Jumat, 27 Januari 2017

12 Tips Sederhana Membuat Resolusi Hidup

Dalam hidup ini, setiap orang pasti memiliki tujuan hidup. Tujuan hidup manusia akan menentukan makna hidupnya. Dengan tujuan yang jelas, seseorang akan tergerak melakukan hal-hal untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan hidup akan mengubah pola pikir dan pola perilaku seseorang. Meskipun dihadang oleh berbagai rintangan dan halangan, selama masih memiliki harapan, seseorang akan menjadikan hal itu sebagai sebuah tantangan dan selalu berpikir positif. Baca juga 10 Manfaat dan Hikmah dari Hidup Mandiri

Menentukan tujuan hidup yang tidak diserta dengan usaha yang nyata untuk merealisasikannya hanyalah lamunan kosong. Sebab kita harus jujur, bahwa sekecil apa pun tujuan yang hendak kita capai di dunia ini membutuhkan usaha dan perjuangan yang nyata. Hidup tidak hanya persoalan ide dan teori, namun juga tindakan praktis. Hidup adalah pilihan, maka kita harus menentukan tujuan hidup yang baik dengan memilih tujuan-tujuan yang tepat.


Pada umumnya, orang menyusun harapan dan tujuan dalam hidupnya ke dalam serangkaian daftar catatan yang biasanya disebut resolusi hidup. Akan tetapi, seringkali resolusi yang sudah kita buat, entah yang sifatnya bulanan atau tahunan, ternyata tidak berjalan mulus dan berakhir nihil. Alhasil, di bulan atau tahun berikutnya kita kembali menyusun resolusi atau tujuan hidup yang sama dengan sebelumnya.

Faktor apa saja yang membuat kita tidak berhasil merealisasian tujuan hidup yang sudah kita buat? Dan bagaimana cara agar tujuan yang kita buat nanti dapat terealisasi? Di samping faktor takdir Allah, mungkin saja ada beberapa hal yang masih perlu kita perbaiki. Baik dalam proses penyusunan tujuannya, maupun tindakan atau jalan yang kita tempuh untuk mencapainya.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus kita perhatikan dalam membuat tujuan hidup.

#Tentukan target

Langkah pertama adalah menentukan target dan batas waktu untuk mencapainya. Ini penting agar kita bisa fokus untuk mencapainya. Dengan memberikan batas waktu pada setiap target yang kita buat, kita akan lebih bersemangat melakukan tindakan-tindakan yang dapat semakin mendekatkan dengan target tersebut. Misalnya target satu harus selesai dalam waktu satu minggu, target dua harus selesai dalam dua bulan, dan seterusnya. Susunlah target-target tersebut ke dalam sebuah daftar catatan sederhana semacam kerangka tulisan. Simak Hidup Tak Bisa Dihitung dengan Kalkulasi Matematis

makna hidup, arti hidup, hidup di dunia

#Tentukan tujuan secara spesifik

Tentukan tujuan se-spesifik mungkin. Misalnya dengan menuliskan kalimat “Aku ingin belajar 60 menit setiap hari”. Sebagian besar orang hanya membuat tujuan yang bersifat umum, seperti misalnya “Aku ingin belajar setiap hari” tanpa ada ketentuan waktunya. Apabila tujuan yang dibuat terlalu umum, biasanya kita akan bingung dengan langkah apa yang seharusnya kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

#Tentukan alasan yang tepat

Tentukan alasan yang tepat mengapa kita memilih tujuan tersebut. Pastikan bahwa tujuan hidup tersebut benar-benar memang urgen, perlu diprioritaskan, dan bermanfaat baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain, entah keluarga, anak, teman, orang yang kita cintai, dan lain sebagainya. Jadikan tujuan itu sebagai bagian dari visi hidup kita. Misalnya, tujuan "rajin membaca agar wawasan dan ilmu pengetahuan selalu bertambah", kemudian tambahkan menjadi "rajin membaca agar selalu wawasan dan ilmu pengetahuan selalu bertambah sehingga dapat mengajari dan mendidik anak-anak". Satu hal lagi, memiliki tujuan hidup yang berhubungan dengan orang-orang yang kita cintai, dapat semakin memotivasi kita untuk mencapainya.

#Selalu mengingatkan diri sendiri

Usahakan untuk senantiasa mengingatkan diri sendiri bahwa kita memiliki tujuan hidup yang hendak kita capai. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara membuat pengingat seperti menuliskan tujuan yang disertai dengan kutipan inspiratif atau gambar sosok idola kita di dinding kamar atau layar ponsel dan komputer pribadi.

#Fokuskan pada manfaat yang akan kita dapat

Fokuskan pikiran kita mengenai manfaat apa yang akan kita dapatkan dari tujuan-tujuan yang kita buat. Jangan sampai kita membuat tujuan yang tidak bermanfaat dan atau kita tidak tau dengan jelas apa manfaatnya. Dengan mengetahui serta memahami manfaat yang bisa kita dapatkan dari tujuan yang kita buat, maka pikiran kita akan cenderung positif. Di samping itu, motivasi untuk mencapainya pun akan selalu membara.

