Hakikat Pendidikan dalam Arti Luas

Wikipendidikan - Pada hakikatnya, pendidikan sudah ada sejak adanya manusia di muka bumi ini. Pendidikan terus berjalan, penuh dinamika, dan terus berproses tanpa menunggu kesepakatan final mengenai apa sebenarnya hakikat pendidikan. Banyaknya perbedaan pandangan mengenai hakikat pendidikan, tidak lantas menghentikan proses pendidikan itu sendiri.

Dalam arti luas, hakikat pendidikan adalah hidup. Kehidupan ini, seluruhnya adalah bagian dari pendidikan. Pada hakikatnya, pendidikan merupakan rangkaian pengalaman belajar yang tidak mengenal batas ruang dan waktu, proses belajar yang berlangsung di semua tempat dan berlangsung seumur hidup. Hakikat pendidikan adalah semua kondisi dan situasi, yang berimplikasi bagi pertumbuhan dan perkembangan kehidupan.


Lingkungan tempat berlangsungnya pendidikan bersifat luas tak terbatas. Baik lingkungan yang secara sadar dan sengaja dibuat untuk pendidikan seperti misalnya sekolah, maupun lingkungan yang memang ada dengan sendirinya. Baca juga Pendidikan Islam dan Bencana Kebodohan

Apa pun yang kita pelajari dari lingkungan seperti apa pun dalam hidup ini, semuanya adalah pendidikan. Pendidikan terjadi di mana saja, kapan saja, dalam pola, lembaga, serta bentuk yang beragam. Baca Tujuan Sekolah dalam Tinjauan Filosofis

Hakikat dari masa pendidikan adalah sama dengan masa kehidupan setiap orang di dunia ini. Seringkali diistilahkan dengan "Long life education" atau pendidikan sepanjang hayat, sejak lahir sampai ke liang lahat.

Dalam setiap pengalaman belajar, terkandung tujuan pendidikan. Tujuan hidup, sama dengan tujuan pendidikan. Dengan demikian, hakikat tujuan pendidikan amat luas, yang di dalamnya terdapat proses pertumbuhan dan perkembangan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam arti luas, hakikat pendidikan adalah semua aktifitas manusia entah yang disengaja atau tidak, yang berlangsung kapan dan di manapun sepanjang usia, yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia menuju kedewasaannya. Education is life, and life is education. Simak juga Tugas Pendidik dalam Pendidikan Islam

Salah satu alasan saya memilih tema pendidikan untuk blog ini adalah karena luasnya cakupan pendidikan. Dan oleh karena itu, saya bisa menuangkan semua pengalaman belajar dalam hidup saya di sini, tanpa ada batas waktu maupun batas bidang apa yang saya pelajari. Semua sisi kehidupan ini adalah bagian dari pendidikan, apa yang kita lihat, dengar, pikirkan, dan rasakan, semuanya adalah pendidikan.

0 Komentar Hakikat Pendidikan dalam Arti Luas

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top