual, model ini mengarah pada pembentukan skill literasi informasi bagi peserta didik. Teori belajar kognitif Jean Piaget menjadi dasar pengembangan model ini. Orientasinya diarahkan pada pembentukan kemampuan peserta didik dalam mengambil, memilih, menguasai, dan memproses informasi.

Pemrosesan informasi mencakup pada cara menerima respon dari lingkungan, mengorganisasikan data, problem solving, menemukan konsep, serta kemampuan menggunakan simbol visual dan verbal. Selama pemrosesan informasi terjadi interaksi internal individu dan eksternal yang selanjutnya menghasilkan output berupa hasil belajar berupa kecakapan manusia yang terdiri atas informasi verbal, skill intelektual, strategi kognitif, sikap, serta kecakapan motorik.

Sumber referensi: Junaedi dkk., Strategi Pembelajaran. Surabaya: Lapis PGMI. 2008.

0 Komentar Macam-macam Model Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top