#Memilih dan menentukan tujuan hidup yang tepat

Sebaiknya buatlah tujuan hidup yang relevan dengan keadaan kita. Jangan membuat resolusi yang muluk-muluk. Dengan kata lain, jangan membuat tujuan yang justru akan menyulitkan dan membebani diri kita sendiri dalam usaha mencapainya. Misalnya dalam hal finansial, kalau saat kita membuat tujuan, gaji dari pekerjaan kita tiap bulannya di bawah 2 juta, jangan membuat tujuan membeli mobil dalam waktu satu tahun. Bila kita membuat tujuan tanpa memperhatikan kondisi kita sendiri, sama saja kita memaksa dan menyiksa diri yang malah bisa mengakibatkan kita stress. Buatlah resolusi hidup yang realistis.

#Mengelola tujuan

Berkaitan dengan poin sebelumnya, jika berpenghasilan dibawah 5 juta rupiah setiap bulan namun ingin membeli mobil, sebaiknya atur strategi untuk bisa mencapainya. Secara logika, memang akan sulit untuk bisa membeli barang mewah secara cepat, terlebih dengan jumlah penghasilan yang sederhana. Sebaiknya, targetkan setiap bulan harus menyisihkan sebagian dari penghasilan, misalnya 500 ribu-1 juta rupiah. Targetkan pula dalam waktu satu tahun harus bisa menyimpan uang sebesar minimal 6 juta rupiah. Lanjutkan terus tujuan ini setiap tahun sampai keinginan membeli mobil tercapai.

#Buang kebiasaan menunda

Penyakit buruk yang paling sulit disembuhkan mungkin salah satunya adalah kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Satu hal yang harus kita ingat, menunda sama halnya dengan menumpuk derita. Inilah mengapa sangat penting untuk tetap fokus pada tujuan yang hendak kita capai. Kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan menunda pekerjaan yang selami ini terlanjur mendarah daging dalam kehidupan kita sehari-hari. Semakin cepat kita mulai aksi dengan tindakan-tindakatn nyata untuk mencapai tujuan kita, maka akan semakin dekat pula kita sampai pada pencapaian tujuan tersebut.

#Rencanakan dan pikirkan secara matang

Sebelum membuat perencanaan mengenai tujuan apa saja yang perlu dan penting untuk kita pilih, tentunya kita harus memikirkannya secara matang. Agar jangan sampai di tengah jalan kita merasa bahwa ternyata tujuan kita kurang pas atau membuat kita terlalu lelah untuk mencapainya. Jalan yang akan kita lalui dalam mencapai sebuah tujuan tentu tidak selalu mulus dan lancar. Oleh karena itu, pikirkan pula sikap dan tindakan apa yang perlu kita persiapkan untuk menghadapi rintangan dan kegagalan misalnya.

#Make it Happy

Dalam perjalanan mencapai sebuah tujuan hidup, tentu ada kalanya rasa penat dan bosan datang menghampiri. Bisa saja hal itu dapat membuat kita tergoda untuk menunda bahkan menyerah di tengah jalan. Oleh karenanya, buatlah suasananya menyenangkan, jangan terlalu serius atau grusa-grusu. Terlalu serius dapat membuat kita merasa tertekan, tersiksa, dan menderita untk menjalaninya. Lakukan secara santai tapi tetap fokus dan jalan terus, pantang menyerah.

#Mengapresiasi diri sendiri

Mengapresiasi diri sendiri sangat penting. Bukan untuk sombong atau jumawa, namun sebagai pemicu menyalanya api motivasi dari dalam diri kita sendiri, sehingga kita tidak selalu menggantungkan motivasi atau bantuan dari luar. Baca Strategi Membangun Kesehatan Mental dan Emosional

#Tidak ada yang instan

Di dunia ini tidak ada hasil yang bisa kita dapatkan secara instan, semuanya butuh proses dan waktu. Setiap orang berbeda-beda dalam menjalani prosesnya. Begitu pula dengan hasilnya, tidak ada yang sama.

Hal-hal di atas, merupakan bagian-bagian penting mengenai cara membuat tujuan hidup yang baik. Tujuan hidup tidak melulu masalah uang atau kekayaan. Dalam setiap sisi kehidupan ini, bisa kita pilih dan kita tentukan sebagai tujuan hidup kita. Seperti urusan pernikahan, mencari dan memilih pasangan, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Namun satu hal yang harus kita pegang teguh, bahwa tujuan yang kita buat adalah bagian dari ikhtiar manusia, di mana setelah usaha maksimal kita lakukan, hasilnya seperti apa merupakan hak prerogatif Allah. Dengan demikian, sejak awal penyusunan tujuan, proses eksekusi, sampai pada hasilnya, kita harus selalu ingat, sadar, dan menyandarkan diri kepada Allah.

0 Komentar 12 Tips Sederhana Membuat Resolusi Hidup

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top