Rabu, 22 Februari 2017

Hal-hal yang tidak bisa dibeli dengan Uang

Uang memang penting, tak ada yang bisa memungkirinya. Dalam kehidupan kita, uang merupakan sarana yang dapat menjadikan hidup kita mudah. Setiap keluarga butuh uang, untuk biaya pendidikan, kebutuhan rumah tangga, konsumsi, pakaian, dan lain sebagainya. Seakan-akan, uang adalah sesuatu yang paling berharga bagi manusia.

Namun ternyata, uang bukanlah segala-galanya dalam hidup ini. Buktinya, ada banyak hal yang tidak bisa kita beli dan kita nilai dengan uang. Misalnya cinta dan kasih sayang, ketulusan, keikhlasan, waktu, keharmonisan dalam keluarga, harga diri, dan hidup itu sendiri.

Tak ada yang salah dengan kita bekerja mencari uang, sah-sah saja, selama itu dengan cara-cara yang baik, yang halal, bukan dengan cara sesat seperti korupsi dan sejenisnya. Uang memang penting, akan tetapi, jangan menjadikan uang sebagai tujuan utama hidup kita. Jangan terlalu berambisi, memperk0sa fisik dan pikiran kita demi uang. Ingat, uang hanyalah sarana, bukan tujuan yang utama.


Pandanglah uang sebagai suatu sarana untuk mencapai hal-hal kebaikan dalam hidup ini. Dengan begitu, maka dalam mencari uang pun kita akan menggunakan cara-cara yang baik. Begitu pula saat memiliki uang, kita akan menggunakannya dengan baik dan bijak pula.

Percayalah, uang tak akan mampu memenuhi keinginan dari nafsu manusia yang tak terbatas. Sepanjang usia kita, tak akan akan cukup kalau kita gunakan untuk terus memikirkan dan mencari uang. Bahkan orang terkaya di dunia sekalipun masih terus ingin agar uangnya bertambah dan terus bertambah.

Alangkah sedih dan sengsaranya orang yang tidak punya uang, bila kasih sayang dan cinta dinilai dengan uang, bila untuk bahagia diukur dengan memiliki banyak uang. Beruntugnya, Tuhan menciptakan syukur, qonaah, dan sabar, yang kesemuanya itu mampu membuat seseorang merasa cukup bahagia meski tak mempunyai banyak uang.

0 Komentar Hal-hal yang tidak bisa dibeli dengan Uang

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top