Sabtu, 19 November 2016

Pulau Kura-kura di Anime Naruto Ternyata Ada Kaitannya Dengan Mitologi China

Dalam anime naruto, ada sebuah pulau yang dinamakan Pulau Kura-Kura (Turtle Island). Pulau ini merupakan sebuah tempat yang terletak di wilayah Kumo. Seperti namanya, karena daratan pulau ini adalah punggung dari seekor Kura-kura raksasa, maka pulau ini merupakan sebuah pulau yang selalu bergerak. Baca juga Inilah Pelajaran Berharga dibalik Kisah Cinta Naruto dengan Hinata

Pulau unik ini merupakan tempat di mana banyak peristiwa terjadi sejak berlangsungnya Perang Dunia Shinobi ke 4. Di pulau inilah si Kisame pemilik pedang legendaris Samehada bertarung melawan Might Guy dan ninja lain yang pada akhirnya mengantarkan Kisame pada kematian.

Pulau kura-kura via okezone
Di pulau Kura-kura ini pula untuk pertama kalinya Naruto bertemu dengan ibunya, yaitu ketika ia berlatih mengendalikan Bijuu Rubah Ekor Sembilan. Sebelumnya, Naruto harus bisa melewati Air Terjun Kebenaran yang menutupi Kuil tempat ia berlatih. Saat bermeditasi di atas sebuah batu di dekat Air Terjun itu, Dark Naruto keluar dari dalam Air Terjun. Dark Naruto mrupakan sebuah sosok yang merepresentasikan sisi jahat/gelap yang ada dalam diri Naruto sendiri. Dan syarat untuk bisa mengendalikan Bijuu adalah harus dengan mengalahkan sosok tersebut. Setelah berhasil mengalahkan Dark Naruto, akhirnya Naruto berhasil juga masuk ke dalam Kuil tempat berlatihnya para pengendali Bijuu dari para Jinchuriki Kumo.

Kura-kura adalah sebuah symbol yang sarat dengan makna. Dalam mitologi China, Kura-kura merupakan symbol umur panjang, seperti yang ada dalam kisah Avatar Aang, di mana di anime Avatar Aang Kura-Kura Singa adalah makhluk yang berumur panjang, yang merupakan simbol kebijaksanaan, dan merupakan lambang keseimbangan, yakni bertemunya bumi dengan surga. Tempurung atas kura-kura dianggap sebagai surga dan bagian bawah kura-kura yang datar itu melambangkan bumi. Dalam serial anime Naruto, Oogama Sennin pernah menyebutkan bahwa Pulau Kura-Kura yang akan dituju Naruto adalah surga bagi makhluk hidup.

Di Pulau Kura-kura terdapat seperti tulang tulang berujung runcing. Pulau ini diketahui milik Kumogakure dan telah lama menjadi tempat berlatihnya para Jinchuriki serta dipelihara dengan baik semenjak ia ditemukan.
Wikipendidikan
Back To Top